Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan, Ada yang Mampu Atasi Anemia

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagian besar di antara kamu mungkin belum tahu, kalau manfaat susu unta bagi kesehatan sangat banyak. Ya, tidak hanya mempu meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi juga mampu mencegah penuaan.

Fakta menariknya ialah banyak manfaat susu unta bagi kesehatan, yang ternyata tidak dimiliki susu sapi maupun kambing.

Ini tentunya dikarenakan kandungan nutrisi dari susu unta yang lebih kuat, serta senyawa kimia yang dimilikinya lebih baik.

Nah, untuk tahu apa saja manfaat susu unta bagi kesehatan tidak dimiliki susu sapi atau kambing tersebut, beserta hal lainnya terkait susu unta, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kepopuleran Susu Unta Kalah dengan Susu Sapi

Dari seluruh masyarakat Indonesia, mungkin hanya sebagian kecil yang tahu atau bahkan mengonsumsi susu unta. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang populernya susu unta di Indonesia.

Hal tersebut tentu tidak semata-mata karena kurangnya minat masyarakat terhadap susu unta saja, melainkan juga karena distribusi susu unta di Indonesia masih sangat terbatas.

Berbeda dengan masyarakat Jazirah Timur Tengah, yang mungkin dapat dengan mudah mendapatkan susu unta untuk konsumsi sehari-hari.

Mereka pun sudah pasti terbiasa dengan rasa dan tekstur susu unta yang berbeda dari susu sapi, karena menjadi tradisi masyarakat setempat.

Susu unta juga diketahui memiliki rasa yang tidak terlalu asin, serta tekstur yang sangat lembut. Hal ini tentu jelas berbeda dengan susu sapi yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, yang memiliki cita rasa lebih gurih.

Maka dari itu, sangat wajar apabila di Indonesia susu unta tidak terlalu populer seperti susu sapi, karena masyarakatnya sendiri yang tidak terbiasa mengonsumsi susu unta.

Terlebih, komoditi ekspor utama sejumlah negara, termasuk Indonesia adalah susu sapi. Sehingga, masyarakat Indonesia pun lebih menyukai susu sapi, dibandingkan susu unta dan lainnya.

(Baca Juga: Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik)

Kandungan Nutrisi Susu Unta

Salah satu faktor yang membuat manfaat susu unta bagi kesehatan sangat banyak, yaitu kandungan nutrisinya.

Yang mana, susu unta memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari:

  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Lemak
  • Asam folat
  • Asam pantotenat
  • Immunoglobulin
  • Laktosa
  • Kalium
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Natrium
  • Seng
  • Protein

Semua kandungan nutrisi yang dimiliki susu unta tersebut, tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dan uniknya, vitamin C yang terkandung dalam susu unta tiga kali lebih tinggi dibandingkan susu sapi, serta kandungan zat besi-nya pun 10 kali lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Sementara, untuk kandungan kalsiumnya, susu unta memiliki kandungan kalsium tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan sarden.

Namun, ada beberapa kandungan nutrisi pada susu unta, yang kadarnya lebih rendah dari susu sapi. Contohnya seperti kandungan laktosa, lemak, vitamin A, B2, asam folat dan asam pantotenat.

Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki susu unta, membuat manfaat susu unta bagi kesehatan yang diberikan pun sangat banyak.

Beberapa di antaranya, yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menangani anemia, mengatur kadar gula darah, mencegah penuaan, hingga aman untuk dikonsumsi orang-orang yang menderita intoleran laktosa.

Semua manfaat susu unta bagi kesehatan tersebut, tentunya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat susu unta bagi kesehatan yang pertama adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Ini disebabkan oleh susu unta yang memiliki sifat antimikroba tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Tidak hanya itu, tingginya kandungan protein yang dimiliki susu ini, beserta senyawa organik lainnya secara efektif mampu membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat susu unta yang satu ini, kamu hanya perlu mengonsumsinya secara rutin. Setidaknya, satu gelas susu di sore hari untuk meningkatkan stamina tubuh.

2. Menangani anemia

Siapa sangka, kalau penyakit anemia bisa diatasi dengan minum susu unta? Ya, manfaat susu unta bagi kesehatan yang satu ini bisa dirasakan, karena memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

Seperti yang diketahui, zat besi sendiri merupakan salah satu mineral penting yang dapat meningkatkan sel darah merah, serta mampu memberikan oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh.

Sebagai kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah, anemia biasanya lebih sering menyerang perempuan, khususnya yang baru melahirkan.

Dan cara untuk mengatasinya tidak hanya dengan menjaga kesehatan saja, tetapi juga dengan minum susu unta yang sudah disterilisasi secara rutin.

3. Mengatur kadar gula darah

Nyatanya, rutin mengonsumsi susu unta juga dapat mengatur kadar gula darah. Manfaat susu unta bagi kesehatan yang satu ini, bisa dirasakan karena kandungan protein dan seng yang dimiliki susu ini cukup tinggi.

Kandungan protein seperti insulin atau hormon, yang terdapat dalam susu ini dapat mengatur kadar gula darah, yang kemungkinan memiliki peran dalam aktivitas antidiabetiknya.

Selain itu, kandungan seng dalam susu ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, khususnya untuk para penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Agar bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal, kamu bisa mengonsumsi susu unta setiap hari. Setidaknya dalam satu hari susu unta dikonsumsi sebanyak dua gelas, atau sekitar 50 ml.

4. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang giat menurunkan berat badan, rasanya kamu perlu mencoba mengonsumsi susu unta.

Manfaat susu unta bagi kesehatan ini bisa dirasakan, karena susu unta memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi, yang dapat mengeluarkan racun secara efektif dari dalam tubuh.

Maka dari itu, tidak heran apabila susu unta menjadi salah satu menu terbaik untuk diet. Kamu bisa mengonsumsinya begitu saja, atau dicampur dengan berbagai macam minuman dan makanan agar semakin lezat.

Seperti misalnya, susu unta dicampur dengan smoothie, jus, teh, kopi atau bahkan dibuat menjadi berbagai jenis makanan lainnya, seperti pancake.

5. Mendukung pertumbuhan tulang dan perkembangan otak

Manfaat susu unta bagi kesehatan yang kelima adalah mendukung pertumbuhan tulang dan perkembangan anak. Pasalnya, susu unta diketahui mengandung protein hewani sangat tinggi, dibandingkan susu sapi dan susu kambing.

Protein hewani sendiri sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan perkembangan otak. Dengan begitu, untuk mendapatkan semua manfaat tersebut secara maksimal, kamu bisa membiasakan diri mengonsumsi susu unta secara rutin.

6. Mengobati autisme dan beberapa penyakit neurodegeneratif

Sebagai salah satu penyakit yang lebih banyak menyerang anak-anak, autisme mungkin memiliki jangka waktu pengobatan yang cukup lama.

Nah, untuk membantu mempercepat masa pengobatan autisme, kamu bisa mengonsumsi susu unta. Sebab, senyawa organik berkonsentrasi tinggi yang terkandung dalam susu unta, memiliki efek kuat terhadap sistem saraf.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa organik tersebut pun dapat mencegah gangguan autoimun dan penyakit neurodegeneratif lainnya, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Kamu bisa dapatkan manfaat susu unta bagi kesehatan yang satu ini, hanya dengan mengonsumsinya secara rutin, setidaknya selama dua minggu berturut-turut.

7. Mencegah penuaan

Manfaat susu unta bagi kesehatan yang satu ini, rasanya menjadi salah satu manfaat yang paling diinginkan perempuan.

Bagaimana tidak, sebagai bentuk perubahan fisik yang disebabkan oleh faktor usia, penuaan khususnya dalam sisi kulit berkeriput, tentu tidak diinginkan oleh setiap perempuan.

Hal tersebut tentu saja dikarenakan, penuaan dianggap dapat mengurangi nilai estetika seseorang. Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi susu unta.

Sebab, susu unta memiliki kandungan senyawa asam alphahydroxy, yang mampu mencegah keriput dan menghilangkan garis-garis halus pada kulit wajah.

8. Aman dikonsumsi oleh orang yang intoleransi laktosa

Bagi orang-orang yang alergi dengan laktosa, atau intoleransi laktosa, mereka mungkin tidak bisa mengonsumsi susu sapi karena memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi.

Namun susu unta menjadi sebuah pengecualian, karena susu yang satu ini memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

Kemudian profil protein dari susu unta pun berbeda dengan susu sapi. Dengan begitu, maka orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa, aman mengonsumsi susu unta.

Sebab jika orang-orang tersebut memaksa untuk mengonsumsi susu sapi, maka orang-orang tersebut hanya akan merasa kembung, sakit perut, hingga diare setelah mengonsumsi susu sapi, maupun produk yang mengandung susu sapi.

Mahalnya Harga Panen Susu Unta di Indonesia

Jika berbicara tentang harga, mungkin susu unta dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dari susu sapi biasanya.

Hal ini bukan karena kandungan nutrisi yang dimiliki susu unta lebih kuat dan lebih baik saja, tetapi juga karena biaya yang dibutuhkan untuk memanen susu unta sangat mahal, yaitu sekitar 50 kali lebih mahal dari susu sapi.

Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memanen susu unta pun, disebabkan oleh sulitnya menemukan dan mendapatkan pasokan susu unta berkualitas.

Yang mana, pemasok susu unta berkualitas tersebut mungkin hanya ada di beberapa daerah tertentu saja. Sehingga, biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pasokan susu unta pun cukup besar.

Terlebih jika kamu mencarinya langsung ke Timur Tengah atau Afrika Utara, yang memang memiliki banyak unta berkualitas, maka biaya yang harus dikeluarkan pun jauh lebih besar dari yang seharusnya.

Itulah yang membuat kebanyakan susu unta dibanderol dengan harga yang cukup mahal, dibandingkan susu sapi.

(Baca Juga: 10 Manfaat Susu Kambing Etawa)

Nah beberapa informasi terkait susu unta, termasuk manfaat susu unta bagi kesehatan sudah kamu ketahui.

Semua manfaat susu unta bagi kesehatan tersebut, tentunya bisa dirasakan secara optimal apabila susu unta dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu, tubuhmu nantinya akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Agar kesehatanmu semakin terjaga, kamu juga perlu melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu, maka asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Jadi, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayar, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan sebagai bentuk proteksi diri, kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani