Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mansa Musa dan 4 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Manusia

by Rafly Aditia on 2 Desember, 2016

banyak uang - CekAja.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar daftar orang terkaya di Indonesia bahkan Dunia setiap tahunnya. Tidak jauh-jauh, yang masuk dalam daftar tersebut sebenarnya orang yang itu-itu saja.

Tetapi, pernahkah kamu berpikir siapa manusia paling kaya di dunia sepanjang masa? Nah, dikutip dari situs ternama dunia, times.com berikut daftar 5 orang terkaya di dunia sepanjang masa:

Joseph Stalin – 9,5 persen GDP dunia

Mantan pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin masuk dalam daftar kali ini dengan jumlah kekayaan yang sangat fantastis. Pria kelahiran 1878 ini memiliki kekayaan hingga 9,6% dari angka produk domestik bruto di seluruh dunia dan berkuasa secara penuh atas Republik Uni Soviet.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh OECD, hingga tiga tahun sebelum kematian Stalin, Uni Soviet menghasilkan 9,5% dari total output perekonomian di seluruh dunia.

(Baca juga: Yuk, Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Menghemat Biaya Belanja)

Akbar I – 25 persen GDP dunia

Di posisi keempat, The Great Akbar, Raja dari India yang hidup pada tahun 1542-1605 memiliki jumlah kekayaan melimpah. Dengan posisi yang dimiliki sebagai raja dari Dinasti Mughal, Akbar I menguasai kerajaan dengan kekayaan yang mencapai seperempat dari nilai total perekonomian di dunia.

Seorang ahli sejarah mengungkapkan bahwa pada saat itu Akbar I memiliki kendali penuh atas Mughal dan bisa dibilang dirinya memiliki 25% dari total produk domestik bruto perekonomian dunia pada saat itu.

Shenzong – 25% sampai 30% GDP dunia

Masa keemasan dinasti Song Cina pada abad ke-10 sampai ke-13 memang telah dibuktikan oleh para ahli sejarah. Pada saat tersebut, Cina menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Berdasarkan keterangan dari Profesor Ronald A. Edwards, Dinasti Song memiliki kekayaan sekitar 25-30 persen dari total produk domestik bruto perekonomian pada saat itu.

Ksatria Shenzong yang memimpin dinasti tersebut juga diketahui punya kendali penuh pada masanya. Sehingga dirinya masuk sebagai orang terkaya di dunia ketiga sepanjang masa dengan menguasai kerajaan yang memiliki kekayaan 25-30 persen dari total kekayaan yang ada di dunia pada saat itu.

Augustus Caesar – US$ 4,6 triliun

Augustus Caesar duduk di posisi kedua berkat keberhasilannya dalam memimpin kerajaan Roma pada tahun 63 sebelum masehi hingga 14 setelah masehi. Kehebatan kerajaan Roma pada saat itu bisa dibilang tidak tertandingi.

Berdasarkan ahli sejarah terkenal, Ian Morris, total kekayaan yang dimiliki  Augustus Caesar atas kerajaanya tersebut setara dengan US$ 4,6 triliun dolar di tahun 2014.

(Baca juga: Produk Kesehatan dan Kecantikan Kelas Dunia yang Ramah Lingkungan)

Mansa Musa – Luar biasa kaya

Raja dari Timbuktu, Mansa Musa jadi orang terkaya di dunia sepanjang masa. Berdasarkan pernyataan ahli sejarah bernama Richard Smith, sebagai raja di wilayah Afrika Barat, Musa memiliki kekuasaan besar terhadap wilayah produsen emas terbesar di dunia pada saat itu. Mengingat pada masa tersebut emas memiliki nilai yang sangat tinggi, maka dapat dipastikan bahwa Musa benar-benar kaya raya.

Seberapa kayakah dirinya? Hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan angka estimasi kekayaan Musa pada saat itu namun banyak ahli berpendapat bahwa dirinya merupakan orang terkaya yang pernah ada di dunia sepanjang masa.

Butuh pinjaman tunai untuk menambah modal usaha? Kenapa tidak manfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Ajukan sekarang di CekAja.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami