Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mansa Musa, Orang Paling Tajir Melintir yang Bagi-bagi Emas

by Tisyrin N. T on 12 Maret, 2019

Jika Jeff Bezos merupakan orang terkaya 2019 versi Forbes, Mansa Musa adalah pria yang disebut-sebut sebagai orang terkaya sepanjang masa. Siapakah Mansa Musa? 

Foto: Kaironews.com/Diolah

Harta Jeff Bezos yang mencapai 131 miliar dolar Amerika Serikat rupanya masih kalah jauh jumlahnya jika dibandingkan dengan milik Mansa Musa.  Mansa Musa adalah sosok penguasa Afrika Barat pada abad ke-14. Saking kayanya, hartanya pernah menggoyang ekonomi Timur Tengah!

Pada 2012, situs Celebrity Net Worth mengestimasikan kekayaannya mencapai angka 400 miliar dolar AS. Namun, para sejarawan ekonomi setuju kalau kekayaan Mansa Musa tidak bisa dijabarkan dalam angka. Inilah berbagai fakta menarik tentang Mansa Musa seperti dilansir BBC. 

Penguasa Kerajaan Kaya Raya

Mansa Musa lahir pada tahun 1280 di tengah keluarga Kerajaan Mali. Saudaranya Mansa Abu-Bakr menjadi raja hingga tahun 1312. Dia turun tahta untuk melakukan suatu ekpedisi. Mansa Musa pun mewarisi kerajaan yang ditinggalkan saudaranya.

Di tangan Mansa Musa, Kerajaan Mali tumbuh dengan sangat signifikan. Kerajaan itu membentang sekitar 2.000 mil.  Dengan tanah yang begitu luas, kerajaan ini punya sumber daya yang luar biasa seperti emas dan garam.

Bahkan selama pemerintahan Mansa Musa, menurut the British Museum, Kekaisaran Mali menyumbang hampir setengah dari emas yang beredar di Dunia Lama. Dan semua itu milik raja.

Pusat-pusat perdagangan emas dan barang-barang lainnya juga berada di wilayahnya. Dia pun turut mengumpulkan kekayaan dari aktivitas perdagangan ini.

(Baca juga: Jangan Julid, 21 Orang Tua Indonesia Ini Masuk Golongan Tajir Melintir Sedunia)

Pergi Haji Bersama Rombongan Rakyat

Meski Kekaisaran Mali merupakan gudangnya emas yang begitu banyak, tetapi nama kerajaannya tidak dikenal. Semuanya berubah ketika Mansa Musa sebagai seorang muslim yang taat pergi menuju Makkah, untuk menunaikan ibadah haji.

Namun, yang dilakukan pria itu bukan ibadah haji biasa. Mengapa? Karena dia membawa rombongan rakyatnya. Mereka menyebrangi Gurun Sahara dan Mesir. Dia mengajak seluruh pejabat kerajaan, tentara, para penghibur, pedagang, hingga 12.000 budak. Rombongan itu terlihat seperti sebuah kota yang bergerak melewati padang pasir.

Para penduduknya bahkan budak sekalipun dibalut pakaian berupa brokat emas dan sutra Persia terbaik. Terdapat pula seratus unta yang masing-masing membawa banyak sekali emas. Dan ketika sampai di Kairo, mereka benar-benar dapat memamerkan kekayaan mereka.

Pemandangan mewah itu menjadi semakin wah begitu rombongan sampai di Kairo. Kekayaan mereka terlihat menonjol.

Menggoyang Ekonomi Timur Tengah

Mansa Musa sempat menetap selama tiga bulan di  Kairo. Tentu saja, dia menjadi bahan perbincangan hangat di Kairo. Apalagi, dia sempat membagi-bagikan emas. Apa yang dilakukannya itu malahan menggoyang ekonomi karena menyebabkan harga emas anjlok di kawasan itu selama 10 tahun.

Perusahaan teknologi yang berbasis di AS, SmartAsset.com memperkirakan tingkah Mansa Musa menyebabkan kerugian ekonomi sekitar 1,5 miliar dolar AS di seluruh Timur Tengah.

Dalam perjalanan pulang, ketika Mansa Musa melewati Mesir lagi, dia mencoba membantu perekonomian negara tersebut. Dia menarik kembali sebagian emas. Caranya, dia meminjamnya dengan suku bunga yang terbilang tinggi dari para pemberi pinjaman Mesir.

(Baca juga: 5 Orang Ini Kaya Raya Karena Warisan)

Peduli Pada Pendidikan

Di sisi lain, Mansa Musa adalah sosok yang turut mendorong kemajuan seni dan arsitektur. Dia juga mendanai bidang sastra, pembangunan sekolah, perpustakaan, serta masjid. Dia sering dianggap sebagai raja kaya yang memulai tradisi pendidikan di Afrika Barat, meski kisah kekaisarannya masih kurang dikenal di luar Afrika Barat.

Mansa Musa wafat pada usia 57 tahun pada 1337. Putra-putranya mewarisi kekaisarannya tetapi mereka tak mampu menjaga utuhnya kerajaan. Terdapat wilayah yang memisahkan diri dan kekaisaran pun runtuh.

Nah, itulah kisah tentang Mansa Musa dan kekayaannya yang melimpah ruah. Jika kamu ingin membangun kekayaan, bisa dimulai dengan berbisnis. Cek aneka kredit untuk mendukung bisnismu di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami