Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Mantap, Indonesia Gondol 24 Emas di Asian Games 2018

by Gito on 28 Agustus, 2018

Asian Games 2018 tampaknya menjadi salah satu acara paling berkesan pada tahun ini. Betapa tidak, baru berjalan selama 11 hari, Indonesia sukses menggondol 24 emas dari beberapa cabang olahraga. Jumlah tersebut berada diatas target yang ditetapkan pemerintah sebelumnya yang hanya sebanyak 17 emas. Merdeka!

Selain menjadi tuan tumah, Indonesia juga berhasil membuktikan kepada negara lain bahwa negeri ini memang pantas menjadi tuan di negerinya sendiri. Tengok saja hasil perolehan pertandingan pencak silat, dari nomor Perolehan terbanyak berasal dari ajang olahraga pencak silat yang menghasilkan 8 medali emas.

Perolehan yang tidak sedikit itu diantaranya diberikan oleh Komang Harik Adi Putra pada nomor tunggal putra E kelas 65-70 kg. Komang dinyatakan menang teknik, setelah lawannya Mohd. Jamari dari Malaysia mengundurkan diri beberapa saat sebelum pertarungan selesai.

Masih di nomor pertandingan silat, Iqbal Candra Pratama mempersembahkan medali emasnya untuk negeri ini dengan memenangkan nomor D: 60-65 kg. Ia mengalahkan lawannya Noch Toan Nguyen dari Vietnam.

(Baca Juga : Asian Games Sumbang Rp40 Triliun untuk Jakarta Dan Palembang)

Seakan tidak mau kalah, Sarah Tria Monita dari dari nomor C dikelas 55-60 kg juga mendapatkan emas setelah mengalahkan pesilat Laos Nong Oy Vongphakdy. Emas terakhir dari nomor silat disumbang oleh Abdul Malik dari nomor B kelas 50-55 kg yang berhasil menumbangkan pesilat asal Malaysia M. Nasir Muhammad Faizul.


Nah terbaru, perolehan emas ke-23 dihasilkan melalui pertandingan bulu tangkis pada nomor single putra dari Jonatan Christie yang sukses membungkam atlet asal China Taipei Chou Tien Chen dengan skor 2-1.

Gegap gempita Asian Games yang digelar pada tahun ini memang agak berbeda. Selain karena diselenggarakan di dua kota yang berbeda yakni Jakarta dan Palembang, apresiasi yang diberikan pemerintah pusat juga tergolong besar.

Bayangkan, setiap peraih medali emas dijanjikan bakal mendapatkan uang tunai Rp1,5 miliar. Jumlah yang tidak sedikit itu meningkat 250% dari bonus yang dijanjikan pemerintah pada Asian Games sebelumnya yang hanya sebesar Rp400 juta.

Selain itu, semangat para atlet pada tahun ini juga makin bertambah dengan akan diberikannya hadiah berupa satu unit rumah dan juga status sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

(Baca Juga : INTERVIEW: Tim Renang Targetkan Masuk 8 Besar di Asian Games 2018)

Beberapa cabang olahraga yang berhasil mendapatkan emas adalah Karate, Pencak silat, Jetski, angkat besi, taekwondo dan juga panjat tebing. Memang tentunya tidak semua cabang olahraga dimenangkan oleh atlet Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga pun memperkirakan kurang lebih 16 Emas bisa diraih para atlet. Nah berikut, merupakan cabang olahraga yang juga berpeluang meraih emas di Asian Games 2018, Cek Yuk !

Bulutangkis

Cabang olahraga bulutangkis berpeluang raih emas lebih banyak di Indonesia. Bulutangkis bisa menyumbangkan emas nomor beregu maupun nomor perseorangan. Apalagi, terdapat atlet bulutangis yang menduduki rangkin pertama di cabang olahraga ini yakni, Kevin-Marcus yang menduduki rangkin satu kelas ganda putra.

Balap Sepeda

Tidak ketinggalan, balap sepeda juga diramalkan akan menyumbangkan emas bagi Indonesia. Khususnya pada nomor BMX, karena salah satu atlet balap sepeda andalan Indonesia di nomor track putri di Asian Games 2018, Elga Kharisma Novanda, yang turun pada nomor BMX putri berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2017.

Dukung terus pahlawan olahraga untuk mempersembahkan yang terbaik untuk negeri ini. Manfaatkan promo menarik dari kartu kredit pada saat menonton langsung pertandingan, baik itu di Jakarta ataupun Palembang. Ajukan segera di CekAja.com Ciayo!

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.