Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Bank Dunia

by Gito on 10 Januari, 2020

Satu lagi srikandi Indonesia yang ditunjuk menjadi Direktur di Bank Dunia, Mari Elka Pangestu. Wanita yang dulu pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu bakal mulai ngantor di Washington sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia per 1 Maret 2020 mendatang.

Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Bank Dunia

Kiprah wanita kelahiran 1956 itu di kancah internasional bukanlah yang pertama di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani pada tahun 2010 menjadi wanita pertama dari Indonesia yang menjadi Direktur di Bank Dunia.

Melansir laman Bank Dunia, di pilihnya Mari Elka Pangestu sebagai salah satu Direktur di Lembaga Keuangan Internasional itu karena keahliannya dalam kebijakan dan manajemen yang dinilai luar biasa.

Presiden Group Bank Dunia David Malpass mengatakan pengalamannya sebagai Menteri senior, memiliki prestasi yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan juga peneliti.

Selain itu, dia juga memilki jaringan yang luas dalam forum-forum internasional terutama yang terkait dengan masalah pembangunan .

Keahliannya diakui Malpass akan sangat bermanfaat bagi Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan yang berbasis pada pengentasan kemiskinan.

“Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank Dunia untuk menjalankan peran baru di situasi yang kritis,” katanya dalam keterangan resmi.

(Baca juga: Proyeksi Bisnis Dunia Di 2020 Membaik! Ini Pilihan Tren Bisnis Yang Bisa Dilirik)
Ekonom Senior dan Peneliti Handal

Sebelum didapuk menjadi Menteri, Mari Elka Pangestu sudah malang melintang di sektor ekonomi.

Dia pernah menjabat sebagai anggota pimpinan Centre of Strategic and International Studies (CSIS) , sebuah Lembaga penelitian kebijakan yang banyak dihuni oleh para pemikir dan peneliti.

Setelah itu barulah karir politiknya dimulai. Pada tahun 2004 – 2011 dia dipinang oleh Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhono untuk menjadi Menteri Perdagangan.

Kemudian pada tahun 2011 – 2014 jabatan lain didudukinya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Saat ini Mari Elka Pangestu menjabat sebagai Senior Fellow di Sekolah Tinggi Urusan Internasional dan Publik Columbia. Dunia akademisi tampaknya tidak dapat dilepaskan dari kehidupan wanita kelahiran Jakarta itu.

Pasalnya selain posisi diatas, dia juga menjabat sebagai Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia, Asisten Profesor di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew dan Sekolah Kebijakan Publik Crawford, Universitas Australia.

Mari juga bergabung bersama Indonesia Bureau of Economic Research (IBER) dan CSIS sebagai anggota dewan.

“Merupakan suatau kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi utamanya pembangunan. Saya menantikan kesempatan ini untuk bisa bekerja dengan tim yang kuat untuk menghadapi tantangan yang dihadapi anggota Bank Dunia,” ungkap Mari.

(Baca juga: Mau Bisnis Startup dan Dapatkan Investor? Sambangi 5 Tempat Ini)
Sepak Terjang di Global

Selain diakui sebagai Ekonom dan praktisi ekonomi handal, Mari Elka Pangestu juga dianggap sebagai pakar internasional tentang berbagai masalah global.

Dia saat ini adalah Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington D.C dan juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi.

Catatannya tentang layanan dewan dan tugasnya meliputi Dewan Kepemimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN), ketua bersama kelompok ahli untuk Panel Tingkat Tinggi untuk Ekonomi Kelautan Berkelanjutan, panel dari inisiatif kesehatan WHO, dan Equal Access Initiative, komisioner untuk Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon Indonesia dan anggota dewan eksekutif dari Kamar Dagang Internasional (ICC).

Nantinya setelah dia aktif bekerja sebagai Direktur di Bank Dunia, Mari akan memimpin dan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia.

Selain itu, dia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) dan fungsi Hubungan Eksternal serta Korporat.

Indonesia patut bangga akan sepak terjang Mari Elka Pangestu di dunia internasional.

Kamu juga bisa ikut membanggakan negeri ini melalui sejumlah prestasi. Perkuat pendidian dan kreatifitasmu untuk bisa menaklukkan dunia.  Butuh modal untuk menunjang pendidikanmu? Jangan ragu akses CekAja.com.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit