Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Masih Bertanya Waktu Yang Tepat Untuk Investasi? Ini Jawabannya

by JTO on 22 Oktober, 2015

memulai investasi - CekAja.com

Banyak orang yang tidak melihat pentingnya berinvestasi karena terlena dengan tercukupinya kebutuhan harian mereka selama usia produktif. Padahal, hal terpenting yang juga harus segera dipikirkan adalah persiapan untuk kehidupan selepas masa produktif.

Mungkin kamu masih santai dan enggan memikirkan modal hari tua kamu. Padahal kamu sudah berangan-angan ingin keliling dunia saat pensiun nanti. Atau, ingin hidup di tengah kampung halaman yang asri. Semua itu belum tentu bisa terwujud jika kamu tidak menyiapkan modalnya secepat mungkin.

Masalahnya, belajar untuk bisa berinvestasi secara tepat guna memang tidak mudah. Kamu harus menyisihkan sedikit waktu, melakukan riset kecil-kecilan, dan memilih jenis investasi yang paling tepat untuk kamu miliki.

Ada banyak informasi di luar sana yang justru membuat kamu semakin bingung. Saat nilai mata uang rupiah sedang anjlok serta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah, banyak yang mengusulkan untuk segera mencari instrumen investasi yang pantas.

Kondisi ekonomi Indonesia yang naik turun tentu bisa menjadi satu pengingat agar kamu memiliki simpanan yang aman untuk keuanganmu dalam jangka panjang. Investasi jangka panjang akan menjadi pondasi yang sangat kuat untuk menerjang ketidakpastian ekonomi. Cobalah melihat beberapa pertimbangan berikut ini untuk menemukan strategi investasi yang paling cocok untukmu. (Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

Segera Memulai Investasi Sekarang Juga. Bukan Karena Pasar Sedang Melesu

Pasar saham selalu berada dalam ketidakpastian dari masa ke masa. Jika ada yang berusaha berinvestasi saham demi mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilainya semata, dia sebenarnya bukan berinvestasi. Hal semacam itu hanya dilakukan oleh seorang penjudi. Banyak pakar keuangan yang menyarankan untuk menempatkan dana di reksa dana untuk investasi jangka panjang. Apapun pilihan kamu, yang jelas jangan ragu untuk segera memelajari investasi yang paling tepat untuk karakter keuangan kamu sendiri.

banner-dbs-1744x542

Pilihlah Sumber Dana yang Paling Aman dan Tepat Untuk Untung

Ada beberapa investor saham yang terkenal menjadi kaya dari stok saham pilihannya yang tepat. Entah karena mereka beruntung atau mereka punya perhitungan yang tepat. Intinya, kamu harus cerdas mengamati instrumen investasi yang paling cocok untukmu. Jika ingin mendapatkan untung dengan cepat, kamu biasanya harus berani mengambil risiko juga. Namun, jika ingin investasi jangka panjang, kamu bisa mendapatkan keuntungan tinggi dari instrument investasi yang berisiko rendah. (Baca juga: Melebihi Harga Rumah, Ini 12 Jam Tangan Pria Termahal di Dunia)

Berinvestasilah Saat Uangmu Terkumpul dan Jangan Pusingkan Banyak Masukan

Saat kamu mendengarkan saran dari analis pasar saham, terkadang kamu akan was-was bahkan merasa dunia akan kiamat saat pasar saham sedang menukik tajam. Memang sudah pasti akan ada banyak orang yang kehilangan uangnya ketika itu terjadi. Tetapi, kamu sudah tahu pasti bahwa itu akan terjadi. Agar aman, kamu bisa memilih instrument investasi jangka panjang seperti obligasi atau reksa dana pendapatan tetap. Untuk bisa merealisasikan ini, kamu harus memiliki modal yang mantap dan tidak goyah ketika digoda untuk segera melepas investasi kamu.

Strategi investasi yang bisa diterapkan adalah dengan memilih instrument investasi dengan risiko paling minimal namun bisa mendulang banyak keuntungan seumur hidup. Ada pepatah yang mengatakan “The best time to start investing was years ago. The second best time to start investing is right now”.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.