Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Masih Bingung Cara Cek Nomor XL? Begini Panduan Lengkapnya

by Miftahul Khoer on 8 November, 2019

Telepon seluler sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Kehidupan sehari-hari sudah sangat tergantung dengan keberadaan telepon seluler. Kita mungkin bisa tenang saat ada barang lain yang tertinggal, tapi akan sangat panik kalau sampai telepon seluler yang tertinggal.

cara cek nomor XL

Penggunaan telepon seluler tentu saja berkaitan erat dengan provider. Salah satu penyedia layanan seluler di Indonesia adalah XL Axiata. XL Axiata adalah salah satu provider yang terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Kuatnya jaringan serta banyaknya pilihan paket layanan dengan harga terjangkau menjadi daya tarik tersendiri dari provider yang satu ini.

Karena tarif yang tergolong murah, banyak orang kemudian menggunakan XL Axiata entah sebagai provider utama, maupun kedua yang digunakan hanya untuk kebutuhan berinternet saja. Karena bukan provider utama, kadang nomornya tidak dihafalkan. Atau kita kesulitan menghafal nomornya karena jarang digunakan. Kamu termasuk?

Bagaimana kalau suatu ketika kamu membutuhkan nomor itu untuk keperluan misalnya, mengisi pulsa atau paket internet? Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk cek nomor XL:

1. Cek nomor XL melalui dial up

Cara paling mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor XL adalah dengan cara dial up melalui ponsel kamu. Caranya adalah sebagai berikut:

– Pada menu panggilan, tekan *123#, kemudian tekan OK/YES/CALL.

– Ketika layar pop up muncul, pilih opsi nomor 7. INFO.

– Kemudian, pilih opsi nomor 2. Detail Nomor XL Anda.

– Tekan 1 untuk Cek Profil, lalu pilih opsi nomor 1 untuk Info Nomor.

– Tunggu beberapa detik sampai informasi nomor XL yang kamu gunakan muncul di layar.

– Selain mengecek nomor, menu dial up ini juga bisa kamu gunakan untuk cek informasi lain seperti sisa pulsa, paket internet, pembelian kuota, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel Buat yang Kelupaan)
2. Cek nomor XL melalui aplikasi MyXL

Seperti provider lain yang terus berlomba-lomba meningkatkan kualitas layanannya, XL Axiata juga meluncurkan aplikasi untuk mempermudah pelanggan. Aplikasi MyXL bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Caranya adalah sebagai berikut:

– Cari dan download aplikasi MyXL di Google Play Store atau App Store.

– Instal Aplikasi MyXL di ponsel kamu.

– Buka aplikasi, kemudian daftarkan nomor kamu. Kamu bisa memilih opsi “Masuk dengan Nomor XL” atau “Masuk dengan Facebook.”

– Apabila sudah masuk, kamu bisa mengakses menu yang terdapat pada homepage aplikasi MyXL termasuk informasi nomor kamu, sisa pulsa, paket internet, dan lain sebagainya.

3. Cek nomor XL dengan bantuan operator

Kalau kedua cara di atas tidak dapat kamu lakukan, kamu masih bisa meminta bantuan operator untuk membantumu mengecek nomor XL kamu. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

Call Center XL

Ada dua nomor operator yang bisa kamu hubungi yaitu 818 dan 817. 818 adalah nomor yang akan menghubungkan kamu dengan IVR (Interactive Voice Response) atau mesin penjawab otomatis. Layanan ini bebas biaya. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh IVR. Sementara 817 adalah nomor yang akan menghubungkan kamu dengan petugas operator atau customer service representative dari XL. Kamu bisa ngobrol langsung dengan petugas. Layanan ini dikenakan tarif Rp350 per panggilan.

– Nomor PSTN dan faximile

Kalau kamu tidak membawa ponsel yang menggunakan nomor XL tapi kamu perlu informasi, kamu bisa menghubungi nomor PTSN yaitu +6221 579 59817. Nomor ini bisa dihubungi dengan menggunakan provider lain selain XL seperti Telkomsel dan Indosat. Tarif disesuaikan dengan kebijakan masing-masing provider.

Kalau kamu punya mesin faks, kamu juga bisa mengirim faximile ke +6221 579 59808. Hal ini terutama kalau kamu perlu melampirkan tambahan informasi seperti gambar.

(Baca juga: Cara Cek Nomor Indosat Buat Kamu yang Lupa, Mudah Kok!)

E-mail

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan operator melalui e-mail ke customerservice@xl.co.id. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi melalui live chat di website resmi XL yaitu xl.co.id.

Demikianlah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor XL kamu. Selanjutnya, kamu bisa simpan atau catat nomor XL kamu supaya bisa kamu gunakan di lain waktu. Semoga bermanfaat, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.