Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Masih Pemula? Ini Cara Membuat Bisnismu Lebih Menarik di Mata Pelanggan

by Tisyrin on 19 Oktober, 2016

bisnis start up _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Kamu baru saja membangun sebuah bisnis. Karena masih pebisnis pemula, kamu kerap merasa kesulitan menggaet pelanggan. Jika kamu memiliki cita-cita tinggi untuk bisnismu, jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan.

Berikut 5 tips untuk mendapatkan pelanggan baru.

Memperluas koneksi dengan orang yang tepat

Berdasarkan sebuah laporan terbaru di Amerika Serikat, lebih dari 80% orang mencari rekomendasi dari keluarga, teman, profesional dan lainnya ketika mempertimbangkan suatu pembelian. Rujukan dan rekomendasi memainkan peran besar dalam menarik pelanggan berkualitas tinggi. Karena itu, penting sekali untuk menjalin hubungan dengan orang yang bisa mempopulerkan brand kamu.

Bagaimana cara membuat koneksi yang tepat? Kamu bisa menghadiri acara yang berhubungan dengan industri yang kamu geluti dan melakukan presentasi tentang usaha kamu di sana. Jangan takut untuk memulai percakapan dengan profesional yang berpengaruh.

(Baca juga: Cara Membangun Bisnis Rumah Kos Lebih Menguntungkan)

Membuat video di YouTube

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang keranjingan dengan vlog atau video blogging. Kamu yang baru memulai bisnis pun bisa memanfaatkan YouTube untuk menggaet pelanggan. Buatlah video singkat yang sederhana tetapi menarik. Buatlah calon pelanggan betah menontonnya dari awal hingga akhir.

Kerja sama dengan digital marketing agency

Survei yang dilakukan Gartner Digital Marketing memperlihatkan sebanyak 40% responden mendapatkan penghematan besar saat menggunakan digital marketing. Dan, 28% responden mengaku akan menggeser alokasi bujet marketing dari media tradisional untuk berinvestasi ke alat dan teknik digital marketing. Berdasarkan data Google, bisnis skala kecil dan medium yang memakai teknik digital marketing punya peluang membesarkan bisnisnya 3,3 kali lebih baik.

Namun, jika menilik data Badan Pusat Statistik (2015), dari jumlah UKM yang telah mendekati 99,98% dari total unit usaha yang ada di Indonesi, hanya 0,14% saja yang sudah go-online. Di tengah persaingan yang ketat, UKM memerlukan teknik digital marketing untuk tetap bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Digital marketing terbilang lebih hemat ketimbang tradisional marketing. Digital marketing meliputi social media, email marketing, SEO, dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak memiliki keahlian dan waktu untuk melakukan hal ini, minta bantuan profesional. Sewa lembaga yang menyediakan jasa pemasaran digital. Bagaimana mencari agen pemasaran digital yang terpercaya? Cari tahu ke teman atau kerabat yang berpengalaman, baca ulasan di Google atau LinkedIn, serta cek tampilan website mereka apakah meyakinkan atau tidak.

(Baca juga: Catat 4 Hal Ini Agar Sukses Saat Bisnis Food Truck)

Memahami mengapa nasabah harus pilih produk atau jasa yang kamu tawarkan

Untuk mengarahkan lalu lintas pelanggan ke website bisnismu, penting sekali bermain dengan kekuatan yang dimiliki oleh bisnismu. Coba pikirkan hal-hal berikut: mengapa pelanggan harus memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan? Apa keunggulan produk atau jasa tersebut? Apakah kualitasnya baik? Kamu sudah memasang harga yang wajar? Dan apakah layanan pelanggan yang berikan sudah baik?

Kamu harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Identifikasi kekuatan dan fokuskan marketing terhadap kekuatan tersebut. Jangan takut untuk mengumpulkan umpan balik (feedback) dari pelanggan kamu, buat survei singkat dan meminta mereka untuk terlibat. Berikan diskon atau penawaran khusus kepada siapapun yang mengirimkan umpan balik.

Butuh tambahan modal untuk usaha sampingan milikmu? Daftar pinjaman tunai untuk segala kebutuhan di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.