Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Masih Susah Bangun Sahur? Pakai 7 Trik Ini untuk Mengatasinya

by Ariesta on 9 Juni, 2016

Kamu yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan tentunya akan memiliki jam bangun tidur yang berubah. Untuk kamu yang tidak terbiasa bangun dini hari, bangun untuk sahur pasti terasa berat.

Apalagi kalau tinggal sendiri karena tidak ada yang membangunkan. Tapi bukan artinya kamu mesti melewatkan sahur. Selain sebagai bekal energi jalani puasa sepanjang hari, makan sahur juga menjadi ibadah keutamaan dan mendatangkan berkah di bulan Ramadhan.

Berikut ini strategi jitu khusus untuk kamu yang susah bangun sahur. Coba salah satunya, namun bila belum mempan juga, coba saja semuanya.

Tempatkan alarm di tempat yang sulit dijangkau

Sebuah survei yang dilakukan Bank of America menyebutkan jika kebanyakan orang Amerika tidur dengan smartphone berada di samping. Sayangnya jika kamu memiliki kebiasaan tersebut dan menggunakan ponsel sebagai alarm, maka kamu pun semakin mudah memencet tombol ‘snooze’ atau mematikan alarm sepenuhnya.

(Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering dihadapi Saat Puasa dan Cara Menghindarinya)

Berbeda kalau kamu menaruhnya di seberang tempat tidur atau di atas lemari, mau tidak mau kamu akan bangun dan berjalan untuk mematikannya. Menggerakan tubuh dan bangun dari tempat tidur menolong tubuhmu memulai transisi dari tidur menjadi bangun.

 

Jangan minum kafein di malam hari

Ada orang yang sangat sensitif terhadap kafein. Sehingga meski hanya meneguk secangkir teh, efeknya jadi terjaga sepanjang malam. Ya, teh juga mengandung kafein meskipun jauh lebih sedikit daripada kopi.

(Baca juga: Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini)

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, mengonsumsi 400 miligram kafein bahkan enam jam sebelum tidur dapat menganggu kualitas tidur. Kalau kamu tidak ingin susah tidur dan susah bangun saat waktunya sahur, jangan konsumsi kafein ya.

Siapkan santapan sahur yang enak setelah salat tarawih

Siapkan makanan favoritmu untuk sahur. Saat sahur, kamu tinggal memanaskannya. Pikirkan betapa enaknya makanan tersebut sebelum tidur sehingga kamu tidak sabar untuk segera bangun.

Memikirkan hal-hal menyenangkan yang akan dilakukan setelah bangun membuatmu bersemangat untuk segera bangun.

(Baca juga: Saat Bulan Puasa, Inilah Beberapa Kebiasaan di Kantor yang Pasti Berubah)

Pasang alarm untuk waktu tidur

Semakin cepat kamu tidur, semakin mudah bangun untuk sahur karena waktu tidurmu cukup. Kamu yang terlelap pukul 10 malam tentu lebih mudah bangun sahur dibandingkan kamu yang baru tidur pukul 12.

Tidak hanya memasang alarm waktu sahur, kamu juga bisa mencoba pasang alarm untuk waktu tidur. Cara ini membuatmu mengehentikan segala aktivitas dan segera bersiap-siap untuk tidur.

Hentikan menonton TV atau bermain smartphone satu jam sebelum tidur

Kita lebih sensitif terhadap cahaya artifisial seperti cahaya yang dihasilkan layar komputer, televisi, atau smartphone. Terlalu banyak terpapar cahaya tersebut mencegah otak memproduksi hormon melatonin sehingga kamu tidak mengantuk. Akibatnya kamu jadi tidur larut dan susah bangun sahur.

(Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Dari Sekarang Agar Lebaran jadi Menyenangkan)

Tanggung jawab membangunkan orang lain

Katakan pada saudara, teman, atau pacarmu kalau kamu akan menjadi orang yang membangunkan mereka. Dengan demikian kamu akan termotivasi untuk bangun lebih awal.

Jangan kebanyakan tidur

Kamu akan semakin sulit bangun kalau baru tidur sebentar. Tapi menurut para ahli dari Fakultas Kedokteran Harvard, kebanyakan tidur juga membuatmu ketagihan sehingga susah bangun. Selain itu bukannya merasa segar, kamu malah merasa letih saat bangun.

(Baca juga: Ini Waktu dan Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Saat Puasa)

Daripada hanya tidur-tiduran, lebih baik manfaatkan waktumu untuk memperbanyak ibadah. Yuk, berlomba-lomba meraih berkah di bulan Ramadhan. Salah satunya dengan tidak melewatkan sahur. Sudah siap kan melakukan strategi yang sudah disebutkan di atas?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami