Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Masih Takut “Ngutang”? Ini Dia 5 Pebisnis Tenar yang Membangun Usahanya Lewat Utang

by Rafly Aditia on 31 March, 2017

Dalam berbisnis, utang bukanlah suatu hal yang perlu ditakutkan. Bahkan jika dikelola dengan baik, utang justru dapat membuat bisnismu semakin besar dan melipatgandakan keuntungan.

Bukan omong kosong, hal tersebut sudah dibuktikan oleh banyak orang. Gak percaya? Simak saja kisah sukses 5 pebisnis tenar yang membangun bisnis lewat pinjaman untuk modal usaha berikut ini.

Top Ittipat

Mungkin kamu jarang mendengar nama Top Ittipat, tetapi bagi penggemar camilan ringan rumput laut Tao Kae Noi pasti tahu bahwa Top adalah orang di balik keberhasilan camilan lezat tersebut. Pada saat merintis usahanya itu, Top masih berusia 19 tahun. Dia pun nekad membangun bisnis camilan rumput laut untuk menutupi kebangkrutan orang tuanya.

Berkali-kali Top mengajukan pinjaman ke bank namun tetap saja ditolak, hingga akhirnya ketika camilan rumput laut miliknya berhasil dijual di toko ritel raksasa 711, Top dengan percaya diri meminjam uang dari bank untuk mengekspansi bisnisnya. Top bahkan memiliki 2.000 karyawan saat usianya baru 26 tahun. Kisah Top Ittipat bahkan dituangkan ke dalam sebuah film berjudul The Billionaire.

Gibran

Anak Presiden Jokowi yang satu ini memang unik, dirinya selalu ingin membuktikan masyarakat bahwa ia bisa sukses tanpa harus memanfaatkan nama ayahnya yang merupakan kepala negara republik Indonesia. Gibran bahkan memilih untuk menjalani usaha katering daripada meneruskan usaha mebel yang dimiliki oleh ayahnya.

Seperti dilansir dari Liputan6, saat memulai usaha katering miliknya, Gibran memiliki masalah dalam urusan modal sehingga harus berkali-kali mengajukan kredit permodalan ke bank. Setelah mengalami penolakan dari tiga sampai empat bank, Gibran akhirnya mendapatkan pinjaman modal sebesar Rp 700 juta. Namun hasilnya, saat ini usaha katering bernama Chili Pari miliknya terbilang maju dengan pesat dan telah memiliki 20 karyawan tetap dan ratusan tenaga kerja lepas.

(Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Dana Usaha dari Modal Ventura)

Nina Moran

Bagi kamu para wanita, majalah Gogirl! tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Majalah remaja yang diluncurkan pada tahun 2005 khusus untuk perempuan tersebut bisa dibilang meraja bidang majalah hiburan khusus wanita. Dalam perjalanannya untuk meraih kesuksesan dalam bisnis terbilang terjal.

Seperti yang diinfokan oleh Ozip.com.au, Nina Moran bahkan harus menelan ludah saat dipermalukan oleh salah seorang pegawai bank yang merendahkan dirinya ketika mengajukan proposal pinjaman usaha. Sempat mengalami depresi berhari-hari, akhirnya Nina mendapatkan kemudahan yaitu lewat pinjaman modal dari sang ayah sebesar Rp 1,3 miliar di tahun 2005 dan harus meminimalisir waktu tidur untuk menggarap majalah Gogirl! dengan sumber daya yang seadanya.

Walau begitu, utang yang digunakan dapat dialokasikan dengan sangat efektif dan justru menghasilkan. Karena itu pula Gogirl! meraih kesuksesan semenjak melewati tahun ketiganya bahkan sampai-sampai disebut sebagai majalah remaja terbaik pada masa itu.

Nicholas Woodman

Kisah Nick Woodman yang berhasil menjadi miliarder tidak lepas dari utang loh, guys! Nick pada saat itu bertekad untuk membuat sebuah kamera tangguh yang bisa digunakan saat berselancar atau berenang sekalipun.

Kembali ke Amerika Serikat, dia membawa banyak souvenir dari bali dengan harga sektiar USD 1,9 per buah dan dijual kembali dengan harga 60 USD di Amerika Serikat. Woodman berhasil mengumpulkan keuntungan besar dari situ dan meminjam uang senilai USD 35 ribu dari sang ibu sebagai modal membuat kamera GoPro.

Dengan modal tersebut, Woodman akhirnya berhasil mengembangkan kamera GoPro dalam waktu dua tahun. “Aku sangat takut kalau aku akan gagal lagi sehingga aku sangat berkomitmen untuk sukses,” kata dia dalam wawancara dengan majalah Forbes. Woodman memasarkan produk pertamanya di September 2004.

Setelah mengembangkan kamera GoPro dan mencapai angka penjualan US$ 350 ribu di tahun pertama, bisnis GoPro terus merajai pasar Action Cam dunia hingga saat ini.

Joko Widodo

Kalau sebelumnya kamu sudah mengetahui kisah Gibran, kini perlu kamu ketahui bahwa presiden Indonesia, Joko Widodo juga pernah merintis bisnis lewat utang usaha! Jokowi yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan mebel, berhasil mengetahui seluk beluk dunia mebel dalam waktu singkat sehingga berhasil mendirikan perusahaan mebel sendiri.

Berdasarkan pengakuan beliau seperti yang dilaporkan oleh Tribunnews, Jokowi bahkan harus menggadaikan sertifikat tanah milik orang tuanya untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank. Setelah 9 tahun merintis usaha bersama sang istri dan mengalami jatuh bangun, Jokowi memberanikan diri untuk jadi eksportir. Hingga akhirnya bisnis mebel milik Jokowi berhasil di kenal di Eropa, Amerika, hingga Timur Tengah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami