Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Masih Usia 20-an? Ini Tipsnya Agar Karier Kamu Melejit

by Tisyrin N. T on 5 September, 2016

Saat baru saja lulus sebagai sarjana, kamu yang masih berusia 20-an pastinya sedang bersemangat untuk memulai karier. Kamu ingin mewujudkan banyak mimpimu. Nah, agar perjalanan kariermu mulus dan menanjak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kamu yang masih usia 20-an, berikut beberapa nasihat yang harus kamu simak agar kariermu bisa melejit:

Manfaatkan interview kerja untuk bertanya

Kamu yang baru saja lulus kuliah pasti akrab dengan interview kerja. Tak jarang orang harus melewatinya berkali-kali untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Tahap interview tidak hanya menentukan bisa atau tidaknya kita bergabung di sebuah perusahaan, melainkan momen yang penting untuk menggali berbagai informasi. Cobalah gali informasi mengenai bagaimana peluang karier ke depannya. Pastikan bila kariermu bisa berkembang di sana. Jadi manfaatkan momen ini baik-baik. (Baca juga: 10 Resort Mewah Termahal di Indonesia)

Selalu tunjukkan rasa terima kasih

Jika rekan kerjamu telah berbuat baik menolongmu, jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan senyuman. Saat kamu tak sempat mengatakannya secara langsung, masih ada cara lain bukan untuk menyampaikannya? Kamu tetap bisa berterima kasih lewat email ataupun pesan teks.

Ingat, badai pasti berlalu

Saat awal membangun karier, kamu mungkin akan berjumpa masa-masa sulit. Bagaimanapun, kamu tetap harus menghadapinya bukan? Kamu harus ingat bahwa segalanya bergerak. Ingatlah pepatah ‘badai pasti berlalu’Jangan biarkan masalah yang datang membuat kamu putus asa. Ambil pelajaran dari kesalahan dan kegagalan agar kamu bisa lebih baik ke depannya.

Pertahankan reputasi profesional kamu

Kamu harus pandai menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja, karena suatu saat kamu harus bekerja sama dengan mereka. Bila ada rekan kerja yang sedang kerepotan dengan pekerjaannya, jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Dengan begitu, kamu telah membangun reputasi diri dengan baik.

Setiap malam, pikirkan tiga hal positif dari hari yang telah kamu lewati

Bagaimanapun, tidak ada sesuatu yang sempurna bukan? Termasuk hari-hari yang kamu lewati. Nah, jangan cuma mengingat kesalahan dan kegagalan hari ini namun cobalah mengingat-ingat sesuatu yang positif dari hari-harimu di kantor. Hal ini bisa membuatmu termotivasi sehingga lebih semangat saat bangun keesokan harinya.

Pancarkan rasa percaya diri

Kamu harus merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Jika kamu sudah bisa melakukannya, orang lain pun akan lebih mudah untuk merasa nyaman berada di dekatmu. Rasa percaya diri akan membuatmu lebih optimal dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Bagaimana orang lain akan percaya pada kemampuanmu jika kamu kurang percaya diri? (Baca juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bisa Bikin Mata Kamu Minus)

Bergaul dengan orang yang tepat

Hal ini berlaku di kehidupan profesional dan pribadi. Kehadiran orang-orang yang mampu mendidik dan memberikan semangat akan berpengaruh positif bagi hari-harimu. Karena saat kamu bergaul dengan orang yang salah, kamu kerap merasa terganggu bahkan energimu terkuras karenanya.

Sosok panutan

Selain bergaul dengan orang yang tepat, sebaiknya kamu juga punya tokoh panutan. Tujuannya agar kamu selalu termotivasi untuk menjadi seperti tokoh panutanmu itu. Carilah sosok yang menurutmu pantas menjadi teladan, boleh orangtuamu sendiri atau tokoh ternama seperti miliarder sukses.

Jangan lupa menjaga kondisi tubuh

Banyak orang yang baru merintis karier bekerja mati-matian dan melupakan kesehatan. Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu bekerja keras untuk mengejar karier yang kamu inginkan. Namun, jangan lupakan kesehatan. Sebab, jika kamu mudah sakit, pekerjaanmu tentu saja akan terhambat dan karier bisa mandek. Untuk itu, tetap berolahraga, jaga pola makanmu serta istirahat lah dengan cukup.

Jangan takut salah

Bukan berarti kamu bisa sembarangan dalam bertindak. Maksudnya adalah lakukan saja apa yang jadi tugasmu sebaik mungkin. Kesalahan adalah hal yang wajar karena kamu masih dalam tahap belajar. Yang terpenting, jangan berbuat kesalahan yang sama dua kali. (Baca juga: 8 Bahan Makanan Paling Sehat untuk Sarapan)

Jangan berhenti belajar

Terus kembangkan kemampuanmu. Kamu masih muda, jangan malas untuk membaca buku atau belajar dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu sukses.

Baru lulus kuliah dan ingin memulai bisnis? Dapatkan pinjaman dana untuk segala kebutuhan di sini

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.