Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Masjid di Dunia Paling Banyak Dikunjungi Selama Bulan Ramadhan

by Ariesta on 12 June, 2016

Salat berjamaah di Masjid memiliki keutamaan. Keutamaan ini disebutkan di dalam hadist bahwa salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendiri. Bahkan langkah menuju hingga pulang dari masjid dalam rangkan melaksanakan salat dihitung sebagai kebaikan.

Di bulan Ramadan ini, masjid ibarat pusat kegiatan bagi umat muslim. Mulai dari salat berjamaah, kajian, buka puasa bersama, hingga 10 hari menjelang Idul Fitri yang disebut dengan itikaf. Pengunjungnya tidak hanya dari luar kota, bahkan umat dari negara lain. Mana saja masjid-masjid di dunia yang paling banyak dikunjungi selama bulan Ramadan?

#1

Masjidil Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjid-al-Haram-Mecca-Saudi-Arabia

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa Masjidil Haram merupakan bangunan pertama yang dibangun untuk menyembah Allah. Masjid ini mengelilingi Kakbah, bangunan paling suci bagi umat muslim. Luasnya sekitar 656 ribu meter persegi mencakup area indoor dan outdoor (tawaf) dan akan bertambah jika proyek perluasan selesai. Pada masa haji, masjidil Haram bisa menampung hingga empat juta jamaah.

#2

Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Al-Masjid-al-Nabawi

Masjid Nabawi yang juga disebut masjid para nabi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid yang terletak di Madinah ini merupakan masjid suci kedua bagi umat muslim setelah Masjidil Haram. Nabi Muhammad bersama sahabatnya Abu Bakar R.A serta Umar R.A dikebumikan di sini. Masjid Nabawi dapat menampung hingga 600 ribu jemaah.

#3

Masjid Al-Aqsa, Jerusalem, Palestina

Al aqsa

Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat muslim. Umat muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Al-Aqsa pernah menjadi arah kiblat hingga 17 bulan setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu kiblat salat adalah Ka’bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, hingga sekarang.Terletak di Jerusalem, kompleks masjid Al-Aqsa juga dianggap suci oleh umat Yahudi dan Kristiani. (Baca juga: 7 Masjid yang Asyik Buat “Ngabuburit”)

#4

Masjid Imam Reza, Saanabad, Iran

Imam-Reza-Shrine

Masjid Imam Reza merupan masjid ketiga terbesar di dunia. Masjid ini diberi nama imam ke-8 dari 12 imam yang dipercaya oleh penganut Syiah. Konon Imam Reza juga masih keturunan langsung dari Nabi Muhammad Saw. Masjid Imam Reza dibangun pada abad ke-8 silam, dan kini memiliki luas sekitar 598 ribumeter persegi. Saat bulan Ramadan, masjid ini ramai dikunjungi dan dapat menampung hingga 500 ribu jamaah. Kompleks masjid Imam Reza terdiri dari museum, perpustakaan, tempat seminar, makam , Universitas Islam Razavi Ilmu, sebuah ruang makan untuk peziarah, dan bangunan lainnya.

#5

Grande Mosquée Hassan II, Casablanca, Maroko  

The-Hassan-II-Mosque

Grande Mosquée Hassan II  yang terletak di Casablanca Maroko adalah masjid terbesar di negara tersebut dan terbesar ke-7 di dunia. Menaranya yang setinggi 210 meter (689 kaki) adalah yang tertinggi di dunia. Dari menara tersebut terpancar sinar laser yang mengarah ke Ka’bah di Mekkah. Yang menjadi keunikan dari masjid ini adalah letaknya yang menghadap samudera atlantik. Pengunjung bahkan dapat mengamati dasar laut dari lantai kaca aula gedung. Grande Mosquée Hassan II bisa menampung 105 ribu jamaah dengan rincian 25 ribu di dalam ruang masjid dan 80 ribu di selasar.

#6                                                   

Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Faisal-Mosque-Islamabad

Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di seluruh penjuru Pakistan. Masjid ini pernah menjadi yang terbesar selama tahun 1986-1993. Berbeda dengan masjid lainnya yang berbentuk kubah, atap masjid ini berbentuk segitiga dengan empat pilar cantik mengelilingi. Masjid Faisal dapat menampung hingga 300.000 jamaah.

#7

Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Istiqlal-Mosque

Nama Istiqlal berarti kemerdekaan dalam bahasa Arab. Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih 200 ratus ribu jamaah. Saat Ramadan, Istiqlal banyak didatangi umat Islam dari seluruh penjuru Indonesia hingga dunia. Seperti masjid besar lainnya selama bulan Ramadan, jamaah dapat mendapatkan sajian takjil secara cuma-cuma. (Baca juga: 5 Wisata Religi di Indonesia yang Tidak Pernah Sepi ketika Ramadan Tiba)

#8

Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi, UAE

Sheikh-Zayed-Mosque

Nama Masjid Sheikh Zayed diambil dari Sheikh Zayed, presiden pertama UAE (Uni Emirat Arab) yang dimakamkan di sana. Masjid tersebut merupakan yang terbesar di Abu Dhabi. Meski baru dibuka pada Ramadan 2007, masjid ini menarik banyak jamaah dari seluruh dunia karena arsitektur berwarna putih nan cantik yang sekilas mengingatkan pada bangunan Taj Mahal di India. Masjid Sheikh Zayed dapat menampung 40.000 jamaah.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis