10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia, Dinar Kuwaiti Jadi yang Pertama!

Uang digunakan sebagai alat transaksi di seluruh dunia. Terdapat berbagai jenis mata uang yang ada di dunia. Tetapi, kamu sudah tahu belum mata uang paling berpengaruh di dunia? Yuk simak mata uang apa saja!

10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia, Dinar Kuwaiti Jadi yang Pertama!

Setiap negara memiliki mata uang masing-masing sebagai alat transaksi. Bentuk, jumlah, dan nominal yang dimiliki juga berbeda di setiap negara.

Nilai tukar mata uang disetiap negara berbeda, dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini dipengaruhi oleh kondisi penawaran-permintaan (supply-demand) pada mata uang tersebut.

Permintaan yang tinggi, dan penawaran tetap atau menurun, maka membuat nilai mata uang tersebut mengalami kenaikan. Sebaliknya, jika permintaan tetap atau menurun, dan penawaran tinggi, maka nilai mata uang tersebut akan melemah.

Kira kira apa saja ya mata uang paling berpengaruh di dunia? Mungkin menurut kamu USD atau Poundsterling jawabannya. Ini tidak salah, beberapa waktu silam memang mungkin mata uang ini paling berpengaruh.

Tetapi, kamu tahu tidak, saat ini ada mata uang lain yang lebih berpengaruh dibandingkan kedua mata uang tersebut loh. Yuk simak ulasan mata uang paling berpengaruh di dunia berikut ini!

10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

Berikut ini 10 mata uang paling berpengaruh di dunia yang telah CekAja rangkung dari berbagai sumber, yuk simak!

1. Dinar Kuwaiti (KWD)

Dinar Kuwaiti KWD - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Dinar Kuwaiti = 3.32 USD

Mata uang dari negara Timur Tengah, Kuwait, ini menjadi mata uang paling berpengaruh di dunia yang pertama. Kuwait merupakan negara yang kaya akan cadangan minyaknya.

Negara ini juga mengekspor minyak ke seluruh dunia. Sehingga tidak heran negara ini menjadi negara dengan mata uang tertinggi di dunia.

1 Dinar Kuwaiti (KWD) saat ini setara dengan 3.32 USD. Atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 47.117,90. Wah angka yang cukup besar ya.

(Baca Juga : 10 Mata Uang Terkuat di Dunia)

2. Dinar Bahraini (BHD)

Dinar Bahraini BHD - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Dinar Bahraini = 2.65 USD

Selanjutnya ada Dinar Bahraini, mata uang yang berlaku di Bahraini ini menempati posisi ke 2 sebagai mata uang paling berpengaruh di dunia. Sumber pendapatan terbesar negara ini berasal dari ekspor emas hitamnya.

Negara ini juga dikenal sebagai negara yang sukses menciptakan lapangan pekerjaan. Banyak juga yang secara sengaja ke negara ini untuk mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan bayaran yang tinggi dari pekerjaan tersebut.

Selain itu, negara ini juga dianggap paling liberal di dunia. Saat ini 1 Dinar Bahraini setara dengan 2.65 USD atau Rp. 37.719,80.

3. Rial Omani (OMR)

Rial Omani OMR - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Rial Omani = 2.60 USD

Lagi – lagi mata uang timur tengah menjadi mata uang paling berpengaruh di dunia. Rial Omani merupakan mata uang dari negara Omani. Mata uang ini terbagi dalam 1000 baisa.

Sumber pendapatan negara ini berasal dari minyak bumi yang diekspor di dunia. Saat ini 1 Rial Omani setara dengan 2.60 USD, jika dirupiahkan maka setara dengan Rp. 36.935.

4. Jordanian Dinar (JOD)

Jordanian Dinar JOD - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Jordanian Dinar = 1.41 USD

Sebelum menggunakan mata uang ini, negara Yordania masih menggunakan mata uang Pound Palestina sejak tahun 1927 hingga 1950. Selanjutnya barulah mata uang negara ini diganti menjadi Jordanian Dinar. 1 Jordanian Dinar setara dengan 1.41 USD. Jika dirupiahkan setara dengan Rp. 20.056,04.

5. Poundsterling (GBP)

Poundsterling GBP - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Pound Sterling = 1.36 USD

Mata uang negara inggris ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Sebelumnya mata uang ini juga pernah menjadi yang tertinggi di dunia, namun saat ini Poundsterling kalah dengan mata uang dari beberapa negara di Timur Tengah.

Pound Sterling dinobatkan sebagai mata uang tertua di dunia. Mata uang ini sering kali dimanfaatkan sebagai alat transaksi dalam perdagangan internasional.

Selain itu, kurs poundsterling lebih tinggi dibandingkan kurs Euro dan US Dollar. Jika dirupiahkan 1 Pound Sterling setara dengan Rp. 19.343.56.

6. Cayman Island Dollar (KYD)

Cayman Island Dollar KYD - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Cayman Island Dollar = 1.20 USD

Sebelum menggunakan mata uang ini, Dollar Jamaika menjadi mata uang yang digunakan. Pada tahun 1972, Cayman Island Dollar resmi digunakan dan menggantikan Dollar Jamaika sebagai mata uangnya.

Pendapatan terbesar dari Cayman berasal dari industri pariwisatanya yang terkenal di dunia. 1 Cayman Island Dollar ini setara dengan Rp. 17.044,46.

(Baca Juga : Cara Cek Kurs Mata Uang)

7. Euro (EUR)

Euro EUR - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Euro = 1.16 USD

Mata uang paling berpengaruh di dunia selanjutnya adalah Euro. Mata uang yang dipakai di 19 negara Eropa ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu.

Euro dipakai sejak 1 Januari 1999, tetapi baru digunakan secara fisik sejak 1 Januari 2002. Seluruh uang kertas Euro memiliki desain yang sama, tetapi untuk uang koinnya memiliki desain yang berbeda dari setiap negara di Eropa. 1 Euro ini setara dengan 16.444,41 IDR loh.

8. Swiss Franc (CHF)

Swiss Franc CHF - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Swiss Franc = 1.08 USD

Mata uang Swiss Franc digunakan oleh 2 negara, yaitu Swiss dan Liechtenstein. Swiss menerapkan sistem dualisme dalam penggunaan mata uang, yaitu Swiss Franc dan Euro, dan keduanya menjadi mata uang yang resmi untuk digunakan. 1 Swiss Franc setara dengan Rp. 15.342,75 jika dirupiahkan.

9. United States Dollar (USD)

United States Dollar USD - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

Mata uang ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Mata uang USD merupakan mata uang yang terkenal di dunia. Mata uang ini juga banyak digunakan dalam transaksi perdagangan Internasional.

Perekonomian Amerika Serikat yang kuat menjadi salah satu alasan mengapa nilai tukar mata uang ini menjadi tinggi. Jika dirupiahkan 1 USD setara dengan Rp. 14.219,55.

10. Australian Dollar

Australian Dollar - 10 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

1 Australian Dollar = 0.73 USD

Mata uang paling berpengaruh di dunia yang terakhir adalah Australian Dollar. Mata uang ini juga biasa disebut Aussie. Australian Dollar dianggap sebagai salah satu mata uang yang bernilai tinggi di dunia, hal ini karena banyak digunakan dalam transaksi dunia. Jika dirupiahkan, 1 Australian Dollar setara dengan Rp. 10.448,53.

Nah, itu dia 10 mata uang paling berpengaruh di dunia yang bisa kamu ketahui. Perubahan nilai mata uang tersebut dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Perubahan tersebut harus bisa kamu manfaatkan. Ketika nilai tukar mata uang sedang tinggi tentu bisa kamu manfaatkan nantinya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan investasi. Kamu bisa mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menabung.

Tidak menggunakan celengan, saat ini kamu bisa menabung dengan mudah secara online. Hal ini bisa kamu lakukan melalui situs CekAja.com.

Melalui CekAja.com kamu bisa dengan mudah melakukan pendaftaran, prosesnya juga cepat dan aman. Terlebih CekAja sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tunggu apalagi? Yuk daftarkan sekarang!