10 Mata Uang Terkuat di Dunia, Dinar Mendominasi!

Kira-kira kalau ditanya tentang mata uang terkuat di dunia, apakah kamu tahu apa saja urutannya? Sebab, banyak orang berpikiran kalau Pound sterling Inggris adalah mata uang termahal sekaligus terkuat di dunia sampai saat ini.

10 Mata Uang Terkuat di Dunia, Dinar Mendominasi!

Pemikiran orang-orang tersebut memang tidak salah, karena Pound sterling masuk ke dalam lima besar mata uang terkuat di dunia.

Namun, posisi pertama hingga ketiga didominisi oleh mata uang dinar, yang tak lain berasal dari Benua Asia, tepatnya Asia Barat.

Jika kamu ingin tahu daftar mata uang terkuat di dunia secara lengkap, pada artikel kali ini CekAja akan mengulasnya seluruh informasinya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Mata Uang Terkuat di Dunia

Berbicara soal mata uang terkuat di dunia, di bawah ini CekAja telah merangkum 10 di antaranya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 3,32 USD atau 47.396,15 IDR

Mata uang terkuat di dunia yang pertama, yaitu Dinar Kuwait (KWD). Ini adalah mata uang yang berasal dari sebuah negara kecil dengan kekayaan melimpah.

Salah satu faktor yang membuat mata uang ini memiliki nilai tinggi dan kuat, yaitu ekspor minyak bumi yang signifikan di pasar global.

Perlu diketahui, kalau pendapatan negara ini sekitar 80 persennya berasal dari industri minyak bumi. Hal itu tak lain karena, produksi minyak bumi di Kuwait masih sangat mudah. Maka tak heran, apabila harga minyak bumi di sini sangat murah dibandingkan negara lainnya.

Apalagi, ekonomi berbasis minyak bumi juga terbilang stabil. Kemudian, produksi dan ekspor minyak bumi yang sangat maju membuat Kuwait menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Dengan demikian kamu sudah tidak heran bukan, apabila mata uang Kuwait menempati posisi pertama sebagai mata uang terkuat di dunia.

(Baca Juga: Orang Terkaya di Indonesia 2021)

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 2,66 USD atau 37.924,46 IDR

Posisi berikutnya ditempati oleh Dinar Bahrain. Mata uang yang dikenal dengan BHD ini juga memiliki nilai yang sangat tinggi dan kuat, karena sumber pendapatan terbesarnya berasal dari ekspor minyak.

Padahal jika dilihat secara jumlah penduduk, Bahrain hanya negara kecil yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1 juta orang.

Meski begitu, negara kepulauan Teluk Persia ini nilainya terhadap dolar AS tetap stabil sejak 2005 hingga saat ini.

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 2,60 USD atau 37.079,69 IDR

Di urutan ketiga ada Rial Oman. Mata uang milik negara di Semenanjung Arab ini memiliki daya beli yang sangat tinggi, sehingga pemerintah harus mengeluarkan uang kertas 1/4 dan 1/2 Rial.

Tingginya nilai mata uang ini, tak lain dikarenakan lokasi negara Oman yang strategis. Dengan begitu, perekonomian negara ini jadi berkembang dan kualitas hidup masyarakatnya sangat baik.

4. Dinar Yordania (JOD)

Dinar Yordania - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 1,41 USD atau 20.108,80 IDR

Meski menjadi bagian dari mata uang terkuat di dunia, namun nilai tinggi Dinar Yordania (JOD) cukup sulit dijelaskan.

Sebab, negara ini secara perekonomian bisa dibilang tidak terlalu berkembang. Selain itu, secara sumber daya pun ketersediaannya kurang mumpuni, seperti minyak.

Walaupun begitu, mata uang negara ini sama dengan 1,41 dolar AS, yang membuatnya masuk ke dalam daftar mata uang terkuat di dunia.

5. Pound sterling Inggris (GBP)

Pound sterling Inggris - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 1,38 USD atau 19.643,46 IDR

Sebagai mata uang yang paling sering dianggap terkuat di dunia, Pound sterling Inggris nyatanya hanya menutup lima besar di daftar ini.

Tetapi, mata uang ini tetap menjadi mata uang terkuat di Benua Eropa. Jika melihat sejarah, Pound sterling Inggris pernah menduduki posisi pertama sebagai mata uang tertinggi, sebelumnya akhirnya digeser oleh empat negara yang pernah menjadi koloninya.

Nah koloni Inggris sendiri pun, ternyata menerbitkan uang kertasnya masing-masing, yang secara visual berbeda dari uang kertas terbitan Bank of England. Meski begitu, namun nilai untuk setiap lembarnya sama, yaitu satu.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Dolar Kepulauan Cayman - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 1,22 USD atau 17.386,25 IDR

Siapa di antara kamu yang sudah tahu Dolar Kepulauan Cayman (KYD)? Kalau belum, yuk berkenalan! Jadi, Dolar Kepulauan Cayman adalah satu dari sekian banyak mata uang di dunia, yang masuk ke dalam daftar mata uang terkuat di dunia, serta bagian dari suaka pajak terbaik di dunia.

Menariknya, kepulauan ini menyediakan lisensi untuk ratusan bank, perusahaan asuransi, dan juga dana lindung nilai.

7. Euro Eropa (EUR)

Euro Eropa - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 1,18 USD atau 16.857,69 IDR

Rasanya tak heran, apabila Euro Eropa menjadi bagian dari mata uang terkuat di dunia. Sebab, mata uang ini beberapa tahun terakhir terlihat menguat.

Bahkan pada titik tertentu, kekuatannya ditegaskan oleh sebuah fakta yang menyatakan kalau Euro Eropa adalah mata uang resmi di negara-negara Eropa, yang juga akan ditemukan di sejumlah negara dengan kondisi ekonomi berkembang.

Tidak hanya itu, Euro sendiri menjadi cadangan mata uang kedua di dunia, yang mencakup 22,2 persen dari seluruh tabungan dunia.

8. Franc Swiss (CHF)

Franc Swiss - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 1,10 USD atau 15.473,90 IDR

Memiliki kisaran nilai tukar 1,10 USD atau 15.473,90 IDR, Franc Swiss menjadi mata uang terkuat di dunia yang menempati posisi kedelapan.

Bagaimana tidak, pasalnya Swiss memiliki sistem perbankan yang dikenal dengan “Kerahasiaan Bank” yang tegas.

Kemudian secara teknologi, negara ini juga sudah menggunakan sistem yang berteknologi canggih dan terkenal di seluruh dunia.

Kamu bisa membuktikannya dengan melihat uang kertas orisinil miliki negara ini. Perhatikan kalau uang kertas Franc Swiss adalah satu-satunya yang memiliki tampilan vertikal.

9. Dolar AS (USD)

Dolar AS - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 14.256,04 IDR

Siapa sangka, kalau Dolar AS justru menempati posisi kesembilan dalam daftar mata uang terkuat di dunia.

Sebab, mata uang ini memiliki gelar “Mata Uang Cadangan Dunia”. Yang mana, artinya adalah Dolar AS diterima dan bisa digunakan di negara manapun.

Maka dari itu, banyak orang yang memiliki persepsi kalau Dolar AS akan menempati posisi pertama sebagai mata uang terkuat di dunia, yang saat ini saja memiliki kisaran nilai tukar terhadap rupiah 14.256,04 IDR.

10. Dolar Kanada (CAD)

Dolar Kanada - Mata Uang Terkuat di Dunia

Kisaran nilai tukar: 0,79 USD atau 11.255,43 IDR

Mata uang terkuat di dunia yang menempati posisi terakhir, yaitu Dolar Kanada atau CAD. Mata uang yang sering disebut dengan “loonie” ini menjadi cadangan mata uang dunia terbesar yang kelima.

Buat kamu yang belum tahu “loonie”, ini adalah sebutan atau istilah penghormatan terhadap jenis burung yang tergambar pada koin 1 dolar.

Faktor yang Mempengaruhi Kurs Mata Uang

Selain mengetahui daftar mata uang terkuat di dunia, kamu juga sepertinya perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kurs mata uang naik turun.

Pasalnya, kurs mata uang suatu negara dipakai untuk mengukur level perekonomian negara tersebut. Tidak hanya itu, kurs juga menjadi indikator penting dalam hubungan perdagangan antar negara.

Lantas, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kurs mata uang tersebut? Berikut uraiannya untuk kamu.

  • Perbandingan tingkat inflasi antara suatu negara dengan negara lain
  • Perbandingan tingkat suku bunga antara suatu negara dengan negara lain
  • Neraca perdagangan
  • Adanya utang publik (public debt)
  • Stabilitas ekonomi dan politik suatu negara
  • Perbandingan harga ekspor dan impor suatu negara.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency)

Itulah 10 daftar mata uang terkuat di dunia, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kamu juga sudah tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kurs mata uang naik turun. Nah dari semua informasi tersebut, kamu bisa mengambil kesimpulan, kalau memanfaatkan uang di saat yang tepat, yaitu ketika nilainya sedang naik itu penting.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi, misalnya dalam bentuk emas. Namun apabila kamu belum berani, jangan khawatir. Karena kamu tetap bisa mencobanya dalam bentuk investasi paling sederhana, yaitu menabung.

Saat ini, menabung pun bisa dilakukan dengan mudah, secara online salah satunya melalui situs perbandingan CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya sangat praktis, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!