Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Ajukan KPR Bunga Murah, Ini Syaratnya

by JTO on 23 September, 2014

Memiliki rumah sendiri adalah mimpi setiap orang. Rumah menjadi salah satu kebutuhan paling pokok, apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga. Namun, bagaimana caranya mendapatkan kredit pemilikan rumah yang tepat dengan bunga murah? Ternyata, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apa saja?

Sudah tidak bisa ditawar lagi, harga rumah selalu naik setiap tahunnya. Tidak hanya itu, tanah yang berlomba-lomba dibeli pun menjadi semakin sulit ditemukan. Ada pun, harganya akan melambung tinggi sekali, membuatnya jadi barang mewah.

Ketika ingin membeli rumah, untungnya saat ini ada banyak Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang beredar di pasaran. Hal ini jadi sangat menguntungkan untuk Anda yang sedang mencari rumah untuk ditempati bersama keluarga. Pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang tunai secara langsung saat membeli rumah. Kedua, Anda bisa menyesuaikan besaran angsuran tiap bulannya sesuai dengan kemampuan.

Keuntungan ini juga datang dengan tantangan, yaitu bagaimana cara paling tepat untuk menemukan KPR yang paling tepat untuk Anda, khususnya kpr bunga murah. Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk membantu memilih KPR paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Reputasi Bank

Mengajukan KPR ke bank secara sembarangan bisa membuat masalah di masa depan. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa ‘merasa’ ditipu oleh bank tempat Anda mengajukan KPR tersebut. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya Anda mencari informasi tentang bank-bank yang memiliki reputasi paling baik di ranah perkreditan rumah. Anda bisa memilih empat bank bereputasi paling baik sebagai pilihan.

Tenor Panjang

Sudah mendapat empat bank bereputasi baik? Sekarang saatnya Anda membandingkan tenor yang ditawarkan oleh empat bank tersebut. Pilihlah bank yang menawarkan tenor paling panjang. Tenor yang panjang memungkinkan Anda untuk membayar cicilan yang lebih ringan tiap bulannya. Hal ini bisa sangat membantu Anda di tahun-tahun pertama pembayaran cicilan, saat Anda masih menyesuaikan diri dengan pengeluaran ekstra untuk cicilan rumah. Dengan komparasi ini, Anda bisa menentukan prioritas dari bank dalam daftar Anda.

Uang Muka Ringan

Uang muka juga bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih bank yang tepat. Biasanya bank akan meminta Anda membayar uang muka sebesar 30% dari nilai total kredit Anda. Tentu saja ada juga bank yang memberikan kebijakan uang muka lebih rendah atau pun lebih tinggi. Ada baiknya Anda memilih uang muka yang lebih ringan atau yang sesuai dengan simpanan Anda, sehingga Anda tidak kesulitan membayar uang muka saat dibutuhkan.

Dokumen Lengkap

Setelah Anda menentukan bank tempat Anda akan mengajukan KPR, sekarang saatnya And mempersiapkan diri Anda. KPR merupakan kredit yang melibatkan banyak uang dan memiliki resiko yang cukup tinggi, apalagi jika kondisi ekonomi negeri sedang tidak sehat. Karena alasan itu, bank memiliki kebijakan cukup ketat sebagai syarat pengajuan KPR. Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan:

  • Kartu identitas dan kartu keluarga
    Keduanya dibutuhkan sebagai bukti bahwa Anda berusia lebih dari 21 tahun dan kurang dari 55 tahun, juga sebagai bukti status pernikahan Anda.
  • Slip Gaji, SIUP, Surat Izin Praktek
    Slip gaji asli dan juga surat keterangan dari perusahaan bahwa Anda telah bekerja secara permanen untuk perusahaan Anda selama paling tidak dua tahun kemungkinan besar akan diminta jika Anda seorang karyawan. Bagi Anda yang berwirausaha, maka Surat Ijin Usaha Perdagangan Anda bisa jadi akan ditanyakan. Jika Anda berprofesi sebagai pengacara atau dokter, misalnya, maka Surat Izin Praktek Anda sebaiknya juga disiapkan.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir atau catatan tabungan 3 bulan terakhir
    Bank akan memeriksa cashflow di rekening Anda selama 3 bulan terakhir untuk memastikan kestabilan keuangan Anda.
  • Informasi pinjaman lain
    Bank juga akan membuat kalkulasi pendapatan Anda setelah dikurangi berbagai macam cicilan atau pinjaman yang Anda miliki. Jika pendapatan Anda masih cukup untuk membayar angsuran minimal KPR, maka kemungkinan bank akan meluluskan pengajuan KPR Anda.

Ajukan KPR Anda dengan pilihan tenor menarik di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami