Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Ajukan KPR? Kenali Dulu Jenis Kreditnya

by JTO on 2 October, 2014

Ternyata, produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) itu banyak jenisnya. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit rumah, Anda wajib tahu apa saja perbedaan jenis produk ini.

Berburu rumah memang tidak mudah. Apalagi, harga rumah setiap tahun makin meningkat. Belum lagi, Anda masih dibingungkan dengan pilihan produk yang ada. Untuk mengetahui mana kredit yang cocok untuk kebutuhan Anda, salah satunya kuncinya adalah Anda harus membandingkan.

Mengenal jenis-jenis kredit rumah dari bank yang ada di pasaran ini memang sangat bisa membantu Anda. Bahkan saat Anda belum ingin membeli rumah, pengetahuan ini bisa Anda gunakan lagi di masa depan saat membutuhkannya. Jika sudah punya rumah, bagaimana? Sama saja! Sebab, kredit pemilikan rumah tidak hanya mengurusi mereka yang mencari rumah baru. Tapi juga bagi seseorang yang ingin kredit rumah bekas, bahkan membutuhkan dana dari rumah yang dimiliki saat ini melalui program KPR refinancing. Jadi, apa saja jenis yang perlu Anda ketahui?

KPR Agunan

KPR Agunan adalah produk KPR yang dalam peminjaman dananya membutuhkan agunan. Agunan ini bisa berupa aset lain milik Anda seperti tanah. Agunan ini juga bisa berupa deposito. Produk ini biasanya memiliki bunga yang lebih rendah karena bank mendapatkan agunan dari Anda. Bank milik pemerintah sangat mungkin menggunakan sistem ini dalam produk kredit pemilikan rumah yang dimiliki. Sebab, sistem lebih rendah risikonya dibanding produk kredit konvensional yang tidak memerlukan agunan apa pun. (Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sulit Membeli Rumah di Usia 30-an)

KPR Multiguna

KPR Multiguna bisa Anda dapati di bank-bank tertentu. Jika Anda familiar dengan istilah KPR Refinance maka arti dari KPR Multiguna kurang lebih sama. Produk ini merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada perorangan dengan jaminan properti. Properti ini bisa berupa rumah, apartemen, ruko, atau pun rukan. Tujuan dari produk ini adalah untuk mendapat tambahan dana segar dari bank melalui proses pindah pinjaman. Jika rumah Anda masih terikat perjanjian dengan kredit dari Bank A, namun Anda ingin memindahkan KPR Anda ke Bank B untuk mendapat dana ekstra, maka pengajuan yang dilakukan bernama KPR Multiguna Take Over. Jika Anda menginginkan KPR Multiguna dari bank yang sama, namanya pun berubah menjadi KPR Multiguna Top Up.

KPR Bersubsidi

Pernah mendengar tentang rumah murah? Rumah murah sebenarnya tidak benar-benar murah, hanya saja proses pembeliannya menggunakan KPR Bersubsidi. KPR jenis ini merupakan program dari pemerintah untuk Anda yang berpenghasilan rendah. Jika Anda belum memiliki rumah, berpenghasilan tidak lebih dari 3,5 juta, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), memiliki Surat Pernyataan Penghasilan (SPT), dan tidak keberatan dengan rumah yang memiliki luas tidak lebih dari 72 meter persegi, maka Anda bisa mencoba mengajukan permohonan KPR Bersubsidi.

KPR Syariah

KPR Syariah merupakan salah satu jenis produk pilihan bagi Anda yang gemar dengan produk-produk syariah. KPR syariah memiliki beberapa alternatif pilihan akad sesuai kebutuhan. Namun, yang paling banyak ditawarkan adalah skema jual beli (murabahah). Skema tersebut adalah di mana pihak bank syariah akan membeli rumah yang diinginkan sebesar harga rumah tersebut. Kemudian, bank syariah akan menjualnya kepada Anda. Harga jualnya biasanya sudah ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank syariah dan Anda.  Produk ini juga memberi kebebasan memilih perjanjian yang sesuai dengan kebutuhan. (Baca juga: Cara Mudah Siapkan Uang Muka KPR)

KPR Konvensional

KPR Konvensional adalah jenis produk kredit rumah yang umum ditemui di mana saja. Produk ini tidak eksklusif dimiliki oleh satu bank saja sehingga KPR ini bisa Anda temui di bank yang satu dan bisa Anda temui di bank yang lain. KPR ini tidak membutuhkan agunan, namun Anda harus bisa memenuhi syarat dari bank. Suku bunga yang digunakan biasanya rendah di beberapa bulan pertama dan naik mengikuti fluktuasi bunga pasar di bulan berikutnya.

Ajukan sekarang juga berbagai jenis produk KPR sesuai kebutuhan Anda di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami