Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Ajukan KTA? Cek Dulu Simulasi Perhitungannya

by Rafly Aditia on 26 Agustus, 2017

biaya kredit rumah _ KPR - CekAja.com

Mulai dari syarat, jumlah cicilan, hingga simulasi kredit jumlah pinjaman KTA yang akan diajukan bisa dihitung dan diketahui secara online.

Makanya, sekarang banyak sekali orang yang memilih untuk menggunakan produk keuangan satu ini ketika sedang membutuhkan dana dalam jumlah cukup besar dan waktu yang mendesak.

Namun, tidak sedikit juga orang yang masih takut mengajukan pinjaman ini karena menganggap bahwa pengurusan dan pengajuannya sulit, perhitungannya membingungkan karena tidak mengerti simulasi perhitungan cicilan dan pinjamannya.

Padahal tidak perlu berpikir seperti itu, karena nyatanya untuk mengajukannya sangat mudah dan tidak ribet, serta perhitungan cicilan bulanannya sangat mudah, dalam artikel kali ini CekAja.com akan memberitahukan bagaimana simulasi untuk menghitung jumlah cicilan bulanan, tetapi simak dulu beberapa poin penting seputar kredit tanpa jaminan ini;

Untuk apa KTA digunakan?

Kredit Tanpa Agunan baisanya digunakan untuk berbagai pembiayaan mengingat kredit ini merupakan salah satu produk perbankan yang mduah diakses, cepat pencairannya, serta memiliki banyak manfaat. Biasanya orang-orang mengajukan pinjaman dana tunai ini untuk beberapa alasan berikut, antara lain: Membayar biaya rumah sakit, menambah dana untuk biaya pernikahan, membayar biaya Pendidikan, hingga salah satu yang paling sering terjadi di lapangan adalah untuk dijadikan tambahan modal bisnis.

Tidak perlu takut saat mengajukannya, mengapa demikian? Karena selama yakin dengan kondisi finansial dapat membayar cicilan per bulannya, dan uang yang didapatkan dari pengajuan dapat menutupi berbagai kebutuhan maka terbilang sangat bermanfaat.

Apalagi kalau menggunakannya sebagai modal usaha atau bisnis. Jika dijadikan sebagai modal bisnis, maka mungkin saja bahwa nantinya justru anda akan mendapatkan untuk berkali-kali lipat dari jumlah pinjaman yang diajukan.

Walau begitu, pastikan betul pada saat mengajukan kreditnya bisa menimbangnya dengan bijak dan matang. Hindarilah pemikiran bahwa utang merupakan hal yang menakutkan, karena justru dengan utang anda dapat menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi dan mungkin saja utang tersebut justru dapat berputar dan memberikan keuntungan lewat bisnis atau usaha yang dibangun.

Tetapi ingat, anda perlu menghitung secara seksama lewat simulasi KTA yang simpel dan mudah, agar mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus dibayar jika anda mengajukan pinjaman dalam jumlah dan tenor waktu tertentu.

Simulasi KTA untuk hitung cicilan

tips belanja hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Sebenarnya, ada rumus cepat dalam melakukan perhitungan jumlah cicilan yang harus dibayarkan per bulan saat mengajukannya. Bagi yang penasaran bagaimana simulasi dan cara menghitungnya, langsung saja CekAja.com berikan contohnya!

Contoh kasus: Anda mengajukan pinjaman dan tidak memiliki utang kartu kredit atau yang lainnya, jumlah pinjaman yang diajukan sebesar Rp 20 juta, dengan jangka waktu pinjaman selama 12 bulan. Bunga pinjaman yang telah ditetapkan oleh bank terkait adalah 12 persen setiap tahunnya, maka jumlah cicilan per bulan yang harus dibayarkan oleh Anda adalah sebagai berikut:

  • Jumlah Pinjaman = Rp 20 juta
  • Bunga = 12 %
  • Cicilan poko per bulan = Rp 20.000.000 / 12 bulan = Rp 1.666.666
  • Bunga pinjaman per bulan = Rp 20.000.000 x 12% / 12 bulan = Rp 200.000
  • Jumlah cicilan tetap per bulan = Jumlah cicilan pokok + bunga pinjaman per bulan
  • Jumlah cicilan tetap per bulan = Rp 1.666.666 + Rp 200.000 = Rp 1.866.666

Lewat perhitungan simulasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa saat mengajukan pinjaman sebesar Rp 20 juta dengan tenor selama 12 bulan dan bunga sebesar 12% per tahun, maka jumlah cicilan yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 1.866.666 per bulannya.

Mengingat rasio utang maksimal adalah 30%, maka jika ingin disetujui dan disegerakan pencairannya maka jumlah penghasilan per bulan yang dimiliki harus melebihi angka Rp 6.3 juta. Dengan gaji atau pendapatan bulanan melebihi Rp 6.3 juta per bulan, jumlah cicilan sebesar Rp 1.86 juta bukan merupakan hal yang memberatkan kondisi keuangan.

Sudah tahu bagaimana cara perhitungan simulasi kreditnya? Apabila ingin mengajukan pinjaman, segera lakukan dulu perhitungannya secara matang lewat simulasi diatas!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami