Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!

by Gito on 15 Januari, 2020

Buat kamu yang bekerja, tentu merasakan bahwa waktu produktif lebih banyak dihabiskan di kantor. Betapa tidak, dari 12 jam waktu aktivitas manusia, 8 hingga 10 jam atau bahkan lebih dilakukan di kantor. Hingga ada kiasan yang mengatakan bahwa kantor adalah rumah kedua. Oleh karena itu penting untuk menjaga iklim komunikasi dan juga emosi di kantor tetap asyik, nyaman dan aman.

Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!

Kamu bisa mulai menghitung berapa jam yang bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga. Paling tidak sekitar 3 hingga 4 jam dalam sehari. Selebihnya memang tetap dirumah, tetapi dihabiskan untuk istirahat.

Oleh karena itu, segala cara dilakukan oleh manajemen untuk membuat situasi di lingkungan kantor nyaman dan hangat.

Hubungan yang diharapkan terjalin juga bukan hanya sebatas hubungan kerja, melainkan hubungan personal yang lebih cair dan tidak dipusingkan dengan hierarki.

Nah berikut merupakan 4 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di kantor. Tujuannya agar iklim pekerjaan tetap bisa berjalan dengan nyaman dan baik.

Dengan iklim pekerjaan yang semakin baik, produktivitas pekerjaan kamu juga bakal semakin meroket. Akhirnya sudah dapat ditebak, rejeki yang dibawa kerumah juga bisa semakin banyak. Asyik kan.

(Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor)
1. Disiplin pekerjaan
Disiplin pekerjaan - Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!
source: webcomicms.net

Para orang tua sering kali mengingatkan tentang kedisiplinan. Disiplin untuk bangun pagi, membersihkan rumah dan banyak hal disiplin lain yang diterapkan didalam keluarga untuk menciptakan pola hidup yang baik.

Nah ternyata disiplin juga sangat baik diterapkan di lingkup pekerjaan. Dengan kedisiplinan kamu bisa mengatur waktu dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan beban kerjanya.

Mulailah dari hal terkecil seperti disiplin untuk tidak terlambat datang ke kantor. Jangan menyerah dengan kemalasan. Paksa tubuhmu ke level yang seharusnya.

Dengan begitu, kamu juga bisa menghindari adanya omongan-omongan miring terhadap diri kamu. Lewat kedisiplinan juga kamu bisa menjadi role model kerabat di kantor lainnya.

2. Berpikiran positif
Berpikiran pBerpikiran positif - Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!ositif
source: positivebeverage.com

Intrik di dalam lingkungan pekerjaan memang tidak dapat dihindari. Tetapi usahakan untuk selalu berada didalam rel. Upayakan untuk bisa menafsirkan segala sesuatu dengan positif. Jangan ada tendensi dalam menyimpulkan apapun.

Karena jika kamu tidak bisa menghindari pikiran negatif, bakal mempengaruhi produktivitas kinerja kamu.

Selain itu, kamu bakal terus mempengaruhi teman satu profesi untuk satu pemikiran untuk kamu.

Percayalah, itu tidak sehat. Baik untuk pikiran maupun untuk jiwamu. Tanggapi semua hal kebaruan dengan optimistis dan positif. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan atas hal yang terjadi dengan emosi.

3. Tertawa pada tempatnya
Tertawa pada tempatnya - Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!
source: hbs.edu

Buat kamu yang humoris dan suka berkelakar, jangan terlalu kencang tertawa.

Meskipun banyak penelitian yang menyebukan bahwa tertawa itu baik untuk pikiran dan tubuh, tetap tidak semua orang bisa menerima tertawa kamu.

Bisa jadi hal itu malah akan mengganggu konsentrasi rekan kerjamu. Selain itu, kamu juga berpotensi dianggap orang yang tidak serius.

Khawatirnya, hal itu bisa berpengaruh pada karirmu kelak. Jadi tertawalah pada tempatnya. Jika kamu sedang berada di kantin ataupun di kondisi yang santai, tertawalah, lepaskan hasratmu.

Tetapi saat lingkungan sekitarmu sedang sibuk bekerja, hargailah mereka dan dukung kerja kerasnya dengan sikap baik dari kamu.

(Baca juga: Pilihan Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Single Parent)
4. Mengambil barang tanpa izin
Mengambil barang tanpa izin - Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!
source: flyspaces.com

Kamu tentu sering meminjam barang teman kerja kamu. Usahakan untuk selalu meminta izin saat akan meminjam.

Jangan karena kamu anggap sudah akrab dan dekat, kamu bisa seenaknya menggunakan barang orang lain tanpa izin.

Ingat itu bukan barang kamu. Jadi meminta izin itu merupakan suatu kewajiban.

Dengan begitu, teman kerja kamu akan merasa dihargai dan kamu juga akan mendapatkan kepercayaan. Jangan lupa untuk mengembalikannya tepat waktu.

Perihal makanan juga kadang dianggap sepele namun ternyata penting untuk diperhatikan. Jangan mengambil makanan yang bukan makananmu, meskipun itu diletakkan di pantry kantor sekalipun.

Lakukan hal tersebut diatas dan dijamin iklim pekerjaan kamu akan menjadi nyaman dan hangat.

Karena adanya rasa saling menghargai dan juga menghormati. Jangan juga lupa untuk berpikir mandiri secara finansial, butuh modal? Ajukan di CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit