Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Bebas Stress di Tahun 2017? Cukup Lakukan 5 Olahraga Ini

by Rafly Aditia on 4 Januari, 2017

tips olahraga - CekAja.com

Olahraga merupakan kegiatan yang harus rutin dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tetapi, manfaat olahraga bukan hanya itu, karena beberapa olahraga ternyata bermanfaat menghilangkan stres yang mengendap di pikiran seseorang.

Tidak hanya bikin kamu lebih bugar, berikut 5 olahraga yang terbukti secara ilmiah dapat melepas stres:

Tinju

Olahraga tinju atau boxing merupakan salah satu olahraga yang sangat efektif untuk menghilangkan stres. Kebanyakan orang awam berpendapat bahwa berlatih tinju seperti saat memukul sand sack, maka sifat agresivitas yang akan berkembang.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas - CekAja.com

Namun penelitian berkata lain, bertinju terbukti dapat melepas stress pada tubh dan mental lewat setiap pukulan yang ada. Dengan bertinju, hormon kortisol dalam tubuh dilepaskan dan tubuh akan memproduksi hormon endorfin lebih banyak sehingga perasaan jadi lebih senang. (Baca juga: Jadikan 3 Langkah Ini Resolusi Diet Tahun 2017, Cukup Dilakukan Sehari)

Renang

Kabar baik untuk kamu yang suka berenang. Faktanya olahraga satu ini efektif mengurangi tingkat stres. Sebuah penelitian dari Ipsos Mori menunjukkan bahwa 74 persen orang yang rutin berenang dapat melepaskan stres serta ketegangan.

Ketika kamu berenang, aliran darah ke otak akan lebih lancar sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik. Karena hal itu pula kerja otak jadi lebih efektif dan gangguan atau tekanan lain seperti stres dapat berkurang.

Menari

Dancing atau menari juga merupakan salah satu aktivitas olahraga yang baik untuk tubuh dan pikiran. Berdasarkan penelitian Orebro University Hospital, orang yang suka menari cenderung memiliki ketenangan yang lebih besar sehingga dapat menangani berbagai masalah dengan lebih baik.

Lewat gerakan-gerakan yang kamu lakukan serta alunan musik, hormon penyebab stres dilepaskan selama kamu melakukan kegiatan menari.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Lompat tali

Jangan remehkan olahraga yang satu ini. Walau terlihat simpel dan mudah dilakukan ternyata lompat tali sangat bermanfaat. Yup, lompat tali mampu menjadi olahraga alternatif untuk menghilangkan stres. Sebab, olahraga berintensitas tinggi satu ini mampu melepaskan hormon endorfin dari tubuh seseorang untuk memunculkan perasaan bahagia.

Olahraga ekstrem

Berbagai olahraga ekstrem juga sangat efektif untuk kamu yang ingin melepas stres. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bardo menunjukkan bahwa orang yang suka dengan tantangan dan risiko memiliki kadar dopamin lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Seperti yang kita ketahui hormon dopamin merupakan hormon yang menimbulkan stres. (Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Akan Keluar di Tahun 2017)

Dengan melakukan olahraga ekstrem, adrenalin seseorang juga menjadi lebih terpacu sehingga rasa stres yang tersimpan dalam tubuh dapat keluar melalui teriakan ketika melakukan olahraga ekstrem.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami