Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Belajar Mengatur Keuangan Sambil Main Game? Ini 5 Game yang Direkomendasikan

by Rafly Aditia on 27 Januari, 2016

Melakukan pengaturan keuangan adalah hal yang wajib kamu lakukan sejak dini. Karena, semakin baik kamu mengelola keuangan, maka semakin cerah pula masa depanmu. Sayangnya, belajar mengatur keuangan sering diidentikkan dengan hal yang membosankan.

Padahal,  pandangan tersebut tidak relevan mengingat mengatur uang bisa dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Bahkan, beberapa game PC maupun Smartphone juga bisa membantu serta mengajarimu mengatur keuangan. Mau belajar mengatur uang sambil main game? Ini 5 game yang harus kamu jajal:

Football Manager

Bagi pria, game berbau sports terutama sepakbola adalah game yang paling difavoritkan. Terutama bagi mereka yang pecinta sepak bola sejati, bermain game sepakbola bisa dibilang tempat menuangkan hasratnya pada si kulit bundar.

Salah satu game sepak bola paling populer adalah Football Manager. Game ini hadir di konsol, mulai dari Playstation, PC, bahkan mobile sekalipun. Dalam game ini kamu seolah menjadi seorang manajer yang mengurus klub sepakbola. Mulai dari membangun skuad yang dalam, mengatur pengeluaran dan pemasukan tim seperti bernegosiasi saat transfer, hingga hal paling spesifik seperti menentukan gaji pemain.

Game yang satu ini membuktikan bahwa belajar mengatur keuangan dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

(Baca juga: Percaya atau Tidak, Daftar Mainan Ini Hanya Ada di Rumah Anak Miliarder)

Zoo Tycoon

Permainan satu ini akan membawamu menjadi pengurus pemula sebuah kebun binatang. Kamu akan merintis kebun binatangmu mulai dari titik nol hingga menuju kesuksesan. Berbagai macam binatang bisa kamu tempatkan di kebun binatang ini, tetapi semuanya harus disesuaikan dengan selera pengunjung dan kondisi keuanganmu.

Di sini kamu perlu mengatur biaya pengeluaran seperti gaji pegawai, makanan untuk binatang agar tidak lebih besar daripada pemasukan dari tiket masuk pengunjung kebun binatang.

Get Rich

Game mengatur keuangan satu ini merupakan yang paling laris di mobile phone. Sesuai dengan namanya, Get Rich adalah permainan monopoli moderen. Dalam permainan ini, kamu akan bersaing dengan lawan-lawanmu untuk mengumpulkan uang tunai, pembelian properti, hipotek dan uang sewa dari segala aset yang dimiliki.

Hay Day

Bagi kamu yang menyukai permainan ringan namun memiliki manfaat banyak untuk mempelajari bagaimana caranya mengatur keuangan, mungkin Hay Day adalah pilihan yang tepat. Game yang satu ini akan mengajarkan kamu cara mengelola peternakan dan kebun.

(Baca juga: Mereka Bisa Kaya Melalui Kompetisi Games dan Menang Lotre)

The SIMS

Sejak menjadi tren pada tahun 2000an, The SIMS nampaknya memang tidak dapat dipisahkan dari pecinta game. Dalam game simulasi kehidupan ini kamu akan benar-benar belajar bagaimana caranya mengatur keuangan dan meraih kesuksesan dalam hidup.

Dalam permainan ini, kamu seolah menjalani kehidupan nyata mulai dari bekerja untuk mendapatkan gaji, mengeluarkan uang untuk makan, hingga pergi traveling saat libur bekerja. Bahkan, dalam game ini kamu juga dituntut untuk mengejar karir agar bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami