Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Beli Barang Elektronik untuk Lebaran? Cek 6 Tip Ini!

by Achmad Fauzi on 21 Mei, 2018

Salah satu hal yang paling ditunggu kedatangannya selama Ramadan adalah THR alias Tunjangan Hari Raya. Nah, tak jarang orang yang berencana menggunakan THR untuk membeli barang elektronik baru. Apakah Anda juga punya niat semacam itu? Yuk simak tipnya!

Jenius - CekAja

Membeli barang elektronik sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Anda harus teliti dan cerdas dalam membeli barang elektronik. Jangan sampai, barang elektronik yang Anda beli sia-sia tak terpakai atau malah rusak sebelum dipakai.

Nah, berikut tip yang bisa Anda lakukan sebelum membeli barang elektronik.

Beli di pusat toko elektronik

Jika Anda ingin membeli barang elektronik, disarankan untuk membeli di pusat toko elektronik. Karena di pusat toko elektronik, berbagai macam pilihan barang elektronik tersedia.

Sebelum membeli barang elektronik, Anda bisa membandingkan harga dan merek yang Anda inginkan. Sehingga, Anda bisa membeli barang elektronik sesuai dengan bugdet yang dimiliki. Toko pusat elektronik misalnya Electronic City, Electronic Solution, dan lain-lainnya.

(Baca juga: 5 Moda Transportasi Mudik yang Mewah)

Beli di toko yang kredibel

Setelah Anda membandingkan harga di pusat elektronik, maka yang Anda lakukan selanjutnya Anda harus membeli barang elektronik toko yang kredibel. Usahakan, cari yang di toko kredibel atau bisa di toko langganan Anda.

Karena, jika membeli di toko langganan, Anda bisa mendapatkan potongan harga. Dan, jika membeli di toko yang kredibel, maka Anda bisa terhindar dari barang-barang elektronik yang palsu atau barang elektronik refurbish.

Cek kondisi barang elektronik

Sebelum membeli, Anda terlebih dahulu harus mengecek kondisi barang elektronik yang Anda incar. Hal ini bertujuan agar bisa terhindar dari barang elektronik yang cacat. Anda harus mengecek dengan teliti mulai dari mulai dari fungsinya sampai kondisi body-nya.

Mengecek kondisi barang sangat penting, jadi jika sewaktu-waktu Anda komplain, Anda tak disalahkan atas kerusakan yang timbul bukan karena ulah Anda.

Jangan lupa, Anda juga perlu tanyakan perihal garansi barang elektronik sebelum membeli. Apabila sewaktu-waktu barang rusak tanpa sebab, maka Anda bisa mengembalikan ke toko elektronik.

Pilih merek yang terpercaya

Jangan coba-coba Anda membeli barang elektronik dengan merek yang tidak jelas, karena barang elektronik Anda tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli barang elektronik yang terpercaya dan terkenal serta mempunyai reputasi yang baik seperti Samsung, LG, dan lain-lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu melihat garansi dan servis yang tersedia dari merek tersebut. Itu berguna, jika di kemudian hari barang elektronik Anda mengalami kerusakan, barang Anda bisa langsung diservis dengan cepat oleh perusahaan merek elektronik tersebut.

Beli barang elektronik sesuai kebutuhan

Perlu Anda ingat, jangan membeli barang elektronik hanya karena lapar mata. Anda harus pikirkan, apakah barang elektronik sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jika belum sesuai, maka urungkan niat untuk membeli barang elektronik. Namun jika memang dirasa perlu, Anda bisa membelinya dan gunakan cara di atas.

Itulah beberapa tip yang bisa digunakan sebelum Anda membeli barang-barang elektronik. Sangat berguna bukan?

Kartu kredit bisa membantu Anda memiliki barang elektronik yang Anda butuhkan. Membeli barang elektronik lebih mudah karena bisa dicicil dengan kartu kredit.

(Baca juga: Ini Bukti Investasi Makin Mudah dan Murah, Yuk Cek!)

Anda bisa mengajukan kartu kredit di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan pilihan kartu kredit berbagai bank. Tunggu apalagi, yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit di CekAja.com.

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.