Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Berburu Kue Lebaran? Cek Hal-hal ini!

by Achmad Fauzi on 5 Juni, 2018

Ramadan akan berakhir dalam hitungan hari lagi. Setelah itu, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri. Nah, sebelum hari raya tiba, masyarakat biasanya mulai berburu kue kering untuk disuguhkan kepada para tamu.

makanan sehat _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Kue kering memang menjadi pilihan populer sebagai sajian untuk Lebaran. Kue kering menjadi pilihan karena selain rasanya yang enak, kue kering juga tergolong makanan yang awet. Dengan begitu, tuan rumah tak perlu repot menyiapkan makanan untuk tamu setiap hari, karena kue kering tahan dalam waktu cukup lama.

Nah, sebelum Anda berburu kue untuk Lebaran, Anda harus mengecek hal-hal berikut ini.

Cek promo di minimarket atau toko grosir

Sebelum Anda membeli kue, pastikan Anda mengecek promo yang ada di minimarket. Biasanya, minimarket, swalayan, dan toko grosir memberikan promo berupa potongan harga. Anda bisa mencari informasi tentang promo di website resmi minimarket, swalayan, dan toko grosir.

Jangan lupa, bandingkan harga kue lebaran di beberapa minimarket, swalayan, dan toko grosir. Sehingga, Anda bisa mendapatkan harga yang paling murah. Dengan begitu, Anda dapat membeli kue lebaran sesuai bujet Anda. (Baca juga: Tenang, BI Yakin Bunga Kredit Tidak Akan Naik Dalam Waktu Dekat Ini)

Cek jenis kue yang akan dibeli

Anda harus tahu jenis-jenis kue yang ingin dibeli. Jangan sampai Anda sembarangan membeli jenis kue padahal Anda tak menyukai kue tersebut. Belilah jenis kue yang sesuai dengan lidah keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mencatat jenis-jenis kue yang akan dibeli sebelum berbelanja. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran yang terlalu besar, karena setiap kue memiliki harga yang berbeda-beda.

Cek tanggal kadaluarsa

Perlu Anda ingat, ketika sudah membandingkan dan memilih kue lebaran di minimarket, swalayan dan toko grosir, Anda harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari kue tersebut. Sehingga aman untuk dikonsumsi saat lebaran nanti.

Lihat juga dengan teliti apakah kue kering yang Anda beli memiliki label halal, agar aman dikonsumsi bersama keluarga. Pastikan juga siapa yang memproduksi kue tersebut, agar terhindar dari merek-merek bodong yang tidak jelas.

Cek kemasan kue

Anda juga harus teliti untuk mengecek kembali kemasan kue tersebut. Apakah kemasan mengalami kerusakan atau kemasan tidak tertutup rapat? Jika terlihat rusak, maka Anda harus hati-hati, berarti kue lebaran itu sudah tidak laik untuk dimakan.

Apalagi, jika kemasan kue tidak tertutup rapat, Anda harus berpikir dua kali untuk membeli kue itu. Bisa saja, kue yang kemasannya tidak tertutup rapat telah tercampur dengan bakteri. Hal tersebut akan mengancam kesehatan Anda. (Baca juga: Rekrutmen CPNS 2018 Dibuka Bulan Juli, Ini Posisi Yang Dicari!)

Cek rasa kue

Upayakan untuk mengecek rasa kue sebelum membelinya. Pastikan, Anda selalu mencicipi rasa kue yang Anda ingin beli. Caranya, dengan meminta tester kue kepada penjual. Jika Anda perempuan, Anda bisa mencicipi disaat tidak berpuasa yaitu saat berhalangan.

Selain itu, jangan mudah tergoda dengan tampilan kue kering yang menarik. Terkadang, tampilan yang menarik tidak sesuai dengan rasa kue yang enak.

Cek kondisi kue 

Mengecek kondisi kue yang ada di dalam wadah juga sangat penting. Khususnya pada kue-kue kering seperti nastar dan lidah kucing. Biasanya, kue-kue itu ditempatkan di toples yang transparan. Sehingga, Anda bisa mengecek kue tersebut apakah kondisinya masih utuh atau tidak.

Hindari membeli kue yang sudah dalam kondisi pecah, hancur, atau sudah tidak utuh. Kadang-kadang, para penjual suka tidak peduli dengan tata letak kue sehingga ada beberapa kue yang hancur.

Itulah beberapa hal yang harus Anda cek sebelum membeli kue lebaran. Dengan mengikuti hal itu, Anda bisa mendapatkan kue lebaran yang terbaik, murah, dan mempunyai cita rasa yang enak.

Namun, jika uang THR Anda sudah menipis karena membeli berbagai keperluan, Anda tak perlu takut tidak bisa membeli kue Lebaran. Biasanya, minimarket, swalayan, dan toko grosir menerima pembayaran dengan kartu kredit. Anda pun tetap bisa membeli kue dengan kartu kredit Anda. (Baca juga: Mengenal Cedera Bahu Mohamed Salah dan Berbagai Penyebabnya)

Nah, bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com. Dengan cara yang mudah dan respon yang cepat Anda bisa memiliki kartu kredit dari berbagai bank. Yuk, segera ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami