Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Berburu Mobil di Pameran Otomotif? Cek Kiat-kiatnya!

by Tisyrin N. T on 3 Agustus, 2018

Apa rencana Anda akhir pekan ini? Bagi Anda yang tinggal di area Jabodetabek, bisa mengisi akhir pekan dengan mendatangi ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 di ICE BDS City, Tangerang.

beli mobil - CekAja.com

Mobil saat ini memang menjelma menjadi salah satu kebutuhan yang penting terutama bagi penduduk kota besar. Melirik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan partai besar mobil dari pabrik ke diler alias wholesales tercatat mencapai 553.757 unit pada semester pertama 2018, naik dibandingkan periode yang sama 2017 yang mencapai  533.506 unit.

Nah, apakah Anda berencana membeli mobil? Membeli mobil di pameran otomotif memang terbilang pilihan yang tepat. Selain karena banyak sekali pilihan, pameran otomotif juga biasanya menawarkan berbagai promo yang akan menguntungkan Anda.

(Baca juga: GIIAS 2018 Digelar Agustus, Waktunya Berburu Mobil)

Selain itu, Anda akan disuguhi berbagai mobil keluaran terbaru. Secara total, setidaknya akan ada 40 kendaraan baru dan konsep yang akan meluncur di GIIAS tahun ini.

Yuk simak kiat berburu mobil di pameran!

Lakukan persiapan

Penting sekali untuk melakukan persiapan sebelum mendatangi pameran. Persiapan yang dimaksud adalah mulai dari mengecek jadwal pameran otomotif yang akan berlangsung. Selain tanggal dan lokasinya, cek pula berapa tiket masuknya.

Yang tak kalah penting adalah tentukan bujet yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil, cara pembeliannya yaitu secara tunai atau kredit, hingga kriteria jenis mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

(Baca juga: Berbagai Mobil Mewah Para Bintang Sepak Bola, Cek di Sini!)

Dengan persiapan semacam itu, Anda akan lebih mudah menemukan mobil yang sesuai kebutuhan saat berada di pameran. Anda pun akan membeli mobil yang harganya paling sesuai dengan bujet yang telah Anda siapkan.

Mengapa persiapan perlu dilakukan? Karena pada pameran otomotif biasanya berhamburan promo menarik yang bisa membuat Anda tergoda dan pada akhirnya membeli mobil yang tidak sesuai kebutuhan Anda.

Cari informasi tentang promo

Seperti telah disebutkan, pada sebuah pameran otomotif biasanya akan bertabur promo. Jika sales yang menemui Anda tak menawarkan promo apa pun, bertanyalah dengan kemungkinan adanya promo yang sedang berlangsung.

(Baca juga: Begini Cara Dapat Pinjaman untuk Modifikasi Kendaraan)

Peserta pameran tak sungkan memberikan promo karena pada suatu pameran otomotif, biasanya mereka mendulang untung cukup besar. Promo bisa berupa cashback, diskon, hingga bonus dan paket cicilan khusus. Manfaatkan dengan baik kesempatan tersebut untuk menghemat bujet yang telah Anda siapkan.

Jangan sungkan bertanya

Selagi bisa melihat secara langsung berbagai jenis mobil, jangan sungkan untuk bertanya pada sales atau pihak terkait sebanyak-banyaknya. Tanyakan dengan fitur mobil, perusahaan pembiayaan yang bekerjasama, simulasi pembiayaan mobil, dan sebagainya.

Dapatkan informasi sejelas-jelasnya untuk memudahkan Anda dalam memilih mobil yang paling tepat. Jangan sampai Anda menyesal setelah membelinya hanya karena kurang teliti saat membelinya.

(Baca juga: Harga BBM Non Subsidi Naik, Ini Tips Agar Mobil Irit Bahan Bakar)

Tak perlu terburu-buru

Jangan berpikir bahwa sekali mendatangi pameran, Anda harus langsung mendapatkan tunggangan yang Anda butuhkan. Datanglah di hari lain jika belum mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Ingat, Anda akan mengeluarkan uang dalam jumlah tak sedikit, maka bersikaplah bijak. Anda jangan terlalu mudah tergiur dengan tawaran sales sehingga membeli mobil yang tak sesuai kebutuhan. Jadi, selama menjelajahi pameran, tetaplah santai dan tenang, jangan terburu-buru mengambil keputusan.

Manfaatkan test drive

Usahakan agar Anda mendapatkan kesempatan untuk melakukan test drive. Melalui test drive, Anda akan lebih mudah untuk menentukan apakah Anda cocok atau tidak dengan sebuah mobil. Ingat, saat test drive, Anda memiliki pengalaman mengendarai secara langsung, sehingga ini akan sangat memudahkan dalam mengambil keputusan.

(Baca juga: BI Sempurnakan Aturan DP Rumah, Apa Bedanya dengan yang Lama?)

Namun, jika ingin melakukan test drive, datanglah saat weekday agar tidak terlalu mengantri. Saat weekend, bisa dipastikan banyak sekali pengunjung yang datang ke pameran dan tertarik mengikuti test drive.

Bagaimana? Sudah siap membeli mobil? Nah, jika Anda berniat membeli mobil, jangan lupa untuk mengenal dan memahami tentang asuransi kendaraan bermotor.

CekAja.com sebagai e-commerce finansial pertama di Indonesia menyediakan asuransi kendaraan bermotor dari berbagai perusahaan asuransi ternama. Anda dapat mengajukan asuransi kendaraan bermotor secara online untuk menghemat waktu. Yuk cek!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami