Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Daftar CPNS? Cek 4 Golongan Gajinya!

by Sindhi Aderianti on 20 September, 2018

Lowongan CPNS selalu ramai diminati. Jumlah pendaftar setiap tahunnya saja bisa mencapai lebih dari 5-6 juta orang. Anda juga tertarik? Jika iya, tentu Anda juga penasaran dengan berapa gaji pokok PNS bukan?

tips naik gaji - CekAja.com

Dari jumlah tersebut,  masih akan disaring lagi siapa saja yang lolos administrasi untuk diikutsertakan dalam tes. Namun jangan khawatir, formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS 2018 cukup banyak yakni 238.015 kuota. Sebanyak 51.271 formasi dibuka untuk penerimaan di 76 Kementerian dan Lembaga. Sisanya, 186.744 formasi untuk penempatan di 525 Pemerintah Daerah.

Gaji Pokok PNS

Dengan membludaknya jumlah peminat, tentu ada ‘magnet’ besar di balik itu semua. Salah satunya soal gaji. Berapa sebenarnya gaji pokok yang dijanjikan saat menjadi seorang PNS?

(Baca juga: Proses Pendaftaran CPNS Bakal Lebih Mudah, Cek di Sini!)

Gaji pokok PNS pada dasarnya sudah mengalami kenaikan sebesar 6 persen di tahun 2015. Hal ini ditetapkan secara resmi pula oleh Presiden Joko Widodo dengan menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 mengenai Gaji Pokok Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan peraturan gaji pokok yang masih berlaku hingga tahun 2018 tersebut, gaji pokok PNS seyogyanya dibagi ke dalam 4 golongan berbeda. Berikut rincian masing-masing jumlahnya:

Golongan I (Juru)

Golongan I merupakan jenjang kepangkatan yang meliputi golongan I/a hingga I/d. Biasanya disebut juga sebagai juru. Apabila dilihat dari persyaratan golongannya, maka yang menempati golongan ini adalah mereka dengan pendidikan formal jenjang sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, atau yang setingkat.

Dengan begitu, maka gaji pokok PNS yang diterima adalah mulai dari Rp1.486.500 sampai dengan Rp2.558.700.

(Baca juga: Waspada! Banyak Situs Hoax Penerimaan CPNS 2018)

Golongan II (Pengatur)

Pengatur merupakan jenjang kepangkatan untuk PNS golongan II/a hingga II/d. Sebutannya secara berjenjang meliputi pengatur muda, pengatur muda tingkat I, pengatur, dan pengatur tingkat I. Jika dilihat dari persyaratan golongannya maka yang menempati golongan ini adalah mereka dengan pendidikan formal jenjang sekolah lanjutan atas hingga diploma III, atau yang setingkat.

PNS dengan golongan II memiliki gaji pokok PNS sebesar Rp1.926.000 (terendah) dan Rp3.638.200 (tertinggi).

Golongan III (Penata)

Selanjutnya, golongan III. Golongan penata ini terdiri dari golongan III/a hingga III/d dengan sebutan secara berjenjang: penata muda, penata muda tingkat I, penata, dan penata tingkat I. Pendidikan formal PNS yang menempati golongan ini adalah S1 dan Diploma IV ke atas.

PNS golongan III memiliki gaji pokok PNS terendah Rp2.456.700 dan tertingginya Rp4.568.800.

Golongan IV (Pembina)

Termasuk golongan tertinggi, pembina memiliki jenjang kepangkatan yang terdiri  golongan IV/a hingga IV/e. Sebutannya ialah pembina, pembina tingkat I, pembina utama muda, pembina utama madya dan pembina utama. Sebagai jenjang tertinggi, kepangkatan ini tentunya dapat diperoleh sesudah melalui perjalanan karir yang panjang sebagai PNS.

Adapun nilai gaji golongan IV yang terendah adalah Rp2.899.500 dan tertinggi Rp5.620.300.

Gaji pokok PNS yang telah disebutkan tadi pastinya belum termasuk tunjangan PNS. Tunjangan ini juga memiliki banyak macam dengan nilai beragam di tiap instansi. Beberapa tunjangan yang dinilai bisa mengerek pendapatan bulanan PNS adalah tunjangan kinerja dan tunjangan jabatan fungsional.

(Baca juga: Yuk Cek, Apa Saja Manfaat Digital Onboarding?)

Langkah-Langkah Mendaftar CPNS

Sudah siap menjadi peserta seleksi CPNS? Tak lama lagi pendaftaran online CPNS 2018 segera dibuka. Jika ini kali pertama Anda menjadi pelamar, tidak usah bingung. Tahap-tahap pendaftarannya cukup mudah, diantaranya adalah:

Buat akun SSCN 2018
  • Buka http://sscn.bkn.go.id/, pilih menu registrasi
  • Ketika membuat akun tersebut, Anda wajib mengisi beberapa data diri seperti NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Isi alamat email aktif
  • Beri password beserta pertanyaan keamanan
  • Upload pas photo dengan maksimum ukuran 200kb
  • Setelah akun jadi, jangan lupa cetak kartu informasi akun Anda sebagai bukti kepemilikan akun SSCN
Login ke portal SSCN
  • Upload foto diri dengan memegang KTP asli dan kartu informasi akun SSCN
  • Pilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan terakhir
  • Lengkapi data pada form yang tersedia
  • Upload dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan instansi
  • Cek isian yang telah dilengkapi pada form resume
  • Terakhir, cetak kartu pendaftaran SSCN 2018

Setelah tahu gaji pokok PNS beserta langkah-langkah pendaftarannya di atas, sekarang giliran Anda mempersiapkan semua dokumen-dokumen yang biasanya paling dibutuhkan seperti SKCK. Sebab, proses mengeluarkan SKCK juga cukup memakan waktu, lho.

Oh ya perlu diingat kembali, pelamar hanya dapat memilih 1 jabatan pada 1 formasi dan 1 instansi. Oleh karena itu, tentukan dari sekarang jabatan mana yang paling cocok untuk Anda.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami