Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Dapat Tiket di Travel Fair? Waspadai 5 Hal Ini

by Sindhi Aderianti on 5 Oktober, 2018

Kehadiran travel fair selalu mengundang ribuan peminat. Banyak orang rela berbondong-bondong mengantri demi mendapatkan tiket liburan paling murah di sana. Namun kabar buruknya, tidak sedikit orang yang justru pulang dengan tangan hampa. Apa penyebabnya? Waspadai hal-hal berikut ini.

Rata-rata dari mereka mengeluh karena ternyata ekspetasi harga tiket tidak sesuai kenyataan saat di lokasi. Belum lagi antrian panjang dan syarat pembayaran dengan kartu kredit tertentu.

Berburu tiket murah di travel fair memang gampang gampang susah. Tapi bukan berarti kamu tidak akan berhasil sama sekali. Kali ini triknya, hindari beberapa hal yang bisa menghambat rencana  Anda seperti berikut:

Datang terlalu siang

Pertama, hindari datang terlalu siang. Di event besar seperti Singapore Airlines Travel Fair misalnya, banyak pengunjung yang bahkan rela stand by dari subuh demi menghindari antrian panjang.

Jadi begitu venue dibuka, Anda bisa langsung mendatangi stand agen perjalanan yang melayani pembelian tiket. Semakin cepat datang, semakin terbuka lebar kesempatan mendapat tiket incaran Anda.

Tidak tahu harga normal tiket incaran

Travel fair selalu identik dengan tiket murah? Ini yang harus Anda waspadai. Ada juga beberapa tiket yang sebenarnya dijual tak jauh berbeda dengan harga normal. Untuk itu, coba sebelumnya bandingkan dengan harga maskapai lain, promo maskapai, dan promo agen perjalanan. Hal ini dilakukan agar tahu harga tiket destinasi incaran di travel fair tersebut benar  jauh lebih murah dari yang lain.

(Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun? Yuk, Berburu Tiket di Travel Fair!)
Mengabaikan Happy Hour

Bila Anda mengunjungi Garuda Travel Fair, jangan lupa manfaatkan penawaran Happy Hour dari mereka. Pada waktu-waktu khusus seperti jam 10.00 – 14.00 WIB dan 16.00 – 20.00 WIB, tiket bisa didiskon hingga 80%. 

Sebaliknya di luar waktu tersebut, tiket hanya diskon 30 persen. Oleh sebab itu, cari tahu lagi kapan saja Happy Hour yang dimaksud. Di hari H, Anda tinggal lakukan transaksi di jam tersebut.

Asal membawa kartu kredit/debit

Hampir semua  travel fair umumnya selalu bekerja sama dengan bank tertentu. Sehingga seluruh transaksi diwajibkan memakai kartu kredit atau debit bank rekanan. Di luar itu, transaksi tidak dapat dilakukan atau harus dibayar secara tunai. Pilihan lain jika menggunakan bank non rekanan, Anda akan dikenakan beban tiga persen dari biaya transaksi.

Jadi sebelum itu, cek ulang lebih detil bagaimana prosedur pembayarannya agar Anda tidak salah membawa kartu. Dengan membawa kartu kredit/debit sesuai rekanan bank dari travel fair, Anda juga bisa mendapat promo cashbank yang lumayan menghemat.

(Baca juga: Rupiah Anjlok? Lakukan Ini Saat Traveling ke Luar Negeri)
Terlalu lama koordinasi

Traveling biasanya lebih seru jika beramai-ramai. Namun pastikan ketika berburu tiket di travel fair, Anda tidak berkoordinasi dengan teman di tempat apalagi melalui telepon. Sebab, koordinasi mulai dari tanggal penerbangan atau negosiasi harga cenderung membuang-buang waktu.

Terlebih kalau teman yang ikut bisa sampai belasan orang. Transaksi pun akan semakin lambat dan bisa-bisa tanggal yang pas jadi habis dipesan orang lain. Maka dari itu, pastikan sebelum berangkat ke travel fair, Anda sudah menentukan tujuan, tanggal keberangkatan, dan cadangan tanggal keberangkatan bersama teman traveling Anda.

Asuransi Perjalanan, Perlukah?

Saat membeli tiket penerbangan baik secara online atau di travel fair, Anda mungkin pernah beberapa kali ditawarkan asuransi perjalanan. Tapi sayangnya, justru tidak semua orang tertartik akan penawaran tersebut.

Tahukah Anda kalau asuransi perjalanan ternyata begitu penting?  Risiko perjalanan tidak bisa ditebak. Tentunya, kita berharap semua itu tidak akan terjadi dan menimpa perjalanan yang Anda lakukan.Perlu Anda ketahui, beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dari memiliki asuransi perjalanan meliputi:

  1. Jaminan tiket pengganti jika penerbangan ditunda atau dibatalkan
  2. Ganti rugi bagasi yang hilang
  3. Biaya perawatan medis saat berlibur
  4. Sumbangan atas kematian

Keempat jaminan di atas tentu juga disesuaikan dengan premi asuransi yang Anda pilih. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari 25 ribu saja. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk asuransi ini, Anda bisa langsung mengakses CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami