Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Mau Dapat Tiket Murah Saat Lebaran? Cek Tipsnya Disini!

by Gito on 1 Maret, 2019

Mudik, tradisi yang hanya ada di Indonesia ini memiliki arti yang mendalam. Berjuta orang setiap tahunnya menempuh beratus kilometer demi menemui sanak saudara di tempat kelahirannya dulu. Uniknya, itu dilakukan secara bersamaan, jelang Lebaran.

mudik aman dan selamat _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Nah, pada saat itu pula biasanya penjualan tiket kereta dan juga moda transportasi masal lainnya seperti bus kota, pesawat terbang dan juga kapal laut mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan angka pertumbuhan penjualannya bisa mencapai beratus persen.

Nah dari beragam moda transportasi tersebut, kereta api lah yang paling banyak mengangkut penumpang selama event mudik berlangsung. Banyaknya armada dan juga besarnya kapasitas angkut dalam sekali perjalanan membuat kereta api menjadi salah satu alat transportasi yang kerap di cari oleh para pemudik.

Ditambah jalur yang dilewati oleh kereta api berada di kota besar ataupun kabupaten. Hal itu tentunya sangat memudahkan para perantau yang selama ini bekerja di kota besar seperti Jakarta untuk melakukan perjalanan kembali ke kampung halamannya yang umumnya berada di kota lainnya di luar Jakarta.

(Baca juga: Hal-hal Tak Terduga Saat Mudik dan Cara Mengantisipasinya)

Penjualan Tiket KAI Sudah Dibuka

PT Kereta Api Indonesia (persero) selaku penyedia jasa transportasi Kereta Api sudah membuka penjualan tiket kereta api untuk H-10 Lebaran. Penjualannya sendiri sudah dilakukan sejak tanggal 25 februari lalu.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan antrian saat mendekati hari raya Lebaran. Meskipun masih 3 bulan lagi, nyatanya sudah ada 6 jurusan kereta api yang ludes terjual.

Beberapa tiket jurusan Kereta Api yang telah habis terjual pada saat pembukaan hari pertama penjualan adalah, Kereta Api (KA) Gaya Baru Malang Selatan jurusan Pasar Senen-Surabaya Gubeng, KA Berantas jurusan Pasar Senen-Blitar, dan KA Bengawan jurusan Pasar Senen-Purwosari.

KA Kertajaya jurusan Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi juga ikut habis terjual. Kemudian di kelas bisnis ada KA Senjata Utama Yogya dan Fajar Utama Yogya jurusan Pasar Senen-Yogyakarta juga telah habis.

Bahkan untuk KA Mutiara Selatan dengan jurusan Bandung-Malang sudah hampir 100 persen terjual. Sudah lakunya beberapa rute kereta api dapat dimaklumi, pasalnya semakin dekat kamu membeli tiket dengan tanggal lebaran, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Kenaikan harga tiket jelang lebaran biasanya bervariasi, mulai dari 25 persen hingga 30 persen tergantung Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan.

Nah bagi kamu yang merencanakan mudik menggunakan kereta api, ayo mulai berburu tiket dari sekarang. Agar bujet lebaran kamu nantinya tidak membengkak dan masih ada dana yang tersisa untuk ditabung.

(Baca juga: 5 Kamera Mirrorless untuk Bekal Mudik dan Libur Lebaran)

Cari Tiket Perjalanan Malam Hari

Nah bagi kamu yang merencanakan bepergian menggunakan pesawat terbang. Usahakan cari penerbangan saat malam hari. Karena biasanya penerbangan pada waktu itu agak dihindari oleh masyarakat lainnya.

Disamping itu, kamu juga dari sekarang mungkin sudah bisa mulai mengecek informasi tentang kursi tambahan dari masing-masing armada. Umumnya setiap maskapai menyediakan kursi tambahan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan.

Seperti pada momentum lebaran tahun lalu contohnya, Lion Air Group menyediakan 55 ribu kursi tambahan, kemudian diikuti oleh Sriwijaya Air Group yang menyediakan 125 ribu kursi tambahan. Garuda Indonesia sendiri menyiapkan 5.544 kursi tambahan pada tahun lalu.

Gunakan Rute Alternatif

Jika ternyata tiket tujuan kamu memiliki kenaikan harga jual yang cukup tajam, cobalah melihat harga tiket ke daerah sekitarnya. Misalnya ketika mudik kamu berniat mencari penerbangan atau tiket kereta api ke Yogyakarta, namun harga jual tiket ternyata lebih murah jika ke Solo.

Nah disini mulailah berhitung. Jarak antara Solo dan Yogyakarta bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Jika ternyata harga tiket ke Solo jauh lebih murah ketimbang ke Yogyakarta ditambah selisihnya bisa digunakan untuk ongkos lewat jalur darat, alternatif itu mungkin bisa dipilih.

(Baca juga: Ingin Tetap Bugar Saat Mudik? Cek Tip Berikut Ini!)

Beli Tiket Dalam Jumlah Sedikit

JIka pada saat mudik nanti kamu bepergian dengan keluarga, mungkin kamu bisa menggunakan cara ini. Karena umumnya, harga tiket pesawat untuk pasangan ataupun solo traveller lebih murah ketimbang kamu membeli tiket langsung dalam jumlah banyak.

Hal itu dikarenakan adanya promo-promo khusus yang diberikan bagi tiket pasangan ataupun seorang diri. Meskipun memiliki harga tiket lebih murah, tetapi kemungkinan kamu dan keluarga bakal terpencar posisi duduknya.

Gunakan Kartu Kredit

Nah bagi kamu pemegang kartu kredit, mungkin kamu bisa memanfaatkan promo dari bank penerbit kartu kredit. Atau bahkan kamu juga bisa berkesempatan menggunakan fasilitas mudik gratis dari bank penerbit kartu kredit.

Khusus untuk bank pelat merah atau bank BUMN, setiap tahunnya pasti melakukan acara mudik gratis. Siapa tahu kamu yang beruntung berkesempatan mengikuti mudik gratis.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan promo berupa cicilan 0 persen ataupun potongan harga. Dengan cicilan 0 persen maka kantong kamu tidak terlalu terbebani, karena harga tiketnya dapat kamu cicil.

Nah buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, akses CekAja.com. Disana kamu bisa membandingkan dan mengajukan aplikasi kartu kredit yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

CekAja.com juga bekerjasama dengan bank – bank yang tentunya memiliki reputasi sangat baik di Indonesia. Kamu hanya perlu mengaksesnya secara online tanpa perlu datang ke bank dan kartu kredit sudah di tangan kamu.

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.