Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Gaji Dua Digit? Duduki 7 Jabatan Ini di Perusahaan Startup

by Miftahul Khoer on 19 Februari, 2020

Bagi sebagian orang, bekerja di perusahaan startup kini menjadi kebanggan tersendiri, apalagi hal ini sudah menjadi tren baru di dunia digital. Selain itu, perusahaan tersebut juga lumayan menjanjikan dalam segi finansial sehingga para pekerja pun bisa mendapatkan kelayakan upah.

Gaji di perusahaan startup

Seiring dengan bertumbuhnya ekonomi digital, perusahaan rintisan di Indonesia pun semakin marak dan berkembang pesat. Terdapat beberapa startup dengan bidangnya masing-masing seperti e-commerce, pendidikan, berita, hingga financial technology (fintech).

Menurut laporan Kelly Services Indonesia, gaji jabatan divisi IT dan marketing secara rata-rata bisa menawarkan puluhan juta rupiah per bulan. Sementara untuk divisi lain, umumnya harus berada di level middle management untuk mendapat gaji serupa. Menurut Ketua Umum IdEA, Ignatius Untung, startup menawarkan gaji tinggi untuk sebuah posisi engineer lantaran SDM-nya terbatas.

Lalu,  jabatan apa lagi yang paling menjanjikan dengan tawaran gaji Rp10 jutaan di dunia digital ini? Berikut di antaranya:

1. Data Analyst

Ahli data atau data analis merupakan salah satu pekerjaan yang paling dicari banyak perusahaan. Bahkan hampir seluruh industri membutuhkan tenaga data analis. Ya, karena perusahaan memerlukan orang yang mampu membaca, memahami, dan menerjemahkan data, berupa angka menjadi laporan yang mudah dimengerti manajemen.

Kamu yang ingin bekerja sebagai data analis wajib memiliki beberapa skill, yakni bahasa pemrograman (SQL, Oracle, dan lainnya), kemampuan matematika dan statistik, paham dengan yang namanya software Adobe Campaign. Cocok nih buat kamu yang lulusan IT, ekonomi, matematika, dan manajemen. Gaji data analis: Mulai dari Rp 11 juta-27 juta per bulan.

2. Digital Product Manager

Posisi digital product manager bertanggung jawab dalam mengawasi pengembangan produk online baru, mengimplementasikan riset pasar ke dalam produk terbaru, mengelola lalu lintas produk yang ada, mengidentifikasi cara meningkatkan popularitas produk berdasarkan persepsi publik. bakal dicari perusahaan untuk komersial dan industri. Gaji yang bisa didapatkan sebesar Rp 350 juta-850 juta per tahun atau minimal Rp 29 juta per bulan.

3. Finance Technology Director

Selanjutnya jabatan Finance Technology Director. Nah, level posisi ini sebanding dengan direktur keuangan di perusahaan konvensional. Finance Technology Director umumnya menaungi departemen Finance. Tugasnya adalah mengontrol permasalahan keuangan dan biaya perusahaan. Agar bisa menduduki jabatan yang cukup tinggi ini, kamu perlu mengantongi gelar S1 Ekonomi dan menguasai ilmunya. Menurut riset Kelly Services, di Indonesia seorang Country Manager bisa mendapatkan gaji Rp 57 juta hingga Rp 120 juta.

4. Sales Director

Mau digaji Rp10 juta lebih? Asah kemampuan sales yang kamu miliki dan rintis karirmu hingga menjadi Sales Director. Jabatan ini merupakan  eksekutif yang bertanggung jawab mengatur strategi  dan mendatangkan pundi-pundi keuntungan lewat pernjualan suatu produk. Tak sedikit yang orang yang mengincar jabatan tersebut. Menurut riset Kelly Services,  seorang Sales Director di Indonesia bisa mendapatkan gaji Rp 105 juta hingga Rp 126 juta.

(Baca Juga: Gajimu Kekecilan? Ini Jurus Negosiasi Gaji yang Patut Kamu Coba)
5. Business Development Director

 Divisi Business Development mirip dengan Sales, namun cakupan tanggung jawabnya lebih meluas. Adapun tugas Business Development Director adalah mengidentifikasi berbagai peluang bisnis untuk mengembangkan perusahaan, baik lewat kerja sama baru atau memaksimalkan berbagai bisnis yang telah ada di dalam perusahaan.

Selain itu, orang yang menduduki jabatan ini juga dituntut untuk bisa mengarahkan perencanaan perusahaan, serta mengatur strategi pemasaran hingga membangun hubungan internal dan eksternal yang baik. Menurut riset Kelly Services, di Indonesia seorang Business Development Director sendiri bisa mendapatkan gaji Rp 136 juta hingga Rp 157 juta per bulan.

6. Chief Information Officer

Chief Information Officer (CIO), nah jabatan yang satu ini bertanggung jawab dalam menangani teknologi serta sistem informasi yang ada dalam perusahaan agar bisa mendukung bisnis perusahaan. CIO juga bertanggung jawab untuk menyesuaikan antara perencanaan, penyiapan, implementasi serta evaluasi teknologi informasi dan komunikasi. Menurut riset Kelly Services, di Indonesia seorang Chief Information Officer bisa mendapatkan gaji Rp 63 juta hingga Rp 125 juta.

7. Country Manager

Jabatan Country Manager adalah jabatan eksekutif tertinggi pada perusahaan yang merupakan cabang dari perusahaan. Posisi ini sering disetarakan dengan posisi CEO. Country Manager bertanggung jawab penuh akan operasional dan bisnis sebuah cabang perusahaan di sebuah negara. Sanga fantastis memang, menurut riset Kelly Services, di Indonesia seorang Country Manager bisa mendapatkan gaji Rp 150 juta hingga Rp 300 juta.

Adanya startup di dunia digital ini menjadi peluang besar untuk meniti karir saat perusahaan besar masih sulit untuk dijangkau. Secara gaji pun kamu juga diuntungkan, terlebih kalau bisa sukses berkarir di sana. Semoga pengalaman dan kemampuanmu cocok dengan salah satu dari 7 jabatan yang tadi disebutkan. 

Selain dari gaji, perkaya dirimu lagi dengan beirnvestasi. Keuntungannya bisa kamu rasakan di masa depan kelak. Mulai investasimu sekarang melalui CekAja.com.

(Baca Juga: Daftar Perusahaan Indonesia Yang Tawarkan Gaji Tinggi, Berminat?)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.