Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Ganti Kartu Kredit? Pertimbangkan Dulu Empat Hal Ini

by Ariesta on 5 Januari, 2016

keuntungan kartu kredit_kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit menjadi hal yang tak terpisahkan dari gaya hidupmu. Gaya hidup yang cepat berubah dan  begitu pula dengan kartu kreditmu. Kalau sewaktu single kamu mencari kartu kredit yang memberikan kemudahan traveling, kini setelah berkeluarga kamu membutuhkan kartu kredit yang memberikan dikson kebutuhan sehari-hari.

Poin reward berupa diskon tiket pesawat mungkin jadi kalah menggoda dibandingkan dengan cash back yang ditawarkan oleh merk kartu kredit lain. Kalau sudah begini, haruskah berganti kartu kredit? Sebelum memutuskan, pertimbangkan empat hal di bawah ini. (Baca juga: Hati-hati Gunakan Kartu Kredit di Lima Tempat Ini)

Ketahui apa yang kamu butuhkan

Sebelum mengajukan permohonan, ketahui apa hal yang paling kamu butuhkan. Kalau ingin kartu kredit yang memberikan diskon kebutuhan sehari-hari, apakah supermarket tempat kamu biasa belanja menerimanya? Kalau kamu ingin kartu kredit dengan fasilitas kenyamanan traveling, apakah kartu kreditmu menyediakan fasilitas airport lounge?

Kemungkinan ditolak juga besar

Kalau kamu punya limit Rp 50 juta dari sebuah kartu kredit, perusahaan kartu kredit mungkin tidak akan memberikanmu kartu lain dengan limit besar. Selain itu, kalau kamu punya banyak kartu kredit yang tidak terpakai, sebaiknya tutup dulu akunmu. Banyaknya kartu kredit yang kamu pegang ditakutkan menjadi lahan menumpuk utang.

Cermat berhitung

Sebagai contoh, kartu kredit A menawarkan diskon 5 persen belanja di supermarket dengan minimum pembelanjaan Rp 500 ribu dan biaya tahunan kartu Rp 600.000. Sedangkan kamu hanya berbelanja bulanan Rp 200 ribu perbulan. Tentunya diskon yang ditawarkan jadi tidak mengungtungkan karena biaya tahunan kartu lebih besar.

Jadi sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan kartu kredit baru, cari tahu berapa biaya tahunannya? Apa saja diskon yang ditawarkan? Sampai kapan diskon tersebut berlaku? Jangan terjebak dengan beragam kelebihan yang ditawarkan jika kamu sendiri tidak memakai kelebihan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan poin di kartu kredit lama?

Kebijakan poin miles bisa berbeda-beda setiap kartu kredit. Sebelum kamu menutup kartu kredit yang lama, tanyakan ini pada perusahaan kartu kredit. Apakah kamu kehilangan poin miles? Apakah miles masih bisa digunakan? Kalau ya, sampai kapan? Bisakah miles ditransfer ke kartu lain? Poim sama dengan uang di tabungan. Jadi, meski kamu berganti kartu kredit, jangan sampai beragam poin di kartu kredit lama sia-sia.

(Baca juga: 4 Pantangan Bila Mau Tambah Limit Kartu Kredit)

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami