Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau jadi Menteri Jokowi? Simak 4 Kriterianya Berikut Ini

by Gentur Putro Jati on 27 Mei, 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan dan menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada Selasa (21/5) pekan lalu. Pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin berhasil mendapatkan suara sebanyak 85,6 juta atau 55,5 persen dari total suara sah nasional sebanyak 154,25 juta.

Sementara paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 68,65 juta suara atau 44,50 persen total suara sah nasional. Meski saat ini tim kuasa hukum paslon 02 tengah menggugat hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun tampaknya Joko Widodo (Jokowi) yang juga petahana Presiden Republik Indonesia, langsung tancap gas merancang susunan Kabinet para Menteri yang akan membantunya menjalankan pemerintahan untuk lima tahun ke depan.

Hal tersebut terungkap dalam sesi ramah tamah acara Silaturahim Nasional dan Buka Puasa Bersama HIPMI di Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Minggu (26/5) malam.

(Baca juga: Jokowi Targetkan Pemindahan Ibu Kota Selesai di Akhir Masa Jabatannya)

Saat disinggung soal rencana pembentukan kabinet, Jokowi mengungkapkan sejumlah kriteria calon Menteri yang diinginkannya sebagai berikut:

  1. Eksekutor bukan cuma jago konsep

Menurut mantan Walikota Solo, Jawa Tengah, seorang Menteri yang ideal harus memiliki kemampuan mengeksekusi kebijakan atau program-program yang telah ditetapkan pemerintahannya. Oleh karena itu, Jokowi cenderung lebih memilih calon pejabat negara yang mampu bertindak dan menjalankan program ketimbang yang hanya pintar membuat konsep.

“Saya sampaikan bolak-balik, mampu mengeksekusi program-program yang ada, kemampuan eksekutor yang paling penting,” kata Jokowi.

  1. Manajer yang baik

Calon Menteri Jokowi, juga harus memiliki pengalaman dan kemampuan manajerial yang baik sesuai dengan bidang yang dikuasainya masing-masing. Jokowi mencontohkan, seperti mengelola sebuah ekonomi, baik ekonomi makro, kemampuan ekonomi daerah.

  1. Problem solver

Suami dari Iriana ini juga mensyaratkan calon menterinya memiliki kemampuan memecahkan suatu masalah dengan cara yang benar.

“Mampu mengelola dari sekian masalah, problem, persoalan-persoalan yang ada dengan program dan eksekusinya benar,” katanya.

  1. Integritas dan kapabilitas

Menyadari sejumlah Menteri Kabinet Kerja yang dipimpinnya saat ini tengah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jokowi kembali menegaskan pentingnya arti integritas untuk dimiliki oleh seorang pejabat negara.

“Ya kalau yang lainnya memiliki intergritas dan memiliki kapabilitas yang baik. Tapi yang paling penting adalah mampu mengeksekusi, memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dua hal yang penting itu,” ujar Jokowi.

Tak Perlu dari Parpol

Jadi siapa saja putra-putri terbaik bangsa yang memiliki empat kriteria tersebut di atas? Sebagai catatan, Jokowi tidak mensyaratkan para calon menterinya harus berasal dari Partai Politik loh.

(Baca juga: Tak Cuma MotoGP, Jokowi Mau Gelar Balap Jet Darat di Sirkuit Mandalika)

Selama ia menilai figur tersebut memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin seorang profesional seperti kamu menerima undangan dari Istana Negara untuk mengikuti sesi wawancara khusus dengan sang presiden.

Sama seperti Jokowi yang ingin Kabinet Kerja jilid berikutnya diisi oleh putra-putri terbaik bangsa, CekAja.com juga terus berkomitmen menyajikan produk-produk keuangan terbaik yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia.

 

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami