Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Jadi Pebisnis Handal? Ini Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

by Surtan Siahaan on 20 Januari, 2016

kuliah bisnis - CekAja.com

Jika kamu berencana untuk terjun di dunia bisnis, ilmu bisnis bisa sangat membantu. Tidak cuma memperdalam pengetahuan dan keterampilan bisnis, kuliah jurusan bisnis juga membantu orang untuk hidup dalam lingkungan bisnis.

Keuntungannya karaktermu sebagai pebisnis akan terbentuk dan sanggup bersaing dalam iklim persaingan usaha yang keras. Nah, jika berminat mempelajari dunia bisnis, kamu gak perlu kok pergi ke luar negeri.

Di dalam negeri, sudah ada sejumlah sekolah bisnis yang kualitasnya diakui bahkan hingga mancanegara. Mau tau apa saja sekolah bisnis terbaik di Indonesia? Baca terus artikel ini sampai habis.

Universitas Indonesia

Seperti dilansir oleh kabar24.bisnis.com, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB) menduduki peringkat kesembilan dari 50 sekolah bisnis terbaik di Asia. Sementara di dalam negeri, fakultas ini menyandang predikat sebagai yang terbaik.

Pemeringkatan yang dirilis The Eduniversal Best Business School Ranking, lembaga pemeringkatan internasional berbasis di Perancis pada tahun 2015 ini membuat nama UI sangat bergengsi di kalangan praktisi bisnis.

(Baca juga: 10 Tip Sederhana Siapkan Tabungan Pendidikan Anak)

ITB

ITB memang lebih dikenal sebagai pencetak insinyur handal. Tapi, kampus yang terletak di Bandung ini juga punya sekolah bisnis yang masuk dalam jajaran terbaik. Sekolah Bisnis Manajemen ITB memiliki keunggulan dari segi program di mana mahasiswa belajar intensif tentang teori sekaligus praktik bisnis.

Contohnya mahasiswa diminta melakukan simulasi bisnis. Bahkan mahasiswa juga diminta praktik langsung membuat bisnis dengan pendanaan dari berbagai bank. Tidak heran banyak pebisnis andal juga lahir dari kampus ini.

Prasetya Mulya Business School

Sekolah bisnis yang terletak di Jakarta ini memiliki kualitas yang sebanding dengan kampus-kampus lainnya. Didirikan oleh para pengajar berkualitas, Prasetya Mulya Business School juga terkenal karena melibatkan banyak praktisi bisnis mulai dari pengusaha hingga eksekutif perusahaan besar.

Banyak perusahaan swasta menggunakan Prsetya Mulya untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Prasetya Mulya juga merupakan sekolah bisnis dengan kualifikasi master pertama di Indonesia.

Binus Business School

Binus juga menjadi salah satu kampus favorit bagi mereka yang ingin mempelajari bisnis. Selain sangat memfasilitasi mahasiswa yang ingin terjun di dunia bisnis, kampus satu ini juga sangat unggul di bidang IT.

Ilmu yang penting bagi dunia bisnis namum sangat sedikit dikuasaii para pebisnis. Selain itu Binus Business School juga sudah mendapat pengakuan baik dari dalam negeri hingga dunia pendidikan internasional.

Yang paling anyar, sebuah organisasi nirlaba yang mengakreditasi sekolah bisnis internasional dari Belgia, European Foundation for Management Development (EFMD) telah mengakreditasi Binus.

(Baca juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas Keuangan Pribadi)

UGM

Universitas asal Yogyakarta ini juga punya jurusan bisnis yang tidak kalah kerennya. Selain diakui di dalam negeri, kualitas Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM diakui secara internasional. FEB UGM bahkan masuk dalam kategori 5 % sekolah bisnis terbaik dunia.

Pengakuan ini diperoleh UGM dari Lembaga Akreditasi Internasional untuk Sekolah Bisnis, Association Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Lembaga yang berbasis di Amerika Serikat ini menjadikan UGM sebagai universitas pertama di Indonesia yang memperoleh pengakuan tersebut.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami