Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Fakta Jasa Peluk dan Curhat, Ada yang Sampai Rp1,1 Juta Per Jam

by Miftahul Khoer on 4 Maret, 2020

Munculnya jasa peluk dan curhat baru-baru ini menghebohkan jagat media sosial. Awalnya informasi ini viral setelah setelah YouTuber Eza Hazami mengunggah foto iklan lowongan pekerjaan sebagai professional cuddler di akun Twitter-nya. Hal tersebut sontak membuat warganet penasaran lantaran jenis pekerjaannya yang tak biasa.

jasa peluk

Seperti dilansir laman idntimes.com, Senin (02/03/2020), lowongan pekerjaan yang dibuat oleh perusahaan Indocuddle ini langsung menarik perhatian warganet dan ramai diperbincangkan.

Perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan dengan posisi jasa peluk profesional dan curhat untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Tentu kamu juga penasaran kan, kira-kira seperti apa sih jasa pelu dan curhat ini. Ingin tahu detailnya, simak yuk 6 fakta menarik dibalik jasa pelukan dan curhat berikut di bawah ini.

(Baca juga: Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?)

1. Inspirasi pengalaman pribadi

Jasa cuddle ini berawal dari kisah dan pengalaman sang founder Indocuddle, Akbar Sahbana. Sebab, sejak kecil, Akbar belum pernah merasakan pelukan dari seorang Ayah.

Dari situlah inspirasi tersebut muncul karena Akbar merasa rindu akan pelukan seorang ayah yang hingga di usianya 23 tahun ini masih belum merasakan pelukan ayahnya.

Sang Ayah berada di Kalimantan dan sampai sekarang tidak ada kabar padahal Akbar mengaku ingin merasakan curhat dan ngobrol sama sosok sang Ayah.

Tak bisa dipungkiri memang, sebuah pelukan dari orang yang yang kita sayangi bisa membuat hati dan jiwa kita merasa tenang dan nyaman.

2. Rekrut Karyawan Lulusan Psikologi

Indocuddle membuka lowongan Professional Cuddler atau pemeluk profesional di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Akbar mengungkapkan perusahaan tersebut memang membutuhkan orang profesional terutama dari sisi psikologi.

Untuk menjadi professional Cuddler atau pemeluk profesional syaratnya harus lulusan S1 Psikologi, berusia 18 sampai 45 tahun, bisa menjadi pendengar yang baik, domisili Jabodetabek, tentunya bisa menjadi pemeluk yang nyaman.

Itulah beberapa syarat dan kriteria khusus bagi calon pelamar yang siap untuk menjadi karyawannya.

3. Pasang tarif Rp700 ribu per jam

Soal harga yang ditawarkan oleh jasa peluk profesional ini yakni seharga Rp700 ribu per jam.

Namun pihaknya mengatakan pada saat rilis April nanti, akan ada ada paket khusus yang lebih terjangkau. Namun tentu untuk mendapatkan paket tersebut harus mengikuti standard operating procedure (SOP) yang telah ditentukan.

Tapi dengan tarif yang cukup mahal itu, bagi sebagian orang yang penasaran mungkin tak menjadi masalah.

Apalagi bagi kamu yang memiliki problem di dalam kehidupan kamu. Dengan mengikuti dan mendaftar jadi kliennya, mungkin masalah kamu akan lebih cepat dipecahkan.

4. Melayani orang yang mengalami masalah psikologis

Siapa saja sih yang boleh jadi kliennya? selain orang dewasa, jasa cuddle ini juga siap melayani anak- anak yang mengalami broken home, kasus bullying, depresi, trauma, serta orang dengan tekanan pekerjaan yang tinggi sampai demotivasi.

Namun untuk SOP nya sendiri belum diketahui seperti apa. Seperti dikatakan foundernya, SOP tersebut masih dalam proses pematangan agar klien dan karyawan bisa mendapatkan kenyamanan serta terjamin keamanannya.

5. Dibuka April 2020

Karena sedang dalam pengembangan dan mencari strategi pemasaran yang pas, Indocuddle ini masih belum beroperasi. Rencananya, pihaknya akan menggelar soft opening pada April 2020 mendatang.

Tak main-main memang, jasa pelukan dan curhatan selain harus dituntut untuk memberikan layanan yang baik serta memuaskan.

Selain itu menjadi tantangan tersendiri, lantaran jasa layanan yang terbilang baru di Indonesia ini juga harus memberikan kepercayaan yang tinggi agar bisa menggaet kliennya lebih banyak.

Selain di Indonesia, ternyata jasa cuddler atau jasa pelukan ini juga sudah ada di beberapa Negara seperti di Jepang dan di Amerika serta Inggris.

1. Jasa peluk di negara Jepang

Seperti dilansir dari whenonearth.net, Senin, 17 Desember 2018, ada sebuah kafe yang dibuka pada 2012 yang terletak di distrik Akihabara, Jepang.

Kafe ini tawarkan jasa pelukan. Harga yang ditawarkan mulai dari tidur siang selama 20 menit sebesar 3.000 yen atau sekitar Rp 387 ribu hingga paket tidur malam selama 10 jam sebesar 50 ribu yen atau sekitar Rp 6,5 juta.

Menariknya, Cuddle Cafe ini juga menawarkan paket lain. Jika kamu ingin memilih seorang gadis, akan ada biaya tambahan sebesar 1.000 yen sekitar Rp 130 ribu dan selanjutnya 500 yen atau Rp65 ribu per jam.

Beda lagi apabila kamu ingin tidur di pangkuan sang gadis biayanya 1.000 yen atau sekitar Rp130 ribu.

Namun jika kamu ingin sang gadis tidur di pangkuanmu, harganya dua kali lipat yakni 2.000 yen atau sekitar Rp 258 ribu.

2. Jasa peluk di amerika

Penggagas jasa ini adalah bernama Amy Grinnell. Wanita asal Amerika Serikat ini membuka jasa peluk berbayar yang bisa dipesan secara online.

Amy memasang tarif 80 dolar AS atau setara Rp 1,1 juta per jamnya bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pelukan hangat darinya.

Dilansir New York Post, Amy mengakui konsep jasa peluk berbayar memang aneh.

Namun, jasa ini, kata dia, memiliki manfaat yang telah dirasakan banyak orang. Amy dan timnya menawarkan jasa mereka melalui situs cuddlist.com.

(Baca juga: 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan, Omzet Capai 20 Juta!)

3. Jasa pelukan di Inggris

Kitty Mansfiled memberikan pelayanan bagi pria Inggris yang butuh pelukan karena stres.

Kitty Mansfield menyewakan jasa pelukannya. Ini bukan profesi main-main. Buktinya wanita 45 tahun ini meraup uang 45 poundsterling atau sekitar Rp 5,3 juta per hari.

Seperti dikutip Dailymail. Sabtu (30/32013), layanan ini merupakan terapi untuk mereka yang ingin meringkuk dalam pelukan.

Para pria yang ingin mencoba jasa Kitty cukup menghubunginya. Kemudian pelanggan merequest tempat, bisa di depan televisi, sofa, atau tempat tidur.

Tarifnya 45 poundsterling atau Rp 664 ribu per jam. itulah beberapa fakta menarik tentang jasa pelukan atau professional cuddler yang kini tengah viral di Jabodetabek. Bisnis jasa ini juga ternyata telah digagas di beberapa Negara.

Menarik bukan. Kamu juga bisa ikut mencicipi “kue” dalam bisnis jasa lainnya. Jangan ragu, mulai eksekusi ide kreatif kamu segera. Butuh modal, akses CekAja.com

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.