Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Jajal Bisnis Franchise? Simak Kiat-kiat Suksesnya!

by Tisyrin N. T on 11 September, 2019

Menjadi seorang pebisnis yang sukses tentu terlihat menyenangkan ya? Namun, dibalik kesuksesannya tentu ada perjuangan yang luar biasa. Nah, bagi kamu yang baru akan nyemplung di dunia bisnis, franchise atau waralaba bisa jadi solusi untuk memulai langkahmu.

bisnis franchise

Terdapat beragam jenis franchise mulai dari bisnis kuliner hingga pendidikan. Kalau kamu bingung memilih bisnis yang mana, coba saja amati tren yang sedang berkembang. Sekarang ini, franchise minuman es kopi susu dan bubble (boba) tengah digandrungi. Atau, franchise makanan hits seperti ayam geprek dan baso aci juga terbilang menjanjikan.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Buat kamu yang masih awam, istilah franchise atau waralaba mungkin terdengar asing. Pengertian franchise atau waralaba berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Franchisor atau pewaralaba adalah sebutan untuk perusahaan atau individu yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan merek dan sistem bisnis yang dia miliki.

Sementara franchisee atau terwaralaba adalah sebutan untuk perusahaan atau individu yang membeli atau menggunakan merek dan sistem bisnis dari franchisor.

Nah, dengan memanfaatkan sistem franchise, kamu gak perlu menciptakan merek dan sistem bisnis sendiri untuk memulai usaha. Kamu tinggal membeli salah satu franchise dan kemudian menjalankan bisnis dengan lebih mudah ketimbang memulai semuanya sendiri.

Franchise tentunya punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan franchise salah satunya adalah merek dan prosedur menjalankan bisnis sudah terbangun sedemikian rupa. Kamu gak akan pusing masalah penyediaan bahan baku atau proses produksi. Selain itu, pewaralaba juga melakukan berbagai langkah promosi sehingga kamu sebagai franchisee akan sangat terbantu. Kekurangannya, tentu saja kamu tidak bisa leluasa saat ingin berinovasi pada produk.

(Baca juga: Memulai Bisnis Daycare, Apa Saja yang Dibutuhkan?)
Kiat Sukses Bisnis Franchise

Meskipun bisnis franchise terbilang praktis karena semuanya sudah tersedia alias tinggal menjalani saja, tetap saja harus ada strategi khusus agar pemasukan bisnismu lancar. Jangan sampai kamu hanya ongkang-ongkang kaki menunggu bisnismu ramai tanpa melakukan sesuatu. Ini beberapa kiat yang bisa kamu terapkan:

  • Cari lokasi yang strategis

Lokasi adalah faktor yang sangat penting yang dapat menentukan laris atau tidaknya sebuah bisnis. Tentu, kalau mau bisnismu laris manis, kamu harus pandai-pandai memilih lokasi yang strategis. Biasanya biaya sewa tempat usaha di lokasi yang strategis memang lebih mahal dari lokasi lainnya, tetapi itu akan worth it dengan hasil yang kamu peroleh.

Lokasi yang biasanya strategis untuk usaha adalah di sekitar kampus, sekolah, perkantoran, atau kawasan kos-kosan. Sesuaikan lokasi pilihan dengan jenis usaha franchise-mu. Karena meskipun lokasinya sudah strategis, kalau tidak sesuai dengan segmen pasar pun akan percuma.

  • Sesuaikan dengan minatmu

Saat memilih jenis franchise yang tepat, bisa jadi kamu akan mengalami kebingungan. Salah satu cara yang gampang untuk memilih jenis franchise adalah menyesuaikan dengan minatmu. Misalnya saja kamu penyuka kopi, maka kamu bisa membeli franchise gerai kopi. Tujuannya adalah agar kamu lebih bersemangat dalam menjalani bisnismu karena menyangkut hal yang kamu sukai.

  • Telusuri reputasi franchisor

Saat memilih franchise yang akan kamu beli, kamu bisa menelusuri terlebih dahulu reputasi pewaralaba. Tujuannya tentu saja demi kelancaran bisnismu ke depannya. Telusuri lewat berbagai sumber mulai dari internet, media sosial, atau cari testimoni orang-orang yang lebih berpengalaman. Kamu juga bisa membandingkan terlebih dahulu beberapa jenis franchise yang sejenis.

  • Produk atau jasa favorit

Selain memilih produk atau jasa yang sedang tren, kamu juga bisa memilih produk atau jasa favorit ketika kebingungan menentukan jenis franchise. Misalnya, carilah jenis produk makanan atau minuman favorit yang disukai sepanjang masa seperti bakso.

  • Promosi

Memang, masalah promosi sudah terbantu oleh pewaralaba yang juga melakukan berbagai upaya promosi. Namun, kamu juga perlu untuk tetap melakukan promosi ya! Jadi, meskipun kamu membeli franchise yang sudah dikenal orang, tetap saja kamu juga kudu berjuang agar bisnismu makin ramai. Saat ini, promosi lewat media sosial terbilang sangat ampuh.

  • Memperlakukan karyawan dengan baik

Kalau bisnismu sudah berjalan, berikan perhatian pada karyawanmu. Karyawan adalah modal untuk menggerakan bisnismu. Kalau tidak ada karyawan, tidak ada orang yang akan membantu bisnismu tetap berjalan lancar. Oleh karena itu, selalu perlakukan karyawanmu dengan baik.

Selain memberikan gaji dengan nominal yang layak, kamu juga harus menjalin hubungan yang baik dengan karyawanmu. Di luar urusan pekerjaan, usahakan pula untuk menjalin pertemanan yang asyik dengan karyawanmu.

(Baca juga: 8 Peluang Bisnis Ciamik di Ibu Kota Baru yang Siap Digarap)
  • Berikan pelayanan yang baik

Komunikasi yang baik dengan pelanggan juga merupakan kunci untuk kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, selalu upayakan untuk memberikan pelayananan yang terbaik bagi konsumenmu. Berpesanlah pada karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, minimal jangan lupa untuk memberikan senyum.

Kalau kamu masih bingung masalah modal, bisa cek pilihannya di CekAja.com! Yuk mulai berbisnis!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.