Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mau Karier Kamu Mengkilap di Tahun 2018? Ini Resolusi yang Harus Dibuat

by Ariesta on 28 November, 2016

peningkatan karier - CekAja.com

Apa kamu masih ingat resolusi karier 2017 yang kamu buat? Apakah di antara resolusi tersebut sudah ada yang tercapai?

Mungkin di antara kamu ada yang membuat resolusi ingin mendapatkan pekerjaan karena baru lulus kuliah, atau ingin bekerja di perusahaan besar. Namanya juga resolusi, pasti ada yang tercapai dan ada yang tidak. Tapi ingat satu hal, jangan biarkan kariermu jalan di tempat di tahun 2018 mendatang.

Yuk raih kesuksesan karier di tahun 2018 dengan deretan resolusi berikut ini.

Negosiasi kalau gajimu kecil, atau sekalian cari pekerjaan lain

Coba evaluasi pendapatanmu selama ini. Kalau kamu selalu merasa nelangsa saat akhir bulan padahal sudah berhemat habis-habisan, mungkin gajimu terhitung kecil di tengah biaya hidup yang semakin mahal. Cara untuk mengetahui apakah gajimu layak atau tidak sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa bertanya pada orang yang posisinya sama denganmu tapi bekerja di kantor lain, atau lebih mudah cek situs perbandingan gaji.

Kalau ternyata gajimu jauh dari rata-rata bahkan di bawah UMR, segera ajukan kenaikan. Kenaikan gaji sebenarnya bisa dilakukan siapa saja dengan masa kerja minimal satu tahun. Tanpa meminta pun sebenarnya kamu berhak menerima kenaikan 10 persen setiap tahun. Bagaimana jika kantor menolak? Inilah pertanda kalau kamu harus cari kantor lain yang bisa membayarmu dengan layak. (Baca juga: 6 Syarat Membuat CV Agar Bisa Memikat Perekrut Kerja)

Ajukan pengunduran diri kalau kamu tidak mencintai pekerjaan

Pasti tidak sedikit orang yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak nyambung dengan disiplin ilmu mereka, pekerjaan yang membosankan, atau pekerjaan yang tidak dicintai. Tapi demi menyambung hidup dan menimba pengalaman, akhirnya pekerjaan apapun dilakoni. Kalau sudah begini, Sabtu menjadi hari yang paling dinanti sedangkan Senin jadi hari paling dibenci. Apakah kamu salah satunya?

Hidup hanya sekali lho. Sampai kapan kamu mau terjebak dalam pekerjaan yang tidak kamu cintai? Jangan sia-siakan hidupmu dan ambil langkah berani. Keberhasilan bisa dicapai karena keluar dari zona nyaman. Siapa tahun dengan keluar dai pekerjaan saat ini dan banting stir pada bidang yang kamu minati bisa membuatmu lebih sukses.

Alokasikan bonus untuk investasi

Apa yang kamu lakukan saat menerima bonus? Ditabung atau langsung dibelikan barang-barang favorit? Banyak orang tidak punya rencana saat menerima bonus, sehingga berakhir jadi pemborosan. Kalau kamu tidak punya tabungan meski sudah lama bekerja, tandanya kamu bukan kerja, tapi ‘dikerjai’. Padahal, kamu pasti punya target misalnya liburan ke luar negeri atau membeli rumah.

Sebelum tahun 2018 dimulai, pastinya kamu sudah punya bayangan di bulan-bulan apa saja mendapat bonus. Misalnya jika gajimu Rp4 juta, maka pasti kamu akan mendapat THR Idul Fitri sebanyak satu kali gaji. Lalu ada bonus tahun baru sebanyak Rp1 juta dan bonus-bonus lainnya yang jika ditotal Rp1 juta. Dalam setahun kamu bisa mendapat bonus Rp6 juta. Jika uang Rp4 juta tersebut diinvestasikan dalam reksadana selama tiga tahun dengan imbal hasil 20%, maka kamu akan mendapatkan Rp17,4 juta.

Cari pekerjaan sampingan

Karena berstatus sebagai karyawan dengan pendapatan tetap, kamu bisa memperkirakan berapa total gaji beserta bonus sampai akhir tahun nanti. Masih merasa kurang? Tandanya kamu harus mencari bisnis sampingan atau pekerjaan sampingan. Siapa tahu pemasukan dari sini bisa lebih besar dari gajimu.

Ikut kursus keahlian

Merasa kalah saing di kantor? Teman-teman seusiamu sudah naik pangkat sedangkan kamu di situ-situ saja. Mungkin rahasia suksesnya karena mereka punya keahlian yang lebih daripada kamu. Baik itu dari segi penguasaan bahasa atau keahlian komputer.

Kalau demikian kenyataannya, tandanya kamu harus ikut kursus keahlian. Banyak kok kursus keahlian yang jadwalnya bisa disesuaikan dengan jadwal karyawan. (Baca juga: 6 Cara Sederhana dan Efektif Bangun Disiplin Kerja)

Mendapatkan beasiswa di kantor

Sekolah S2 ke luar negeri dan dibayari kantor? Siapa sih yang tidak mau. Tapi memangnya ada? Itulah tugasmu untuk mencari tahu. Kalau perusahaan tempatmu bekerja merupakan perusahaan besar, sangat mungkin kok mendapat kesempatan beasiswa. Kesempatan semakin besar kalau kamu memang pekerja berpotensi.

Kalaupun kantor tidak menyediakan beasiswa, pasti banyak pelatihan-pelatihan di dalam maupun luar negeri yang bisa kamu ikuti. Perkaya dirimu dengan ilmu mumpung masih muda.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis