Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Kredit Usaha Kecil Tanpa Agunan? Simak Artikel Ini Ya!

by Satrya Agung on 6 April, 2016

atur uang - CekAja.com

Ada yang bilang kalau membangun usaha sendiri itu gampang-gampang susah. Kita akan berjuang di tengah keterbatasan dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk konsumen.

Keterbatasan inilah yang akan mengasah kemampuan dan insting dalam berbisnis. Salah satu keterbatasan yang dialami adalah modal yang tersedia. Untuk itu, kini telah hadir kredit modal usaha kecil tanpa agunan yang berguna untuk menunjang laju bisnismu.

Pemerintah mempunyai perhatian khusus bagi pengusaha kecil dan menengah. Dan itu patut kita syukuri. Karena dengan demikian akan lahir banyak program untuk terus mendongkrak pertumbuhan usaka kecil di Indonesia. Salah satu program tersebut adalah Kredit Usaha Rakyat yang disingkat dengan KUR.

Pinjaman Modal Usaha

KUR ini bukan hanya untuk yang usahanya sudah berjalan dan ingin mengembangkan sayap dan butuh suntikan dana, tapi juga bisa buat kamu yang baru akan memulai usaha. Ini bisa jadi angin surga bagi kamu yang mau berbisnis tapi terbentur akan masalah modal awal. Dengan adanya KUR ini kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa wujudkan mimpi segera.

Yang menarik lagi adalah kamu bisa mendapatkan kredit usaha kecil tanpa agunan. Program ini diberi nama KUR tanpa agunan. Bayangkan, kamu bisa dapat pinjaman modal dan tidak membutuhkan jaminan. Menakjubkan, bukan?

KUR tanpa agunan ini adalah bagian dari program Kredit Usaha Rakyat dengan pinjaman maksimal 25 juta rupiah. Dengan kata lain jika kamu mengajukan pinjaman di bawah 25 juta maka bank sebagai kreditur tidak akan meminta jaminan.

Tapi jika di atas dari angka tersebut otomatis kamu akan diminta jaminan. Bisa berupa sertifikat tanah atau surat rumah, atau aset lain yang bisa dijadikan aset dan tentunya mempunyai nilai yang sama dengan jumlah pinjamanmu.

Bank Penyedia Modal Usaha

Beberapa bank yang menyediakan program kredit ini adalah:

  • BRI (Bank Rakyat Indonesia)
  • Bank Mandiri
  • BNI (Bank Negara Indonesia)
  • BTN (Bank Tabungan Negara)
  • Bank Pembangunan Daerah atau bank yang ada di tiap daerah, seperti BJB dan Bank DKI.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kredit usaha kecil tanpa agunan ini?

Sebelumnya perlu kembali kamu catat bahwa yang akan mendapatkan pinjaman ini dengan tanpa jaminan jika kamu meminjam tidak lebih dari 25 juta. Sedangkan persyaratan lainnya bisa kamu tanyakan langsung pada tiap bank. Tapi pada dasarnya persyaratan yang diminta tidak akan jauh berbeda, yakni:

  • Identitas peminjam baik berupa kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan lainnya.
  • Surat izin usaha.

Untuk suku bunganya sendiri berkisar 12 persen dan juga kamu tidak akan dikenakan biaya provisi dan biaya administrasi.

CekAja Sebagai Solusi Pinjaman Modal Usaha

Jika telah mendapatkan pinjaman ini maka kamu tidak diperkenankan menerima pinjaman dari bank lain. Tapi jika pada saat kamu mengajukan pinjaman KUR tercatat masih ada kredit yang berjalan yang bersifat konsumtif seperti tagihan kartu kredit maka pinjaman KUR masih bisa diberikan. Pihak bank juga akan mengadakan survey untuk memastikan apakah usahamu layak mendapatkan pinjaman KUR.

Dan sekarang jika kamu berminat untuk mengajukan kredit ini maka ada cara praktis untuk mendapatkannya. Kamu tinggal mengunjungi website CekAja.com dan pilih menu UKM dan klik bagian Pinjaman UKM. Kamu tinggal masukkan berapa besar pinjaman yang kamu butuhkan beserta jangka waktunya saja.

Kemudian kamu akan diminta mengisi data sederhana dan selanjutnya sebelum memilih bank apa yang akan dituju, CekAja.com akan memberi perbandingan tawaran dari tiap bank. Dengan demikian kamu akan mengetahui apa-apa saja yang ditawarkan tiap bank tersebut. Lalu setelah memilih bank yang kamu rasa cocok, kamu tinggal menunggu kabar saja baik dari CekAja.com maupun dari bank tersebut. Gampangkan?!

Ok, itulah tadi informasi mengenai kredit usaha kecil tanpa agunan. Semoga bermanfaat ya.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami