Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mau Makan Enak Tapi Tidak Ganggu Kesehatan Saat Lebaran? Begini Caranya!

by Rafly Aditia on 6 Juli, 2016

Berbagai hidangan di hari raya Idul Fitri bakal membuat kamu sulit menahan nafsu makan. Sayangnya, banyak menu spesial Lebaran yang sebenarnya tidak sehat jika dikonsumsi banyak-banyak. Bisa-bisa setelah Lebaran uangmu habis karena harus bolak-balik rumah sakit.

Oleh karena itu, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini agar bisa tetap makan enak tanpa mengganggu kesehatan saat Lebaran:

Imbangi dengan minum air putih

Ketika Lebaran, banyak yang lebih memilih minum-minuman manis seperti teh manis atau soda. Padahal, kalau digabung dengan makanan khas Lebaran yang mengandung banyak kolesterol dan lemak tentu tidak baik. Bisa-bisa kamu mengalami penumpukan lemak bahkan serangan jantung mendadak.

Untuk mencegah hal tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah minum air putih yang cukup. Banyak peneliti mengatakan bahwa setidaknya kamu harus meminum 8 gelas air putih setiap hari atau sekitar 1,6 liter.

(Baca juga: Tip Atur Waktu Agar Tetap Sehat Minum Kopi Selama Puasa)

Makan secukupnya

Pada saat Lebaran, nafsu makan memang tinggi. Rendang, opor ayam, gulai kambing dan sebagainya benar-benar menggoda selera. Kamu pasti ingin makan setiap menu yang disediakan.

Untuk itu, sebaiknya makan dalam porsi kecil. Dengan makan dalam porsi kecil, setiap menu lezat Lebaran bisa kamu makan tapi masih tetap terkontrol.

Konsumsi bawang merah

Berbagai menu Lebaran memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Guna menurunkan kadar kolesterol yang tinggi itu, kamu perlu mengonsumsi bawang merah. Yup, berbagai penelitian yang dilakukan ahli gizi menyatakan bahwa bawang merah dapat menurunkan tingkat kolesterol.

(Baca juga: Waspada, Ini 5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Mudik)

Jangan lupa berolahraga

Kamu juga harus menyadari bahwa saat Lebaran sekali pun kamu perlu menyisihkan waktu untuk berolahraga. Dengan berolahraga kamu dapat menyingkirkan lemak serta berbagai kandungan jahat di dalam tubuh.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.