Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Masa Pensiun Tetap Makmur? Ikuti 6 Tips Atur Uang Berikut Ini!

by Miftahul Khoer on 18 Desember, 2019

Umur manusia selalu bertambah. Meski sekarang kita masih muda dan kuat, pada akhirnya nanti, kita akan memasuki usia tua. Ketika sudah memasuki usia tua, kita tidak akan memiliki energi dan kondisi fisik yang sama seperti ketika masih muda. Oleh karena itu, setelah memasuki usia tua, biasanya produktivitas menjadi berkurang.

masa pensiun

Hal itu tentu ada hubungannya dengan produktivitas dan kualitas kerja. Oleh karena itu, ada batasan usia kerja. Setelah seseorang memasuki usia tertentu, maka orang tersebut akan menjalani masa pensiun atau berhenti bekerja.

Bagi orang yang bekerja sebagai PNS atau pekerjaan tertentu, mereka boleh tenang karena walau sudah tidak bekerja lagi, mereka masih memperoleh penghasilan berupa uang pensiun. Lalu bagaimana dengan orang yang bukan PNS atau tidak memiliki jaminan uang pensiun?

Bagi orang-orang yang tidak memiliki jaminan uang pensiun, maka uang pensiun wajib diusahakan sendiri. Mau tidak mau. Kita tidak bisa bersantai-santai lalu mengandalkan misalnya anak saja. Kita harus mempersiapkan sendiri masa tua kita. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan hal tersebut sedini mungkin. Berikut ini tips mengatur keuangan supaya bisa menjalani masa pensiun dengan tenang:

1. Tentukan tujuan keuangan yang jelas

Pertama, kita harus memiliki tujuan keuangan yang jelas. Tujuan ini meliputi kualitas hidup macam apa yang kita inginkan saat tua nanti? Mau tinggal di mana? Bagaimana estimasi kebutuhan hidup pada masa itu nanti? Berapa kira-kira dana yang dibutuhkan? Dan seterusnya. Tujuan keuangan ini bisa sangat personal tergantung masing-masing orang. Kamu bisa menentukan sendiri tujuan keuangan hari tuamu.

(Baca juga: Deretan Negara Terbaik Untuk Pensiun Menikmati Masa Tua)
2. Memiliki asuransi kesehatan

Mungkin hal ini masih kurang disadari. Terutama saat masih muda dan sehat, kita tidak memikirkan hal-hal seperti biaya kesehatan. Padahal, asuransi sangat penting untuk dimiliki sejak dini. Hal ini ditentukan oleh banyak hal. Di antaranya, kalau kita mendaftar asuransi kesehatan saat kita masih muda dan sehat, maka biaya per bulannya bisa lebih murah dibanding kita mendaftar saat sudah tua dan tidak terlalu sehat lagi. Hal ini bisa terjadi karena orang usia tua dianggap memiliki faktor risiko yang lebih tinggi sehingga pihak asuransi menetapkan tarif yang lebih tinggi.

Memiliki asuransi kesehatan juga bisa menghindarkan kita dari menghabiskan uang tabungan saat terjadi kebutuhan kesehatan mendadak.

3. Memiliki investasi

Salah satu hal yang harus dipikirkan untuk memiliki hari tua yang tenang adalah dengan memiliki investasi. Investasi ada berbagai macam bentuk. Bisa berupa modal, saham, barang, logam mulia, atau bahkan property. Kelebihan dari investasi adalah karena nilainya yang terus berkembang sehingga selain bisa dijadikan sebagai simpanan, kita juga mendapatkan keuntungan. Mulailah berinvestasi sedini mungkin supaya mendapatkan keuntungan yang lebih banyak di masa tua nanti.

4. Membuat tabungan khusus dana pensiun

Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah membuka tabungan khusus dana pensiun. Biasanya bank atau perusahaan asuransi menyediakan produk tabungan semacam ini. Sistemnya adalah, dana disetor bulanan, dan dana ini akan dikunci dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Biasanya tabungan seperti ini berjangka waktu lama, misalnya 10-20 tahun. 

Nantinya, tabungan ini tidak akan bisa ditarik sebelum masanya tiba. Setelah masa tabungan itu berakhir, kamu bisa mencairkannya dan menggunakannya untuk kebutuhan hidup di masa tua. kamu bisa menyesuaikan hal ini dengan tujuan keuanganmu di poin pertama.

5. Menabung secara rutin

Selanjutnya, kamu tinggal menabung secara rutin. Sesuai dengan jumlah yang disepakati di awal. Kalau perlu, kamu bisa memanfaatkan fitur autodebet yang disediakan bank supaya kamu tidak lupa untuk mengisi tabungan tersebut.

(Baca juga: Persiapan Hari Tua: Mengenal Taspen dan BPJS Ketenagakerjaan)
6. Tidak boros

Salah satu hal lain yang tidak kalah penting adalah untuk hidup tidak boros. Tentu saja bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan uangmu untuk hal-hal yang membuatmu bahagia. Namun, anggarkanlah dan rencanakan dengan baik. Kamu bisa menentukan batasan yang jelas untuk dana ‘bersenang-senang’ seperti jalan-jalan, hobi, self care, dan lain sebagainya. Anggaran dana untuk hidup dan bersenang-senang ini tidak boleh mengganggu tabungan masa tuamu.

Begitulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang kalau kamu menginginkan keamanan finansial di masa tua sehingga nanti tidak terlalu pusing lagi memikirkannya dan bisa menjalani masa pensiun dengan tenang. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.