Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mau Memulai Bisnis Kedai Kopi Biar Kekinian? Simak Dulu Tipsnya!

by Miftahul Khoer on 7 November, 2019

Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia berpeluang besar memproduksi kopi siap minum. Minat masyarakat untuk mengonsumsi kopi juga meningkat. Seperti riset dari Pusat Data dan Informasi Pertanian Kementerian Pertanian yang menunjukkan peningkatan konsumsi kopi di Indonesia meningkat sebanyak 8,22% sejak tahun 2016. Hal ini tentu membuka peluang bisnis dalam perdagangan kopi, terutama kedai kopi.

bisnis kedai kopi

Salah satu kegemaran masyarakat Indonesia adalah nongkrong dan ngopi. Mulai dari warung kopi pinggir jalan sampai di kedai-kedai kopi besar yang fancy. Karena banyaknya permintaan, hal ini membuat bisnis kedai kopi menjadi banyak peminatnya. Sekarang bisa kita lihat makin menjamurnya kedai-kedai kopi di hampir semua tempat. Mulai dari kedai kopi besar sampai yang hanya bersifat sementara.

Banyaknya kedai kopi ini tidak lantas membuat bisnis kedai kopi menjadi pasar yang jenuh. Peluang di bidang ini masih terus terbuka karena permintaan juga masih terus meningkat. Namun, sebelum memulai bisnis kedai kopi, kamu harus merencanakan rencana usaha dengan matang supaya usahamu berhasil.

Berikut ini tips untuk membantumu memulai bisnis kedai kopi yang bisa kamu perhatikan:

  • Siapkan konsep bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan konsep bisnis yang jelas dan matang. Pikirkan hal-hal seperti apa tujuan kamu membuka warung kopi? Siapa saja kompetitor kamu? Apa keunikan yang akan kamu tonjolkan? Hal berbeda apa yang akan kamu tawarkan? Siapa target pasar kamu? Pikirkan juga hal-hal seperti perkiraan modal awal. Dari mana kamu akan mendapatkannya? Pertimbangkan juga mengenai ketersediaan dana cadangan. Bagaimana cara promosi yang efektif? Dan apa yang ingin kamu capai dari bisnis ini?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan membantumu merencanakan bisnis kedai kopi secara maksimal. Kamu bisa konsultasikan hal ini dengan orang yang lebih berpengalaman. Sebelum memulai bisnis juga ada baiknya kamu mempelajari segala sesuatu terkait bidang ini. Ikuti workshop-workshop bisnis bila perlu.

(Baca juga: Cerita Kopi Kenangan dan Fore Coffee yang Raih Suntikan Dana Milyaran)
  • Tentukan target market

Hal kedua yang harus kamu pertimbangkan adalah target pasar. Siapa yang kamu harapkan akan menjadi pengunjung kedai kopimu? Apakah pelajar dan mahasiswa? Pebisnis dan eksekutif muda? Atau ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan waktu sejenak untuk me time?

Hal ini penting untuk ditentukan dari awal karena berkaitan langsung dengan konsep kedai kopi yang akan kamu usung, termasuk menu dan dekorasi.

Misalnya, target pasarmu adalah pelajar dan mahasiswa, kamu mungkin akan membuat menu yang unik dan menarik serta dekorasi yang Instagrammable. Kalau target pasarmu adalah para pebisnis dan eksekutif, mungkin kamu akan menciptakan ruangan-ruangan yang nyaman digunakan untuk meeting. Kalau target pasarmu adalah para ibu, mungkin kamu akan menciptakan atmosfer yang nyaman dan ramah anak, dan seterusnya.

  • Cari lokasi strategis

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dari bisnis apapun adalah lokasi. Lokasi strategis akan membantu kedaimu untuk mudah ditemukan dan dikenali oleh orang-orang. Jadi kamu harus meluangkan waktu khusus untuk menemukan lokasi yang pas dan mempertimbangkannya baik-baik. Hal ini berkaitan langsung dengan poin nomor dua. Misalnya target pasarmu adalah mahasiswa, kamu tentu akan mencari lokasi yang dekat dengan kampus.

Selain itu, kamu harus memperhatikan hal-hal seperti akses lokasi yang mudah, misalnya dekat dengan jalan raya. Bisa diakses kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dan tersedianya tempat untuk parkir.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebersihan dan keamanan daerah tersebut. Perhatikan juga apakah daerah itu rawan banjir atau tidak saat musim hujan.

  • Tepat menentukan dekorasi interior dan eksterior

Sekarang, dekorasi memegang peranan penting yang menjadi faktor penentu kesuksesan usahamu. Dekorasi yang cozy akan membuat pengunjung nyaman dan betah sehingga mereka akan datang lagi dan mungkin merekomendasikannya pada kenalan mereka.

Konsep dekorasi yang unik dan instagramable juga akan meningkatkan minat pengunjung. Mereka akan dengan senang hati mengambil foto dan mempostingnya di akun media sosial mereka masing-masing. Hal ini secara tidak langsung adalah promosi gratis karena teman-teman mereka akan melihat foto tersebut dan mungkin tertarik untuk datang berkunjung.

Untuk mencari informasi, kamu bisa survey langsung ke kedai-kedai kopi hits atau kamu juga bisa melakukan survey secara online dengan mempelajari dekorasi kedai-kedai kopi hits di seluruh dunia.

  • Cari barista yang tepat

Dekorasi yang indah tidak akan ada artinya kalau kamu tidak bisa menemukan barista yang tepat. Apa artinya dekorasi bagus kalau pengunjung kecewa karena rasa yang tidak enak? Oleh karena itu, barista menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan bisnis ini.

Sebelum memilih barista, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu pertanyaan ini: apakah kamu lebih mengutamakan barista yang memiliki kemampuan sosialisasi bagus dengan pelanggan, atau kamu lebih memilih seseorang yang memiliki kemampuan hebat dalam meracik biji kopi? Tentu kamu pasti menginginkan seseorang yang memiliki keduanya. Akan tetapi, kalau kamu tidak menemukan orang yang memiliki keduanya, kamu harus memilih mana yang menurutmu lebih penting? Karena tidak jarang pelanggan betah datang dan datang lagi karena merasa nyaman ngobrol dengan baristanya.

  • Manfaatkan media sosial

Semua orang sekarang menggunakan media sosial hampir sepanjang hari. Tidak jarang, mereka menemukan tempat nongkrong yang baru dan asyik karena rekomendasi yang mereka lihat di media sosial. Promosi melalui media sosial sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Buatlah akun resmi dengan informasi lengkap seperti alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Unggahlah foto-foto yang menarik dengan caption yang menginspirasi.

Kalau perlu, kamu bisa mempekerjakan seorang social media expert khusus untuk menangani segala macam urusan promosi di media sosial. Maksimalkan juga bisnismu agar bisa terdeteksi di Google sehingga orang-orang bisa memberikan review dan orang lain akan lebih mudah menemukan kedai kopimu.

Tidak ada salahnya juga kamu mempromosikan bisnismu dengan memanfaatkan jasa endorse selebgram atau influencer terkenal. Undang food blogger/vlogger untuk mencicipi menu di kopimu sehingga mereka bisa memberikan review dan membagikannya kepada para pengikut mereka.

  • Cari supplier terbaik

Untuk menyajikan minuman kopi yang berkualitas, kamu juga harus menggunakan bahan yang berkualitas. Untuk itu, kamu harus menemukan supplier kopi yang bisa dipercaya dan memang menyediakan biji kopi dengan kualitas terbaik. Tidak ada salahnya kamu menguji coba dulu beberapa supplier sampai menemukan supplier yang tepat. Usahakan juga untuk menemukan supplier yang lokasinya lebih dekat untuk memangkas ongkos pengiriman.

  • Pelajari pengetahuan pembukuan dan keuangan

Saat kamu memulai bisnis, kamu juga harus mempelajari hal-hal berkaitan dengan pembukuan dan keuangan. Kalau kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mempekerjakan seorang akuntan untuk mengurusi hal ini. Namun kalau tidak, kamu bisa melakukannya sendiri.

Kalau sebelumnya kamu belum menguasai ilmu ini, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu, baik melalui kelas-kelas online maupun kenalanmu yang menguasai ilmu ini.

(Baca juga: Sebelum Ada Kopi Kekinian, Kedai-kedai Ini Sudah Eksis Duluan)

Nah itulah tips memulai bisnis kopi yang bisa kamu coba. Kalau kamu terkendala modal usaha, kamu bisa akses CekAja untuk mendapat panduan finansial tepercaya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.