Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Merintis Usaha Tapi Takut Gagal? Tenang, kan Ada Asuransi Bisnis

by Miftahul Khoer on 28 Januari, 2020

Selama ini kita lebih banyak mengenal jenis asuransi untuk kesehatan, pendidikan, kendaraan, asuransi perjalanan, dan juga asuransi jiwa. Namun bagi kamu yang tengah memulai usaha, ada baiknya berkenalan dengan asuransi bisnis yang bisa melindungi perusahaan rintisan kamu dari sejumlah risiko.

Fungsi dari asuransi bisnis adalah melindungi usaha dari faktor-faktor yang mengancam keberlangsungan bisnis kamu. Berikut ini penjelasan mengenai asuransi bisnis yang perlu diketahui:

Bisnis dan usaha yang dijalankan berpotensi menghadapi berbagai kendala dan tantangan, termasuk juga kerugian finansial. Salah satu manfaat asuransi bisnis adalah bisa melindungi dari kerugian ataupun hal-hal yang tidak terduga.

Apabila kerugian masih dapat diperhitungkan, tentu tidak menjadi masalah walaupun bisnis tidak diasuransikan. Namun, apabila kerugian di luar perkiraan hingga bisa mengganggu keberlangsungan bisnis sampai menyebabkan kebangkrutan, tentunya asuransi tersebut bisa meminimalisir risiko yang terjadi.

Beberapa risiko dalam bisnis yang paling sering terjadi antara lain pencurian. Walaupun sistem keamanan sudah dibangun dengan baik, namun pencurian tetap bisa terjadi. Oleh karena itu, asuransi bisnis bisa meminimalisasi dampak dari pencurian tersebut bagi keberlangsungan bisnis.

Risiko lain yang mungkin terjadi adalah kebakaran. Seorang pengusaha bisa mengasuransikan aset-aset yang dimiliki melalui asuransi bisnis sehingga apabila terjadi risiko kebakaran pada aset-aset tersebut, maka kerugian yang dialami bisa teratasi.

Kemudian, Indonesia juga seringkali dilanda bencana alam karena secara geografis berada di tiga persimpangan lempeng teknotik. Bencana yang lazim terjadi antara lain gempa bumi dan letusan gunung berapi. Apabila bisnis yang kamu jalankan berada di wilayah rawan bencana, maka asuransi bisnis merupakan salah satu instrumen yang bisa membuat kamu tenang.

Selanjutnya, kecelakaan yang tidak disengaja juga seringkali terjadi terutama saat sedang dalam perjalanan untuk urusan bisnis. Maka, suatu bisnis juga perlu dilindungi dengan asuransi kecelakaan.

Seorang pengusaha dituntut untuk berani mengambil risiko yang sudah diperhitungkan untuk mengembangkan bisnisnya. Selain itu, inovasi juga sangat dibutuhkan agar sebuah bisnis yang dijalankan bisa tumbuh menjadi lebih besar.

(Baca juga: Asuransi Mobil Terbaik Tahun 2020 Versi CekAja)

Saat sedang mengembangkan bisnis, risiko menjadi hal yang mungkin akan akrab dihadapi seorang pengusaha. Semakin besar bisnisnya, maka risikonya pun semakin besar. Oleh karena itu, jangan sampai risiko dalam bisnis membuat kamu ragu dan gentar untuk melangkah. 

Rasa keberanian untuk berinovasi tersebut bisa dipupuk apabila aset-aset dan bisnis yang dijalankan sudah terlindungi dalam asuransi bisnis. Sehingga kamu tidak perlu lagi memikirkan risiko bisnis yang mungkin terjadi, karena akan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Dengan mengasuransikan bisnis, sama artinya sebagai upaya kamu membangun pondasi bisnis yang lebih kuat.

Seseorang yang memiliki usaha juga bisa menggunakan asuransi bisnis untuk melindungi properti yang dimiliki agar apabila terjadi risiko dalam bisnis, tidak akan terlalu membuat pusing.

  • Cocok untuk pedagang online

Selain itu, perlindungan bisnis juga bisa dilakukan terhadap barang-barang yang sedang dalam pengiriman. Asuransi bisnis juga cocok bagi seseorang yang bergerak pada sektor perdagangan yang memiliki risiko tinggi karena sering kali mengalami kerugian saat pengiriman barang seperti barang tidak sampai akibat kecelakaan, barang rusak saat pengiriman, barang hilang, ataupun risiko lainnya.

Dengan adanya asuransi bisnis, risiko yang terjadi pada barang-barang yang dikirim tersebut menjadi tanggung jawab asuransi sehingga kamu bisa semakin yakin dan berani dalam menjalankan bisnis.

Setiap risiko dan kerugian dalam berbisnis baik dalam skala kecil, sedang, hingga besar tidak akan menjadi beban dan masalah karena sudah ada pihak asuransi yang menanggungnya, apabila bisnis sudah diasuransikan.

Dengan begitu, dampak dari risiko bisnis bisa diminimalisasi dan menghidarkan seorang pengusaha dari kebangkrutan karena segala kerugian akan ditanggung oleh asuransi.

  • Tak takut lagi berwiraswasta

Fungsi dan manfaat dari asuransi bisnis ini bisa memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berbisnis sehingga diharapkan bisa mendorong lebih banyak lagi masyarakat yang berani untuk memulai dan menjalankan bisnisnya sendiri.

(Baca juga: Ini Dia Berbagai Jenis Asuransi untuk Keluarga Kamu)

Tidak perlu takut untuk berbisnis karena segala risiko dalam berbisnis bisa diantisipasi oleh asuransi. Dengan berbisnis juga bisa membantu untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Sudah tahu kan keuntungan memiliki asuransi bisnis apabila kamu sedang merintis perusahaan kamu sendiri? Temukan, pilih, dan bandingkan beragam produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan lewat CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.