Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Mau Mulai Bisnis Online di 2016? Berikut Tipsnya

by Rafly Aditia on 5 Januari, 2016

Kamu ingin segera keluar dari penatnya pekerjaanmu saat ini dan memulai bisnis onlinemu sendiri? Well, sepertinya kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu dan memastikan bahwa kamu dapat melalui masa-masa sulit saat memulai bisnis baru nantinya.

Perlu kamu ketahui, menjadi boss dari diri sendiri dan menghasilkan uang dari bisnismu memang dapat merubah kehidupanmu secara drastis nantinya. Namun, untuk mendapatkan hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena kamu memerlukan banyak ilmu pengetahuan, dan skill yang dikolaborasikan dengan dedikasi tinggi serta mental baja dalam menghadapi masalah yang akan menghampirimu.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan diri dalam memulai bisnis online. Kamu dapat melakukan 5 tips berikut agar kamu bisa meraih kesuksesan lewat bisnis online milikmu sendiri;

  1. Pelajari Skill dan Pengetahuan Baru

Sebagai pemilik bisnis online, kamu perlu mengetahui tentang hal-hal yang berhubungan dengan konten digital seperti web desain, internet marketing, dan yang lainnya bahkan jika kamu memperkerjakan spesialis programmer atau desainer kamu tetap perlu mengetahui hal-hal tersebut.

Misalnya, ketika desainermu sedang berada dalam ‘deadlock’ saat diminta untuk mengerjakan sebuah proyek, kamu dapat memberikannya beberapa ide segar berdasarkan pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki di bidang desain sehingga dirinya dapat menghasilkan sebuah desain yang baik untuk bisnis milikmu.

  1. Dedikasikan Waktu Untuk Bisnismu

Pastinya kamu tahu bahwa tidak ada yang instan dalam memulai sebuah bisnis, untuk itu pastikan kamu dapat memberikan segenap waktumu dan bekerja secara total untuk membangun bisnis online barumu.

(Baca juga: Cuma Modal Rp 10 juta, Ini Ide Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016)

  1. Tetap Terorganisir dan Gunakan Uang Secara Bijak

Untuk membangun sebuah bisnis online yang besar kamu harus memiliki sistem kerja yang terorganisir, mulai dari melakukan tracking atas pemasukan dan pengeluaran secara sistematis, menschedule pertemuan dan sebagainya. Selain itu juga, gunakanlah uang investasimu secara bijak dan tetap dalam rencana yang telah kamu tentukan sebelumnya.

  1. Gunakan Hosting Terbaik

Dalam bisnis online, hosting dan server merupakan hal yang sangat penting. Berhubung kamu menjalankan bisnismu dengan menggunakan akses di dunia maya, maka kamu memerlukan hosting terbaik serta server yang mencukupi untuk bisnismu. Hal ini diperlukan karena jangan sampai para konsumenmu lari dan berpindah ke saingan bisnismu hanya karena website yang kamu bangun sering mengalami kendala dan sulit diakses.

Jadi, menghabiskan uang lebih di awal demi mendapatkan hosting terbaik adalah pilihan yang sangat tepat. Karena tentunya ini lebih baik daripada menggunakan hosting murah namun bermasalah yang dapat membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak dan mengalami kerugian karena kehilangan konsumen di masa depan nantinya.

(Baca juga: Bisnis Dadakan Ini Bisa Bikin Kaya Mendadak di 2016)

  1. Tetap Fokus dan Optimis

Jika ingin membangun sebuah bisnis besar, kamu memerlukan banyak energi positif walaupun mungkin kamu mengalami beberapa kendala dalam mengembangkan bisnismu. Maka dari itu, tetaplah optimis dan fokus terhadap tujuan-tujuan yang telah kamu tetapkan dalam mengembangkan bisnis onlinemu. Tanamkan dalam dirimu rasa kepercayaan yang tinggi bahwa kamu pasti bisa menjadikan bisnis milikmu ini bisnis yang besar dan bermanfaat bagi orang banyak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.