Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mau Mulai Investasi yang Aman? Deposito Bisa Jadi Pilihan

by JTO on 5 Januari, 2015

Punya rencana untuk memulai investasi di 2015 ini. Deposito bisa menjadi pilihan tepat karena lebih aman dan terjamin untuk seseorang yang ingin memulai investasi. Apa saja kelebihan dari produk ini?

Deposito adalah instrumen keuangan yang cocok bagi semua usia yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan risiko rendah.

Anda menyimpan uang, kemudian uang yang di investasikan hanya boleh diambil kembali sesuai batas waktu yang disepakati.

Karena itu, catatan pertamanya adalah Anda tidak akan membutuhkan uang yang di depositokan dalam waktu dekat. Misalnya untuk membayar uang muka rumah atau membeli mobil.

Ada dua faktor yang patut dipertimbangkan ketika memilih apakah deposito tersebut tepat buat Anda.

  1. Rencana Jangka Waktu

Kapan Anda membutuhkan dana tabungan tersebut ? apakah Anda memiliki dana lain yang dapat Anda gunakan dalam waktu dekat ? Karena itu, apabila Anda tidak berencana menggunakan dana tersebut dalam jangka waktu 6 bulan kedepan, maka Deposito adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

  1. Tingkat Suku Bunga

Perkiraan tingkat suku bunga dalam beberapa waktu kedepan juga harus menjadi bahan pertimbangan berapa lama Anda menanamkan dana dalam deposito.

Jika suku bunga Bank Indonesia meningkat ( biasanya dibarengi dengan inflasi ), maka deposito jangka pendek akan lebih baik. Sebaliknya, bila tingkat suku bunga deposito cenderung turun, deposito jangka panjang lebih bagus. Alasannya, bunga deposito Anda terkunci di angka yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Berinvestasi di Deposito?

Sebelum Anda melakukan transaksi deposito, ada beberapa indikator yang harus Anda ketahui

  • APR (Annual Percentage Rate)

Adalah persentase suku bunga tahunan, atau suku bunga yang ditawarkan bank terhadap Anda.

  • APY (Annual Percentage Yield)

Adalah persentase imbal hasil tahunan, adalah imbal hasil total yang Anda dapat setelah dihitung dengan metode bunga berbunga.

Apa itu bunga berbunga ?

Sederhananya adalah investasi Anda terus tumbuh dari tahun ke tahun. Misalkan Anda menabung di deposito sebesar Rp 100juta dalam jangka waktu 3 tahun, dan tingkat suku bunga tahunan sebesar 5%.

Maka di tahun pertama investasi Anda akan menghasilkanRp 5 juta. Ditahun kedua, 5% tersebut akan dikalikan Rp 105.000.000, dan hasilnya Rp 5.250.000. Kemudian di tahun ke-3, keuntungan 5% tersebut akan menjadi Rp 5.510.000.

Apa langkah yang harus dilakukan agar deposito Anda lebih untung? Baca artikel selanjutnya.

Langsung bandingkan suku bunga deposito puluhan bank di Indonesia, coba klik di sini. 

 

KONTRIBUTOR IBNU - CekAja.com

 

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.