Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Nikmati Serunya Perayaan Imlek di Beberapa Wilayah Indonesia? Ini Bujet yang Mesti Disiapkan

by Ariesta on 3 Februari, 2016

Tahun baru Imlek tinggal menghitung hari.  Tradisi adat Tionghoa ini kini bisa dinikmati baik oleh warga keturunan maupun yang bukan. Berbeda dengan saat sebelum era reformasi di mana perayaan imlek tidak diperbolehkan.

Tak perlu jauh-jauh ke Hongkong, Tiongkok, atau Taiwan, karena kota-kota di Indonesia menyediakan wisata imlek yang tidak kalah seru dengan luar negeri. Jumlah warga keturunan Tionghoa yang cukup banyak membuat perayaan  Imlek semakin meriah setiap tahunnya. Inilah kota-kota yang seru dikunjungi untuk menikmati perayaan Imlek.

1. Singkawang

Singkawang

Kota Singkawang terletak sekitar 145 kilometer dari Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Julukan kota seribu kuil disematkan karena di kota ini memang banyak dijumpai kelenteng. Mayoritas penduduknya yang merupakan etnis Tionghoa menjadikan perayaan Imlek di kota ini sangat meriah hingga menyedot banyak wisatawan domestik maupun luar negeri. Bahkan menurut Kementrian Pariwisata,  Singkawang dan Pontianak merupakan tempat perayaan Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara. Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Imlek yang jatuh pada hari ke-15 Imlek.

Di Singkawang, Imlek dirayakan dengan Parade Tatung. Tatung merupakan pawai yang menampilkan ratusan orang kesurupan berjalan di sepanjang jalan. Konon yang merasuki adalah roh para pahlawan dalam legenda Tiongkok.

Bagi kamu yang berminat mengunjungi kota Singkawang sebaiknya melakukan reservasi penginapan dari jauh-jauh hari. Pasalnya hotel acapkali penuh karena membludaknya wisatawan. Untuk menuju Singkawang, kamu yang berasal Jakarta harus menaiki pesawat ke Pontianak terlebih dahulu. Dari bandara Supadio Pontianak, perjalanan kemudian dilanjut menggunakan DAMRI seharga Rp 90.000. Kamu juga bisa menumpang taksi berbentuk minibus seharga Rp 75.000 per orang dengan minimal lima penumpang. Lama perjalanan berkisar antara 3-5 jam.

Berdasarkan pantauan CekAja, tiket pesawat termurah ke Singkawang dibandrol mulai dari Rp 424.000 – Rp 1.035.000 untuk keberangkatan bulan Februari.  Jika kamu bepergian sendiri, hotel Sinar Khatulistiwa seharga mulai dari Rp 160.000/malam bisa menjadi pilihan. Namun jika pergi bersama keluarga, cobalah menginap Golden Hawaii Villa Singkawang seharga Rp 533.000/malam untuk villa dua kamar.

(Baca juga: 5 Cara Mencegah Kantong Jebol Selama Imlek)

Perkiraan biaya termurah:

Pesawat Jakarta-Pontianak PP = Rp 1.000.000

Taksi Pontianak-Singkawang PP = Rp 150.000

Penginapan 3 hari 2 malam = Rp 320.000

Makan dan oleh-oleh = Rp 400.000

Total perkiraan biaya = Rp 1.870.000

2. Semarang

Chinatown Semarang merupakan salah satu tujuan wisatawan menjelang perayaan Imlek. Berkunjung ke Semarang, kamu bisa melakukan wisata kelenteng mulai dari Kelenteng Tay Kek Sie yang didirikan pada tahun 1746, Kelenteng Siu Hok Bio di Jalan Wotgandul Timur, serta Kelenteng Wie Wie Kiong yang arsitekturnya dipengaruhi Eropa. Kelenteng lainnya seperti Tek hay Bio, See Hoo Kiong, Hoo Hok Bio, Tri Noto Buko Bawono, Tri Setia Bakti, Hok Sing Bio Bugangan, Grajen, Ling Hok Bio, dan masih banyak lainnya dijamin bisa memuaskan dahaga para pencinta fotografi.

(Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bawa Hoki Jika Disantap Saat Imlek)

Kamu yang menyukai sejarah wajib mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong yang merupakan kelenteng pertama dan tertua di Semarang. Sam Poo Kong didirikan oleh laksamana Cheng Ho, pelaut dan penjelajah asal China yang juga seorang muslim. Saksikan juga atraksi kesenian Tiongkok seperti Wayang Potehi, Gambang Semarang, Twa Kok Djwee, barongsai, permainan toya, hingga wushu.

Menuju Semarang dari Jakarta terdapat tiga alternatif yakni pesawat, bus, dan kereta. Berdasarkan pantauan CekAja, tiket pesawat termurah untuk kebarangkatan Februari seharga Rp 284.000, kereta kelas eksekutif Rp 230.000, dan bus Pahala Kencana untuk kelas VIP Rp 200.000. (Baca juga:

Banyak penginapan murah di Semarang. Dengan Rp 156.000/malam, kamu sudah bisa menginap di guest house Just Inn Semarang yang lokasinya strategis jika booking lewat pegipegi.com. Hotel budget lainnya juga sedang mengadakan diskon mulai dari Rp 200.000-Rp 700.000/malam.

Perkiraan biaya termurah:

Pesawat Jakarta-Semarang  = Rp 284.000

Bus Semarang-Jakarta = Rp 230.000

Penginapan 3 hari 2 malam = Rp 400.000

Makan dan oleh-oleh = Rp 400.000

Total perkiraan biaya = Rp 1.314.000

3. Tangerang

Pengurus Vihara dengan berdandan ala Dewa Uang Cai Shen membagikan angpao dan coklat kepada warga yang mengikuti sembahyangan imlek di Vihara Nimala, Tangerang, Banten, Rabu (18/2)malam. Pembagian angpao merupakan tradisi yang sering dilakukan pada perayaan Imlek yang mengambil kisah cerita dari Dewa Uang China Cei Shen. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ss/pd/15

Perayaan Imlek di Tangerang berpusat di kelenteng Boen Tek Bio dan Boe San Bio. Tahun 2014 lalu, kelenteng Boen Tek Bio ini menyediakan 30 ribu lilin dalam rangka menyambut imlek. Kelenteng ini berada di Jl. Bhakti no.14 Pasarlama Tangerang atau ekitar 600 meter dari pusat pemerintahan kota Tangerang. Sedangkan itu kelenteng Boe San Bio terletak di Jl. KS Tubun.

Menikmati susasana Imlek di Tangerang bisa dilakukan pulang pergi dari Jakarta. Dari Jakarta, kamu bisa naik kereta dari stasiun Duri dengan tarif maksimal Rp 5.000 untuk sekali jalan. Pilihannya adalah bus Mayasari Bakti AC 34 Blok M-Poris (Cimone) Tangerang dengan tarif Rp 8.000.

(Baca juga: Terawang Karier di Tahun Monyet Api)

Perkiraan biaya termurah:

Ongkos PP = Rp 20.000

Makan dan oleh-oleh = Rp 100.000

Total perkiraan biaya = Rp 120.000

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami