Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Nonton Pertandingan Sepak Bola dengan Nyaman? Cek Kiatnya!

by Miftahul Khoer on 25 September, 2018

Menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion dengan aman dan nyaman adalah impian setiap orang. Selain bisa merasakan euforia dan suasana pertandingan, menyaksikan secara langsung tim kesayangan Anda berlaga bakal memberikan kepuasan tersendiri. Simak kiat menonton pertandingan sepak bola dengan nyaman.

Nyatanya, ada saja oknum yang mencoreng dunia sepak bola Indonesia. Belum lama ini Indonesia kembali berduka dengan meninggalnya Haringga Sirla, seorang pendukung Persija sesaat sebelum pertandingan Gojek Liga 1 antara Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018).

Haringga meninggal setelah dikeroyok pendukung Persib jelang pertandingan sepak bola. Meninggalnya pendukung klub sepak bola Tanah Air merupakan peristiwa yang terjadi untuk kesekian kalinya.

Namun, di luar kasus kematian pendukung Persija tersebut, kali ini CekAja akan membahas tips aman dan nyaman menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung di stadion. Yuk cek!

(Baca juga: Masih Berusia Muda, 6 Pemain Sepak Bola ini Punya Gaji Tertinggi di Dunia)
Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat

Menonton secara langsung pertandingan sepak bola klub kesayangan di stadion mungkin lebih menarik ketimbang menyaksikan di televisi. Namun, Anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi badan Anda dalam keadaan sehat.

Bayangkan jika dalam keadaan tidak fit, tetapi Anda memaksakan untuk tetap menyaksikan klub kesayangan berlaga, mungkin Anda tidak akan menikmati pertandingan sepak bola secara utuh.

Suasana di stadion yang bergemuruh dan berisik tentu saja sangat mengganggu kondisi Anda yang sedang tidak sehat. Bahkan, kondisi fisik Anda bisa sangat terganggu hingga bisa menyebabkan pingsan jika tetap memaksakan menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu dari awal, jika memang dalam keadaan sehat Anda bisa menonton tim kesayangan di stadion. Kalau tidak, ya lebih baik nonton bareng saja bersama keluarga atau tetangga di televisi.

(Baca juga: Ini Pesepak Bola yang Miliki Rumah Mewah dengan Harga Wah)

Siapkan kebutuhan selama di stadion

Idealnya, pertandingan sepak bola berjalan selama 90 menit. Namun, sebagai penonton tentu Anda akan berada di stadion lebih lama. Anda bisa datang beberapa jam sebelum dan setelah pertandingan.

Anda juga tidak bisa memprediksi seperti apa cuaca di area stadion selama pertandingan. Untuk itu, sebagai antisipasi, sebaiknya Anda membawa bekal kebutuhan selama pertandingan sepak bola digelar.

Anda wajib membawa bekal makanan, minuman atau camilan. Selama di stadion tentunya Anda akan mengeluarkan banyak energi saat mendukung tim kesayangan bertanding. Dengan demikian Anda butuh asupan makanan dan minuman.

Selain itu, Anda juga wajib membawa jas hujan atau payung. Karena selama menonton pertandingan, Anda tidak bisa memprediksi kondisi cuaca apa yang akan terjadi. Jika memang tiba-tiba hujan, Anda tetap bisa menyaksikan pertandingan sepak bola secara aman dan nyaman karena mengenakan jas hujan dan payung.

(Baca juga: Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Lembur)

Pakir di tempat resmi

Bagi yang membawa kendaraan, pastikan Anda memarkirkan kendaraan di tempat resmi. Ini untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan saat Anda tengah asik menikmati jalannya pertandingan sepak bola klub kesayangan.

Banyak kasus kehilangan kendaraan bermotor saat penonton meninggalkan kendaraannya di parkiran liar. Para petugas parkir liar ini biasanya tidak bertanggung jawab jika ada kehilangan.

Untuk itu, dengan memarkirkan kendaraan di tempat resmi, setidaknya akses keluar dan masuk kendaraan melalui pemeriksaan ketat oleh petugas, sehingga bisa mencegah potensi curanmor.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum ke stadion. Ini jauh lebih aman sehingga Anda tidak perlu khawatir memikirkan kendaraan selama menikmati pertandingan.

Jangan salah, saat ini kendaraan umum sudah semakin nyaman. Dengan hadirnya transportasi berbasis aplikasi tentu sangat memudahkan Anda untuk sampai tujuan, tak terkecuali nonton pertandingan sepak bola di stadion.

(Baca juga: Sebelum Ikut Seleksi CPNS, Pelajari Dulu 3 Jenis Tes Ini)
Datang lebih awal

Pendukung fanatik sebuah klub sepak bola biasanya akan bela-belain menyaksikan pertandingan langsung di stadion di manapun. Tak jarang laga yang berlokasi di luar kota atau provinsi sekalipun dikejar oleh para pendukung.

Untuk kenyamanan dan keamanan saat menonton, sebaiknya Anda datang lebih awal atau sekitar dua jam sebelum pertandingan sepak bola digelar. Datang lebih awal memberikan beberapa keuntungan. Misalnya Anda tidak perlu desak-desakan saat antre masuk stadion atau Anda bisa memilih tempat duduk yang paling strategis.

Pilih VIP atau VVIP

Ada beberapa jenis tiket yang bisa dipesan selama menonton pertandingan sepak bola. Anda bisa memesan tiket VIP atau VVIP untuk keamanan dan kenyamanan saat menonton.

Namun, tentunya Anda harus mengeluarkan kocek yang lebih besar untuk mendapatkan jenis tiket ini. Di Stadion Gelora Bung Karno misalnya, fasilitas yang bisa dinikmati dari tiket VVIP adalah mendapatkan minuman gratis, toilet, ruangan AC hingga Anda bisa menonton pertandingan seperti dari balkon rumah sendiri.

Namun, masing-masing stadion memiliki fasilitas tersendiri. Tentunya, harganya pun berbeda untuk setiap stadion.

(Baca juga: Mengenal Sindrom Steven Johnson yang Membuat Al Ghazali Pingsan)
Pastikan membeli tiket resmi

Hal yang harus Anda perhatikan saat hendak menonton pertandingan sepak bola di stadion adalah membeli tiket resmi. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari pembelian tiket resmi ini.

Tiket bisa didapat secara online atau di lokasi-lokasi resmi yang telah bekerja sama dengan pihak panitia penyelenggara. Tiket resmi ini harganya lebih murah dibandingkan membeli di calo.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami