Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Panjang Umur? Kalau Bersin Lepasin Aja Ya!

by Gito on 8 Oktober, 2019

Saat ini pola hidup sehat sudah menjadi tuntunan hidup yang wajib dijalankan oleh para milenial. Maklum, dengan mimpi dan rencana hidup segudang, rasanya mustahil bisa dijalankan bila tubuh tidak fit.

penyakit setelah Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Nah sehat atau tidaknya tubuh tidak hanya perlu dijaga dari asupan makan dan minum saja, dengan tidak menahan diri sewaktu bersin, juga merupakan salah sau kunci untuk tetap sehat.

Banyak orang memikirkan dengan detil asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh lalu mengkombinasikannya dengan jenis makanan yang sesuai demi menjaga tubuh sehat. Kemudian ada juga yang mulai menghindari minuman dan makanan dengan pengawet dan juga penyedap.

Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Tetapi sadarkah kamu, selain makanan ada juga hal lain yang membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat, bahkan ini termasuk dalam kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan dan dianggap sepele. Simak penjelasannya yuk!

Jangan tahan kalau bersin

Bersin merupakan alarm tubuh bahwa ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Benda asing yang dimaksud bisa dalam bentuk bakteri, virus atau bahkan debu.

Namun kadang aktivitas bersin terjadi di situasi dan kondisi yang tidak tepat. Misalnya ketika kamu sedang antri untuk makan siang di kantor, kebanyakan dari kamu pasti akan menahan rasa bersin tersebut karena khawatir makanan yang tersaji bakal terpapar.

Tetapi ternyata, hal itu malah akan memperburuk kondisi kesehatan kamu. Bahkan dalam kondisi terburuk, tenggorokan kamu bisa robek kalau kamu berusaha menghentikan bersin.

Kuatnya tekanan yang berasal dari dalam tubuh mampu merobek jaringan yang ada di tenggorokan. Jika hal itu terjadi, maka udara yang seharusnya keluar berpotensi masuk jaringan yang robek tersebut.

Aktivitas makan dan minum kamu juga bakal terganggu. Dalam beberapa kasus bahkan ada yang sampai dipasang selang makanan untuk meminimalisir aktivitas di jalur tenggorokan demi pemulihan.

Lewat bersin juga bisa menyelematkan nyawa kamu. Menilik BBC Indonesia, seorang laki-laki di Italia terkena peluru di kepala. Ketika berada di rumah sakit, dia bersin. Ajaibnya, dengan begitu peluru tersebut keluar dari hidungnya berbarengan dengan bersinnya.

Jadi melalui bersin, umur kamu juga bisa bertambah panjang. Karena penyakit dan virus keluar bersamanya. Tetapi jangan lupa ditutup ya, supaya virusnya tidak menyebar kemana-mana. 

(Baca juga: Konsumsi Daging Kambing Ternyata Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan)
Hindari tidur tengkurap

Posisi tidur tertelungkup atau tengkurap diakui oleh kebanyakan orang merupakan posisi tidur terburuk. Karena dengan posisi tersebut, nafas kamu akan menjadi lebih berat dan kerja organ tubuh juga kurang maksimal.

Padahal saat tidur, seluruh organ di tubuh melakukan detoksifikasi atas aktivitas yang kamu lakukan seharian. Mulai dari proses pencernaan makanan, mengeluarkan racun dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menyeimbangkan kerja tubuh.

Dalam posisi tidur tengkurap juga ada banyak saraf yang terhimpit oleh berat badan. Selain itu jika kamu terus-terusan tidur dalam posisi tersebut tulang belakang kamu berpotensi terasa nyeri lantaran besarnya tekanan yang berpusat pada bagian tengah tubuh.

(Baca juga: Mata Perih Hingga Sesak, Ini Efek Gas Air Mata Terhadap Kesehatan)
Menyentuh wajah

Tangan kita merupakan medium terbaik untuk menularkan kuman dan juga virus. Di tangan kamu, terdapat beribu kuman dan bakteri yang menempel akibat tingginya aktivitas kamu setiap harinya.

Nah kalau kamu sering menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, terbayang kan kuman dan bakteri yang ada di tangan bakal dengan mudah pindah ke wajah. Oleh karena itu rajin-rajinlah untuk mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang personal hygiene masih berada dibawah angka 50%. JIka kuman dan bakteri menempel di permukaan kulit kamu maka, kemungkinan untuk terjadinya infeksi semakin besar.

Sedikit saja ada luka dan kamu jarang melakukan aktivitas bersih-bersih, maka tinggal tunggu infeksinya saja. Jadi jagalah kesehatan diri sedini mungkin.

Lengkapi juga diri kamu dengan asuransi kesehatan. Hal itu perlu dilakukan sebagai langkah mitigasi risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan. Temukan dan beli asuransi kesehatan di CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami