Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Pensiun Dini? Persiapkan Hal Berikut

by Satrya Agung on 24 February, 2016

investasi pensiun - CekAja.com

Yang namanya jenuh bisa menghampiri siapa saja. Apalagi dengan pekerjaan yang sudah lama ditekuni. Tekanan yang semakin tinggi, kemacetan yang harus ditempuh membuat orang berpikir untuk pensiun lebih awal atau pensiun dini.

Semua karyawan berhak mengajukan pensiun lebih awal, namun tentu dengan ketentuan yang sudah diterapkan oleh masing-masing perusahaan. Biasanya minimal lama berkerja di perusahaan tersebut lebih kurang 15 hingga 20 tahun. Fasilitas yang diterima pun sama dengan pensiun normal, yakni mendapatkan pesangon, penghargaan masa kerja, dan penggantian hak yang nominalnya sama besarnya dengan pensiun normal.

Selain permintaan pensiun datang dari karyawan, perusahaan pun kerap dan diperbolehkan menawarkan pegawainya yang sudah lama aktif untuk mengambil kesempatan untuk pensiun lebih awal. Tentu dengan pesangon yang besar sehingga si karyawan mengambil kesempatan tersebut dan orang yang pintar uang yang diterima tidak akan dihabiskan begitu saja, tapi akan diinvestasikan atau dijadikan modal usaha.

Walau demikian, keputusan untuk pensiun dini haruslah dipikirkan baik-baik. Agar jangan sampai menyesal di kemudian harinya. Sebab jika ingin mengajukan diri ke perusahaan lain maka akan sulit diterima bekerja. Alasannya adalah usia yang sudah mendekati senja dianggap sudah tidak produktif lagi. Kecuali pada posisi terakhir memiliki posisi yang tinggi seperti direktur. Kebanyakan mantan-mantan direktur ini diincar perusahaan lain dan menjadi incaran Head Hunter.

Agar setelah pensiun hidup tetap tercukupi maka perhatikan beberapa hal berikut:

Target

Tentukan target usia pensiun kamu terlebih dahulu. Misal, kamu akan pensiun di usia 40 atau 45 tahun. Jika saat ini usia kamu 30 tahun dan menargetkan akan pensiun di usia 45 tahun maka kamu punya waktu 15 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun nanti. Buatlah perencanaan yang matang untuk mengisi masa pensiun kamu nanti. Berapa sih besaran pesangon pensiun dini pns? Sebelum dijawab, pengertian pensiun dini adalah pensiun dini.

Kalkulasi biaya hidup

Kalkulasi ini tidak hanya untuk nanti saat pensiun saja, tapi dimulai dari sekarang. Dengan mengetahui berapa kebutuhan setiap bulannya maka kamu akan bisa membuat perencanaan matang dan memastikan kelak saat pensiun bisa hidup dengan berkecukupan. Agar tidak keliru dalam perhitungan, pastikan menambahkan perkiraan inflasi yang setiap tahunnya naik 6%. Syarat pensiun dini pns guru cukup banyak.

Totalkan semua hutang

Poin ini sering dilupakan dan dianggap remeh. Padahal kita lupa saat pensiun kelak akan sulit untuk membayar hutang jika pendapatan tidak ada. Untuk itu sedari dini hitung semua hutang yang sedang berjalan, seperti kredit rumah, cicilan mobil atau motor, dan hutang lainnya. Setelah dijumlahkan, lihat hutang mana yang jangka waktunya paling lama dan jadikan itu sebagai target waktu pensiun nanti.

Misal, hutang akan kredit rumah kamu masih 12 tahun lagi. Sedangkan awalnya kamu berencana untuk pensiun 10 tahun lagi. Maka dari pada itu baiknya kamu menangguhkan untuk pensiun hingga kredit rumah sudah terlunasi. Sehingga saat pensiun nanti kamu tidak akan pusing dengan tagihan tiap bulannya. Walau pun ada uang pesangon yang nanti diterima, baiknya dana tersebut tidak dialihkan sebagai pembayar hutang. Tapi tetap untuk diputarkan lagi, seperti investasi atau modal usaha. Namun akan jauh lebih baik jika kamu bisa melunasi hutang-hutang tersebut lebih awal.

Kencangkan ikat pinggang

Mulai sekarang biasakanlah untuk hidup sederhana. Jika yang biasanya kamu terbiasa nongkrong di coffee shop hanya untuk menikmati secangkir kopi, baiknya ubah kebiasaan tersebut dengan kopi biasa dan menikmatinya di rumah. Alasannya sederhana, harga secangkir kopi di tempat modern tersebut jika dialihkan dengan membeli kopi biasa tentu yang tadinya hanya untuk dinikmati dalam sekali teguk bisa kamu nikmati berkali-kali di rumah. Bahkan bisa untuk membeli stok kopi selama sebulan.

Investasi

Poin ini sudah kita singgung dari awal. Ketika kamu pensiun dini, pastikan sudah ada investasi yang berjalan. Dan investasi tersebut sudah kamu rancang jauh-jauh hari sehingga kamu tinggal menikmatinya saja. , Jika pensiun dini pns dapat 1 milyar, berapakah uang pensiun dini pns karena sakit? Berdasarkan peraturan pensiun dini karyawan swasta, pesangon pensiun dini karyawan swasta tergantung syarat pensiun dini karyawan swasta.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami