Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mau Pulang Kampung Hemat? Ini Daftar Program Mudik Gratis!

by Achmad Fauzi on 15 Mei, 2018

Menjelang Idul Fitri, masyarakat Indonesia mempunyai tradisi yakni pulang ke kampung halamannya atau lebih dikenal dengan sebutan mudik. Tujuan mudik adalah untuk merayakan hari kemenangan bersama orang tua dan sanak keluarga.

Saat mudik, masyarakat bisa menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, kapal laut, bus malam, dan kereta api. Selain itu, ada pula yang menggunakan kendaraan pribadi, mobil dan motor untuk mudik.

Namun, bagi yang menggunakan transportasi umum harus siap-siap untuk merogoh kocek lebih banyak. Pasalnya, perusahaan transportasi umum akan menaikkan harga tiketnya pada momen mudik. Hal ini berpotensi membuat isi dompet semakin menipis.

Meski begitu, ada cara lain bagi Anda bermudik tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun untuk biaya transportasi. Salah satunya, dengan mengikuti program mudik gratis.

Dengan mengikuti program mudik gratis, Anda bisa santai karena tak pusing memikirkan biaya transportasi. Apalagi, kini Kementerian Perhubungan dan berbagai perusahaan giat menyelenggarakan mudik gratis. Nah, berikut beberapa program mudik gratis yang bisa Anda ikuti. Yuk cek!

Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan

Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin bermudik tanpa harus keluarkan biaya. Setiap tahun, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis. Mudik Gratis di Kemenhub menggunakan berbagai moda transportasi yakni, kereta api, bus, kapal laut, dan kapal roro.

Dengan begitu, Anda bisa memilih moda transportasi sesuai dengan tujuan Anda. Apalagi, Anda tetap bisa membawa sepeda motor kesayangan Anda saat bermudik gratis di Kemenhub. Pasalnya, Kemenhub menyediakan truk untuk mengangkut sepeda motor Anda.

Tidak hanya itu, kuota mudik gratis pada tahun ini tidak tanggung-tanggung yaitu sebanyak 87.250 orang dan untuk sepeda motor sebesar 39.446. Nah, jika Anda ingin mengikuti mudik gratis di Kemenhub, perhatikan hal-hal berikut ini.

(Baca juga: Ini Cara Apply Kartu Kredit untuk Anda yang Baru Kerja)

Jadwal pendaftaran

Jadwal pendaftaran mudik gratis tiap moda transportasi berbeda-beda. Untuk kapal laut, dan kapal roro telah dibuka pendaftarannya sejak 25 Maret 2018. Pendaftaran mudik gratis ketiga moda transportasi tersebut akan ditutup jika kuota mudik telah habis.

Sementara, untuk kereta api dibagi beberapa tahap. Tahap I dimulai pada tanggal 9 Februari 2018 sampai dengan 9 Mei 2018, sedangkan untuk tahap II akan dimulai pada 9 Mei 2018 sampai dengan 24 Juni 2018. Selain itu, untuk pendaftaran motor yang diangkut kereta api dimulai pada tanggal 9 Februari 2018 sampai 24 Juni 2018.

Perlu Anda ingat, pendaftaran mudik gratis ini bisa dilakukan secara online di website Kemenhub. Jadi, Anda bisa mendaftar lewat layar komputer dan handphone Anda tanpa harus mengunjungi tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Daerah tujuan mudik gratis

Pada musim mudik tahun ini, Kemenhub menawarkan tujuan antara lain Jawa Barat, Tengah, dan Timur. Untuk bus, daerah tujuan mudik gratis adalah hampir semua wilayah kabupaten di Jawa Barat, Tengah, dan Timur. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat di website mudikgratis.dephub.go.id.

Kemudian untuk kereta Api, mempunyai tiga rute yakni melewati Lintas Utara, Lintas Selatan I, dan Lintas Selatan II. Sementara, untuk kapal laut hanya satu tujuan yang disediakan yakni Jakarta-Semarang pulang-pergi.

Persyaratan pendaftaran

1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku;

2. Wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotokopiannya;

3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor;

4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik;

5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan;

6. Harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua);

7. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang;

8. Untuk keamanan pengangkutan, tangki bensin harus kosong saat akan diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki bbm;

9. Kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana;

10. Mengisi formulir pendaftaran.

(Baca juga: Kenaikan Harga Rumah di Surabaya Tertinggi Se-Indonesia, Yuk Cek!)

Mudik Gratis KAI

Selain Kemenhub, PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI juga ikut memberi kesempatan kepada masyarakat untuk pulang kampung secara gratis. Tahun ini KAI siap mengangkut 1.520 penumpang secara gratis.

Daerah tujuan mudik gratis KAI antara lain Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Pasar Senen-Stasiun Blitar, dan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Kutoarjo.

Pendaftaran mudik gratis telah dimulai sejak 14 Mei 2018 pukul 13.00 WIB secara online melalui website mudikbarengbumn.kai.id atau mudikbarengbumn.co.id. Adapun, jadwal keberangkatannya mulai tanggal 5 Juni 2018 sampai 7 Juni 2018.

Persyaratan

1. Program mudik gratis ini terbuka bagi seluruh masyarakat, tidak berlaku bagi pegawai PT KAI.

2. Satu orang peserta mudik hanya boleh mendaftar satu kali, tidak dapat mendaftar pada KA lain pada hari yang sama ataupun pada tanggal yang berbeda.

3. Peserta mudik wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan yang dibuktikan dengan e-KTP atau surat keterangan (Suket) atau Kartu Keluarga bagi yang masih berusia di bawah 17 tahun.

4. Satu pendaftar dapat mendaftarkan peserta mudik gratis sejumlah anggota keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga maksimal 10 peserta, tidak dapat mendaftarkan pihak lain di luar itu.

5. Satu peserta mudik dapat membawa 1 infant (bayi berusia < 3 tahun) tanpa mengurangi kuota peserta dan bayi dimaksud tidak mendapatkan nomor tempat duduk.

6. Pendaftar wajib mencantumkan nomor NIK peserta mudik pada formulir pendaftaran sesuai KTP/Suket/Kartu Keluarga.

7. Bagi yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan email bukti pendaftaran berisi rincian pendaftaran dan nomor pendaftaran.

8. PT KAI akan melakukan verifikasi data pendaftar. Pendaftar yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk melakukan daftar ulang melalui SMS dan atau email.

9. Email/sms verifikasi yang berisi tanggal, waktu, dan lokasi pendaftaran ulang akan dikirimkan oleh PT KAI H+2 setelah peserta melakukan pendaftaran.

10. Pelanggaran dari ketentuan ini pendaftar akan didiskualifikasi.

11. Peserta mudik tunduk terhadap segala peraturan dan ketentuan angkutan penumpang yang berlaku di lingkungan PT KAI.

Mudik Gratis Astra Honda Motor (AHM)

Produsen sepeda motor honda yaitu Astra Honda Motor (AHM) juga ikut menawarkan mudik gratis. AHM menawarkan mudik gratis kepada konsumen setia pengguna sepeda motor keluaran AHM. AHM menyediakan 20 bus dan 6 truk untuk mengangkut 300 motor pemudik.

Pendaftaran mudik gratis AHM telah dimulai sejak 2 Mei 2018 lalu. Persyaratannya pun cukup mudah, Anda hanya dimintai KTP, SIM C dan STNK sepeda motor honda saat pendaftaran. Adapun, rute mudik gratis yang diselenggarakan AHM adalah Jakarta – Semarang dan Jakarta – Yogyakarta.

Nah, lokasi pendaftaran mudik gratis AHM adalah Astra Motor Center – Jakarta, Bintang Jaya – Buaran Klender, Tunas Dwipa Matra – Saharjo, Tebet, Wahana Gunung Sahari – Gunung Sahari, Nusantara Surya Sakti – Slipi, Mitra Jaya – Kranji, Wahana Cipondoh – Tangerang, dan Daya Motor Cisalak – Depok.

Itulah beberapa program mudik gratis yang bisa Anda ikuti tanpa perlu mengeluarkan biaya perjalanan. Dengan mengikuti program tersebut, uang Anda bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Namun, perlu diingat, Anda harus mempunyai perlindungan selama perjalanan mudik. Ingat, perjalanan mudik penuh dengan berbagai risiko termasuk kecelakaan. Anda bisa melindungi diri dan keluarga dengan menggunakan asuransi.

(Baca juga: Ini Cara Batalkan atau Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Mudik)

E-commerce finansial nomor 1 di Indonesia CekAja.com membantu Anda dalam memilih berbagai jenis asuransi, termasuk asuransi perjalanan untuk perjalanan mudik Anda. Yuk, cek!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.