Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Mau Punya Uang Miliaran Rupiah Sebelum Usia 30 Tahun? Begini Caranya!

by Rafly Aditia on 25 Mei, 2016

tips kaya - CekAja.com

Punya uang banyak, mobil mewah, dan jadi kaya raya di usia muda tentu jadi keinginan semua orang. Apalagi kalau hal tersebut berhasil dicapai sebelum usia 30 tahun. Tetapi, untuk merealiasasikan mimpi tersebut tidaklah mudah. Ada banyak syarat yang harus dicapai.

Dibutuhkan perjuangan keras, dedikasi, serta keberanian mengambil risiko guna mewujudkan mimpi menjadi miliarder. Diadaptasi dari tulisan Grant Cardone seorang International Sales Expert yang dipublikasi di entrepeneur.com, berikut cara agar memiliki uang miliaran rupiah sebelum usia 30 tahun:

Kalau sudah usia 25 tahun, kamu cuma bisa mimpi

Pertama yang perlu dipastikan adalah usiamu saat ini masih dibawah 25 tahun. Karena untuk mengumpulkan uang miliaran rupiah membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sementara, akan sangat sulit untuk merealisasikan mimpi tersebut dari nol kalau umurmu saat ini sudah lewat 25 tahun.

Jadi, buat kamu yang sudah berusia 25 tahun. Kamu hanya bisa bermimpi dan berusaha sekeras mungkin sambil memaksimalkan potensi yang ada. Tapi tenang, masih tetap ada kemungkinan kok walaupun sangat kecil.  (Baca juga: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Stay low, dont show off

Kalau kamu ingin menjadi kaya raya sebelum usia 30 tahun, pastinya ada beberapa hal yang harus dikorbankan. Salah satunya adalah gaya hidup. Tidak perlu mengikuti gaya hidup kekinian dan memaksamu untuk menjadi orang konsumtif. Cobalah untuk tetap hemat dan membeli sesuatu berdasarkan fungsi bukan gengsi.

Kurangi keinginan untuk membeli barang mahal dan mewah, kalau ada barang yang sudah lama tapi masih layak pakai sebaiknya maksimalkan terlebih dahulu. Di sinilah kamu akan memupuk sifat yang dapat mengantarkanmu menjadi miliarder.

Perbanyak investasi bukan menabung

Menabung hanya membuat hartamu tetap, tidak berkembang. Sementara dalam perekonomian, dikenal investasi yang bisa membuat harta berkembang. Uang Rp 100 juta yang kamu miliki sekarang di masa yang akan datang nilai tukarnya kemungkinan lebih kecil. Rp 100 juta saat ini mungkin bisa membeli sebuah mobil baru. Tetapi 2-3 tahun ke depan? Mungkin kamu butuh uang senilai Rp 130 juta untuk membeli mobil baru.

Nah, di sinilah kamu harus menyadari unmtuk memperbanyak investasi dibandingkan menabung. Karena dengan berinvestasi uang yang dimiliki bisa terus berkembang, bahkan menjadi berkali-kali lipat. (Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

Jangan banyak cicilan

Kalau ingin kaya raya, hindari cicilan yang menggunung setiap bulan. Sebaiknya jangan pernah membeli barang-barang yang nilainya akan menurun di masa depan dengan cara dicicil seperti mobil atau handphone. Untuk barang-barang dengan sifat seperti itu, sebaiknya beli secara cash dan tidak ada salahnya beli barang bekas.

Sementara kalau ingin membeli sesuatu dengan cara dicicil, belilah properti. Seperti rumah, apartemen atau bahkan tanah. Investasi properti dikenal sebagai investasi menjanjikan yang bisa bikin uang ratusan juta saat ini jadi miliaran rupiah dalam 5 tahun mendatang.

Tetapkan target Rp 10 miliar Bukan Cuma Rp 1 miliar

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memasang target yang tinggi. Mengingat kamu ingin menjadi miliarder sebelum 30 tahun, maka pasanglah target yang fantastis. Misalnya, kamu memasang target harus punya Rp 10 miliar di usia 30 tahun.

Pastikan target tersebut juga masuk akal dan dibekali perencanaan yang jelas dan matang. Sehingga, kamu benar-benar bisa melakukan usaha maksimal dalam merealisasikannya . Mengingat pasti akan ada yang namanya rintangan dan hambatan, mungkin kamu tidak akan mencapai target fantastis tersebut.

Tetapi, ibarat pepatah lama “Mimpilah setinggi langit, kalau terjatuh pun masih di atas awanKalau gagal memiliki uang Rp 10 miliar di usia 30, kamu mungkin hanya memiliki uang Rp 3 miliar. Nah, target menjadi miliarder tetap tercapai bukan? (Baca juga: 4 Alternatif Tempat untuk Beli Logam Mulia Antam)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.