Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mau Sukses di Tahun 2020? Cek Daftar Resolusi Ini

by Surtan Siahaan on 23 Desember, 2017

resolusi kaya 2018 - CekAja

Apakah rekan CekAja sudah siapkan resolusi finansial di 2020? Rencana beli rumah, beli mobil, atau menambah pundi-pundi investasi. Semua keinginan bisa dimasukkan.

Jika memiliki cita-cita kehidupan yang lebih baik di tahun depan, berikut ini sejumlah resolusi finansial yang bisa membantu untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

1. Nabung atau menambah bujet menabung

Banyak orang tidak menabung bukan karena tidak bisa melainkan tidak berusaha. Untuk itu cobalah lebih serius menyisihkan uang untuk menabung di tahun depan. Jika selama ini sudah menabung, cobalah naikkan bujet untuk menabung lebih besar lagi di tahun 2018.

Sebenarnya, tidak sulit untuk meningkatkan jumlah tabungan. Caranya, cobalah untuk langsung menabung setelah memperoleh uang atau gaji bulanan sebelum uang tersebut habis dibelanjakan untuk keperlua-keperluan rekan CekAJa.

Akan lebih baik lagi jika menggunakan fasilitas debet otomatis dari rekening. Jika ingin lebih serius lagi, coba buat target spesifik jumlah tabungan yang ingin dicapai pada tahun 2018 dan berapa jumlah minimal uang per bulan yang harus disisihkan.

Coba pikirkan, menabung itu bermanfaat dan manfaatnya 100% untuk kita sendiri. Uang hasil menabung dapat digunakan untuk mewujudkan rencana dan mimpi kita seperti biaya pernikahan, uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga membeli kendaraan. Asyik, kan?

2. Punya rumah atau tambah rumah di tahun 2018

Kenapa tidak membuat resolusi yang jauh lebih menantang seperti membeli rumah di tahun 2018. Bahkan jika sudah memilikinya, kita bisa menambahnya untuk investasi.

Jika dilakukan secara serius dan didukung dengan strategi yang tepat, membeli rumah bukanlah perkara yang mustahil. Apalagi jika sekarang ini banyak fasilitas kredit rumah atau KPR yang mudah diajukan.

Sehingga, cukup dengan menyiapkan uang muka, kita sudah bisa menempati rumah idaman kita. Agar uang muka terkumpul kita harus pandai-pandai dalam berhemat. Berikut ini sejumlah pos pengeluaran yang bisa dihemat agar rencana mengumpulkan uang muka rumah terealisasi.

(Baca: Cara Mudah Siapkan Uang Muka Kredit Rumah)

3. Mau nikah, buat resepsi sederhana saja

Rekan CekAja berencana melangsungkan pernikahan tahun depan? Kalau begitu, cobalah untuk menetapkan prioritas. Jika prioritas utama adalah tempat tinggal, maka kita harus berkorban dengan membuat pernikahan jadi lebih sederhana sehingga dapat menghemat pengeluaran.

(Baca: Tips Kumpulkan Biaya Nikah Buat Pekerja Kantoran)

Katakanlah saat ini bujet pernikahan dipatok Rp100 juta. Karena berencana untuk membeli rumah, cobalah pangkas anggaran hingga setengahnya. Atur ulang segala sesuatunya baik itu jumlah undangan, catering dan pengeluaran-pengeluaran lainnya.

4. Mau liburan? Kenapa tidak disatukan dengan bulan madu saja

Sudah kebelet liburan tapi tahun depan punya rencana beli rumah dan menikah? Tenang, tidak perlu jadi kurang piknik demi terealisasinya semua rencana tersebut

Liburan bisa tetap dilakukan, namun alangkah bijaknya jika ditunda hingga setelah menikah. Jadi, sekalian liburan dan bulan madu.

Tapi, kalau rekan CekAja tidak berniat menikah dan hanya berencana membeli rumah, liburan bisa dilakukan. Tapi, lebih bijak jika bujet untuk liburan lebih dipangkas lagi. Misalnya, jika semula berencana berlibur ke tempat wisata Raja Ampat, alihkan saja ke Bali atau destinasi lain yang lebih murah.

5. Bergaul boleh tapi jangan keseringan nongkrong di tempat makan

Bergaul itu perlu. Selain bisa menambah jaringan bisa juga menambah wawasan. Tapi, bukan berarti untuk bergaul kita harus selalu keluar uang.

Jika hanya ingin diskusi atau sekadar ngobrol, di rumah juga bisa. Oleh karena itu, kurangi intensitas ngopi-ngopi di kafe atau tempat makan sejenis.

6. Sudah menyiapkan masa pensiun

Banyak orang kaget saat masa pensiun tiba. Tidak punya penghasilan pasif, tidak punya persiapan dana pensiun dan parahnya lagi tanggungan hidup masih banyak.

Rekan CekAja tidak ingin kan pensiun dalam kondisi finansial yang sulit? Untuk itu, menyiapkan pensiun di tahun depan akan jadi resolusi finansial yang sangat tepat.

Cobalah pelajari dan pilih instrument investasi yang baik untuk kebutuhan pensiun entah itu saham atau instrument lainnya. Semakin awal dipersiapkan, semakin siap kita dalam menghadapi masa pensiun.

(Baca: Mau Tahu Berapa Kebutuhan Hidup Kita Saat Pensiun? Ini Cara Menghitungnya)

7. Jalani gaya hidup sehat

Sehat itu hemat, sakit itu mahal. Apalagi jika kita membutuhan pelayanan kesehatan yang terbaik. Tentu biayanya sangat mahal. Untuk menghindari sakit, cobalah memulai gaya hidup sehat di tahun depan.

Dengan begitu rekan CekAja tengah berinvestasu untuk untuk masa depan yang baik dan jauh dari risiko finansial yang ditimbulkan akibat sakit. Tubuh yang sehat juga memungkinkan kita bekerja lebih baik dan menikmati hal-hal mengasyikan dalam hidup.

Untuk memulai hidup sehat hindarilah makan makanan siap saji dan berbahan pengawet. Selain itu, rutin berolahraga dan beristirahat cukup.

Resolusi finansial yang paling canggih sekalipun tidak ada artinya jika kita tidak sehat secara fisik dan rohani. Karenanya, buatlah target-target hidup sehat untuk memastikan kita tetap dalam jalur yang baik. Bila perlu, beri hadiah pada diri sendiri jika berhasil mencapai resolusi hidup sehat.

Misalnya, bila berhasil menurunkan berat badan ke level ideal, pada akhir tahun belilah tiket perjalanan ke lokasi liburan yang menarik.

8. Hidup sederhana dan hemat

Kamu mungkin kesulitan melakukannya. Mulailah berhemat dari hal sepele, misalnya dengan membawa bekal ke kantor dan minum kopi di kantor. Tahan godaan terhadap ajakan nongkrong di coffe shop mahal.

Kalaupun tidak bisa menghilangkan kebiasaan itu, cobalah untuk mengurangi intnsitasnya. Jika pada tahun ini kita bisa pergi ke mall, nonton bioskop dan makan di restoran 10 kali dalam sebulan, maka kurangilah hingga separuhnya.

Manfaat hidup sederhana dan hemat adalah kita bisa lebih mudah menabung serta akan lebih mensyukuri nikmat sekecil apapun.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami