Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Tau Peta Persaingan CPNS di Instansi yang Kamu Incar? Intip Data SSCN Aja

by Miftahul Khoer on 11 Desember, 2019

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi ditutup. Proses pendaftarannya dimulai sejak 13 November 2019 dengan total formasi abdi negara dibuka tahun ini sebanyak 197.111 lowongan. Di antaranya 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga dan 159.257 formasi untuk daerah.

PNS ASN

Untuk menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN), ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu pengumuman penerimaan CPNS, registrasi online, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Meski begitu, untuk mencapai tahap-tahap tersebut kamu harus yakin sudah terdaftar dan juga bisa menyingkirkan saingan kamu. Bagi yang sudah mendaftar, kamu bisa kok mengecek langsung berapa banyak saingan kamu untuk bisa menjadi PNS di instansi yang kamu idamkan. Begini caranya:

  1. Akses laman sscndata.bkn.go.id/spf
  2. Lihat angka pada kolom jumlah pelamar pada formasi yang kamu inginkan
  3. Untuk pencarian lebih fokus, ketik nama instansi, lokasi penempatan, jenis jabatan, dan formasi pada kolom yang tersedia.

Berdasarkan data Badan Kepegawain Negara (BNK) total pelamar CPNS 2019 yang sudah membuat akun pendaftaran di laman SSCN mencapai 5.056.998 orang. Sedangkan pelamar yang sudah mengisi formulir di laman SSCN sebanyak 4.432.835. Adapun yang telah memasukkan pendaftaran di laman SSCN tercatat ada 4.196.339 pelamar.

Data BKN juga menunjukkan lima instansi dengan jumlah pelamar terbanyak, yaitu Kemenkumham sebanyak 708.488 orang, dengan dominasi formasi Penjaga Tahanan (Pria) sebanyak 304.247 pelamar.

(Baca juga: Jadi PNS Makin Asyik, Hari Jumat Dapat Tambahan Libur!)

Disusul Kementerian Agama sebanyak 222.511 orang, Kejaksaan Agung sebanyak 78.332 orang, Mahkamah Agung sebanyak 58.320 orang dan Pemprov Jatim sebanyak 57.314 orang.

Sedangkan lima formasi CPNS 2019 dengan jumlah peminat paling banyak ialah Penjaga Tahanan Pria 304.247 orang, Ahli Pertama-Guru Kelas 231.664 orang, Pelaksana/Terampil-Bidan 183.223 orang, Ahli Pertama-Guru Agama Islam 151.445 orang dan Pelaksana/ Terampil-Perawat 150.149 orang.

Saat ini tahap tes CPNS 2019 telah memasuki hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS 2019 yang diumumkan pada 16 Desember nanti. Bagi mereka yang tidak lolos seleksi administrasi diberi kesempatan menyanggah hasil tersebut.

Masa sanggah selama 3 hari mulai dari 16-19 Desember 2019. Kebijakan ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) nomor 23/2019. Tujuh hari setelah masa sanggah instansi akan memberikan jawaban dari sanggahan yang dilakukan pelamar.

Menurut rencana, pengumuman hasil seleksi akhir CPNS 2019 akan diumumkan pada 1 Mei 2020.

CPNS 2020

Selain sudah bisa mengecek jumlah pelamar, ada kabar gembira bagi kamu yang belum berhasil melamar. Tahun depan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan kembali digelar pada 2020. Hal itu dilakukan karena ada beberapa kementerian dan pemerintah daerah yang menunda pembukaan penerimaan CPNS pada tahun ini.

Rencananya, penerimaan CPNS pada tahun 2020 prinsipnya untuk mengisi PNS atau ASN yang sudah pensiun. Tentunya, juga sesuai dengan kebutuhan dari kementerian-kementerian dan lembaga di pusat dan daerah.

Selain itu, Kemenpan-RB juga menyebutkan kalau banyak juga formasi yang kosong sejak tahun kemarin di daerah karena kurang diminati. Prediksinya, lowongan atau formasi yang diutamakan dalam pendaftaran CPNS 2020 di antaranya guru, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Salah satu kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS tahun depan adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pasalnya, pada tahun ini, kementerian tersebut mengubah struktur. Tadinya Ekonomi Kreatif merupakan badan yang langsung di bawah presiden. Namun, semenjak periode pemerintahan yang baru, badan tersebut bergabung dalam kementerian pariwisata.

(Baca juga: Materi Tes CPNS 2019 Apa Aja Ya? Intip Kisi-kisinya!)

Saat ini, Kemenpan RB juga tengah menunggu pemerintah provinsi hingga kabupaten untuk menyampaikan kebutuhan formasi untuk pelaksanaan CPNS 2020, selain juga menunggu data formasi yang masih juga belum terisi pada CPNS 2019.

Menarik bukan informasi proses penerimaan PNS tersebut? Buat kamu yang tidak berminat menjadi abdi negara, tidak perlu berkecil hati. Kamu bisa kok merintis bisnis sendiri. Selama ide bisnis tersebut menarik dan produk atau jasa yang kamu tawarkan dibutuhkan orang banyak, maka pundi-pundi uang tidak akan berhenti mengalir.

Jangan khawatir soal permodalan, karena ada fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu pilih dan ajukan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.