Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Kode Bank di Indonesia

by lhmdi on 3 September, 2017

pinjaman bank - CekAja.com

Bagi seseorang yang sering berada dalam proses transfer uang melalui mesin ATM, pastinya akan sering mengenal istilah kode bank.

Keitka akan melakukan pembayaran saat belanja online misalnya,  kode ini biasanya dicari ketika seorang pembeli akan membayar barang pesanannnya secara online. Apalagi jika si penjual tidak memiliki rekening bank yang sama.

Begitu pula ketika seseorang akan mentransfer sejumlah uang menuju rekening bank yang berbeda. Selain nomor rekening dibutuhkan juga pengenalan untuk mengetahui berbagai macam daftar kode-kode bank agar proses transfer berjalan lancar.

Oleh karena itu, jika ingin belanja online seorang pembeli harus mengenali kode khusus bank dari rekening si penjual. Kode ini sendiri diterbitkan oleh bank dalam bentuk angka-angka yang berbeda di setiap banknya.

Hampir semua bank, baik milik pemerintah atau swasta seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, memiliki kode banknya sendiri, dan dapat digunakan untuk mentransfer sejumlah uang melalui ATM, SMS Banking, hingga Internet Banking.

Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia

Untuk melakukan transfer berbeda bank, maka secara otomatis masing-masing pihak bank menyediakan kode yang terdiri dari tiga angka.

Secara umum, layanan berupa tampilan kode dari berbagai macam bank ini sudah bisa dilihat sendiri melalui mesin ATM atau Internet Banking.

Apalagi ketika kita akan mentrasfer sejumlah uang dan memilih layanan transfer ke rekening bank lain. Maka secara otomatis setiap mesin ATM akan meminta kita untuk mengisi tiga digit kode bank.

(Baca juga: Apa itu Pajak Progresif Kendaraan dan Cara Hitungnya?)

Bagi yang belum mengetahui kode daribank yang akan dituju, mesin ATM pun menyediakan layanan hampir seluruh kode di setiap bank yang ada.

Namun, memilih daftar kode dari berbagai bank di mesin ATM atau Internet Banking terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika terus mencari, sementara antrian ATM masih panjang, maka itu bisa merugikan orang lain.

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut beberapa kode bank baik milik pemerintah atau swasta yang tersedia di Indonesia:

1. BRI 002
2. Bank Mandiri 008
3. BNI 009
4. BTN 200
5. BCA 014
6. Maybank 016
7. Bank Bukopin 441
8. Citibank 031
9. Bank Mega 426
10. CIMB Niaga 022
11. Bank Danamon 011
12. Bank Muamalat 147
13. Bank OCBC NISP 028
14. Bank Mayapada 097
15. Bank Permata 013
16. Rabobank 089
17. Bank UOB 023
18. Nobubank 503
19. DBS 046
20. Bank Panin 019
21. Bank ANZ 061
22. Bank HSBC 041
23. Standard Chartered 050
24. Bank Artha Graha 037
25. Bank Jtrust 095
26. Bank QNB 167

Sementara itu, jika salah satu dari kita yang membutuhkan kode untuk bank daerah untuk keperluan mentrasnfer sejumlah uang, berikut daftarnya:

1. Bank DKI 111
2. Bank Jateng 113
3. Bank Jatim 114
4. Bank Riau 119
5. Bank Sumsel 120
6. Bank Kalsel 122
7. Bank Kalbar 123
8. Bank Kalteng 125
9. Bank DIY 112
10. Bank Jambi 115
11. Bank Aceh 116
12. Bank Sumut 117
13. Bank Nagari 118
14. Bank Lampung 121
15. Bank Sulsel 126
16. Bank Sulut 127
17. Bank Sulteng 134
18. Bank NTB 128
19. Bank Bali 129
20. Bank NTT 130
21. Bank Maluku 131
22. Bank Sultra 135
23. Bank Kaltim 124
24. Bank Papua 132

Selain nomor rekening yang akan dituju untuk keperluan transfer, memahami setiap kode bank merupakan hal penting.

Meskipun tidak harus menghafal semua kode-kode yang ada, namun setidaknya masyarakat harus mengerti fungsi-fungsi lain dari kode bank.

Selain untuk mentransfer uang dan menghemat proses waktu jadi lebih ringkas kode pada bank juga akan membantu sistem  komputer untuk mengidentifikasi tujuan dari transfer uang yang dilakukan.

Kesimpulannya, secara umum penting bagi kita untuk selalu mengingat beberapa kode dari bank untuk keperluan transfer uang.

Apalagi jika transfer ini rutin dilakukan secara berkala, maka jangan sampai ketidaktahuan akan kode bank akan membuat proses transfer uang malah menjadi gagal atau salah tujuan.

Tidak Hanya Kode Bank, Ini Penyebab Transfer Uang Jadi Bermasalah

Seringkali proses transfer uang bermasalah karena banyak masyarakat tidak mengenal kode-kode dari bank yang berbeda.

Namun, ketidaktahuan akan kode bank bukanlah saatu-satunya penyebab transfer menjadi bermasalah atau gagal. Nah, agar tidak gagal, pastikan untuk mengenali terlebih dahulu, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan proses transfer uang menjadi gagal.

1. Tidak cermat melihat nomor rekening

Salah satu penyebab proses transfer uang sering gagal atau salah transfer adalah tidak melakukan pengecekan nomor rekening dengan teliti.

Apalagi jika sedang terburu-buru akan mentransfer uang, salah memasukkan nomor rekening tanpa fokus dengan layar mesin ATM atau Internet Banking bisa membuat proses transfer bisa salah alamat.

Oleh karena itu, setelah memasukkan kode dari bank yang dituju, pastikan untuk melihat nomor rekening dan nama dari pemilik rekening tersebut.

2. Layanan bank yang sedang mengalami gangguan

Faktor berikutnya yang seirng terjadi adalah gangguan pada sistem dari bank itu sendiri. Gangguan ini biasanya akan berimbas pada layanan mesin ATM hingga internet banking.

Pada suatu kejadian, mesin ATM terlihat tidak mengalami gangguan, namun ketika akan melakukan proses transfer uang ke rekening yang berbeda malah menjadi gagal.

Hal ini bisa disebabkan karena terdapat gangguan atau proses maintenance yang dilakukan oleh bank itu sendiri.

Oleh karena itu, sebelum melakukan proses transfer melalui mesin ATM pastikan untuk selalu bertanya pada petugas keamanan yang biasanya berjaga di sekitar mesin ATM, apakan mesin tersebut sedang rusak atau tidak.

3. Pastikan update dengan aplikasi bank

Selain mesin ATM, layanan transfer uang antara bank pun bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Saat ini hampir semua bank di Indonesia memiliki aplikasinya sendiri untuk mempermudah proses transfer.

Namun, jangan lupa untuk selalu update aplikasi tersebut dalam versi terbaru. Jika tidak bukan tidak mungkin aplikasi tersebut berjalan tidak sempurna sehingga menyebabkan kita gagal mentransfer sejumlah uang ke rekening yang berbeda.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami