Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang? Pakai 6 Cara Ini!

by Miftahul Khoer on 23 Januari, 2020

Traveling sekaligus mendapatkan uang ini bukan mitos semata. Sudah banyak traveler yang cuan hanya dari jalan-jalan saja. Nah, kalau kamu penasaran bagaimana caranya supaya bisa dapat uang dari traveling, yuk simak penjelasannya!

traveling mendapatkan uang

Siapa sih yang gak suka piknik atau traveling? Kalau gak suka, berarti kamu termasuk kaum rebahan deh. Menurut penelitian, selain mencegah penyakit, piknik juga mampu meremajakan sel-sel tubuh dan bikin sehat.

Apalagi, orang yang sehari-harinya melakukan pekerjaan yang monoton, pastinya membutuhkan yang namanya piknik, supaya otak kembali fresh. Kamu pun mungkin sering mengalami hal sama, seperti suntuk saat bekerja dan butuh piknik. Atau mungkin piknik hanya untuk mengisi waktu luang atau liburan, seperti pergi ke pantai, gunung, dan lain-lain.

Meski begitu, terkadang kamu memikirkan biaya untuk traveling, yang tidaklah murah. Pastinya kamu akan pusing memikirkan tiket perjalanan yang mahal, tiket masuk ke tempat wisata, biaya hotel, dan lain-lain. Sehingga, bukannya menambah segar pikiran, malah justru menambah beban pikiran.

Maka tidak heran jika banyak yang mengatakan kalau piknik atau traveling itu buang-buang uang. Namun, siapa yang menyangka jika ada kegiatan traveling yang justru mendapatkan uang? Ibaratnya adalah, kamu piknik atau traveling tapi dibayar dan dapat uang. Pastinya itu hal yang sangat luar biasa bukan?

Cara Dapat Uang Sembari Traveling

Kalau kamu ingin membuktikan bahwa kegiatan traveling juga bisa menguntungkan dan menambah tebal dompetmu, kamu bisa coba lakukan cara-cara berikut ini:

1. Menulis blog atau artikel

Menulis blog atau artikel - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Kalau kamu mempunyai sebuah blog dan hobi traveling, kamu bisa menceritakan pengalaman kamu saat jalan-jalan dan menulisnya di blog. Cobalah tulis dengan gaya bahasa kamu sendiri dan buat semenarik mungkin. Gunakan foto-foto, font, dan desain blog yang menarik, supaya orang-orang yang mengunjungi blog kamu, merasa betah membacanya.

Kalau blog kamu semakin banyak pengunjungnya, maka kamu bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis. Contohnya seperti memasang Google Adsense, menerima endorsement dari travel agent, atau membuka jasa pasang iklan.

Selain menulis di blog, kamu juga bisa menulis untuk majalah atau media online yang membahas soal pengalaman traveling. Biasanya mereka menerima artikel dari pembaca. Karena itu, tidak ada salahnya kamu coba mengirimkan artikel soal pengalaman seru kamu saat traveling. Kalau artikelmu menarik dan ditayangkan, kamu bakal dapat honor dengan jumlah lumayan. Kamu bisa menggunakannya untuk traveling ke tempat lainnya, kemudian menulisnya lagi.

(Baca juga: Hobi Traveling, Tapi Banyak Milenial Belum Tahu Manfaat Asuransi Perjalanan)
2. Membuat vlog dan upload ke YouTube

Membuat vlog dan upload ke YouTube - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Selain menulis blog, kamu juga bisa membuat video saat traveling, baik itu berupa vlog ataupun berupa video dokumenter. Kalau video kamu menarik ketika di-upload ke YouTube, maka akan semakin banyak yang menonton video kamu. Hal ini akan berpotensi mencetak penghasilan dari YouTube.

Selain itu, jika channel YouTube kamu cukup besar, maka agen-agen travel atau tempat wisata akan menggunakan jasa kamu untuk ajang promosi. Di sinilah kamu bisa jalan-jalan ke berbagai tempat sekaligus kamu dibayar. Harga yang ditawarkan bisa bermacam-macam tergantung kesepakatan. Untuk itu, buatlah video yang semenarik mungkin agar bisa menggaet banyak penonton dan perusahaan travel untuk menggunakan jasa kamu.

3. Menulis buku

Menulis buku - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Kalau sebelumnya sudah dibahas soal menulis di blog, maka sekarang kamu bisa menulisnya untuk dibukukan. Saat ini, buku-buku yang membahas tentang traveling tidak akan pernah habis. Karena, tempat-tempat wisata di dunia ini sangat banyak dan tidak bisa diceritakan hanya dalam satu buku saja. 

Karena itu, menulis cerita traveling di buku merupakan prospek besar di dunia penulisan. Kamu bisa membahas soal jalan-jalan murah, cerita seru di kota atau negara lain, bahkan soal kisah cinta di negara lain. Kamu harus pintar memilih angle penulisan dan ceritanya tidak monoton, supaya penerbit tertarik untuk menerbitkan bukumu.

Kalaupun kamu tidak bisa menembus penerbit yang besar atau mayor, kamu bisa mencobanya secara indie atau self publishing. Saat ini, sudah banyak penulis yang menerbitkan bukunya secara self publish, termasuk penulis traveling. Enaknya self publish adalah kamu bisa berkuasa penuh atas buku yang kamu buat. Seperti apa sampulnya, seperti apa isinya, bahkan kamu juga bisa menentukan harganya sendiri, semuanya terserah kamu. Dengan self publishing ini, kamu bisa memasarkan buku kamu kepada teman-teman sendiri dan mempromosikannya di media sosial.

4. Buka jasa titipan alias jastip

Buka jasa titipan alias jastip - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Istilah jastip atau jasa titipan biasanya dipakai oleh para wisatawan atau traveler yang mau pergi ke suatu tempat. Nantinya, mereka akan menawarkan jasa titipan ke teman-temannya, maupun orang lain. Titipannya adalah berupa barang yang khusus ada di tempat tujuan tersebut, seperti kuliner, fashion, aksesori, atau bahkan brand tertentu. 

Misalnya, kamu mau pergi ke Jepang. Kemudian, teman-teman kamu mau menitip untuk membeli komik versi Jepang asli, mau membeli kimono aslinya, dan lain-lain. Maka kamu bisa memanfaatkan momen tersebut buat membuka usaha jastip. Jadi, jangan mau dititipi oleh-oleh tapi mereka tidak mau membayar.

Para pelaku usaha jastip ini mematok fee sebagai uang jasa karena telah membantu membelikan barang yang diinginkan. Biasanya mereka mematok fee 10 persen dari harga barang. Namun, ada juga yang mempunyai standar harga tersendiri. Nah, di sini kamu memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil keuntungan. Sambil berwisata, kamu juga dibayar untuk membelikan barang yang dititipkan oleh orang-orang yang menggunakan jasa kamu.

(Baca juga: Koper Traveling Termahal Untuk Keliling Dunia)

5. Jualan barang impor

Jualan barang impor - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Banyak yang menginginkan barang-barang tertentu, tapi tidak bisa membelinya karena barang itu cuma dijual di luar negeri. Kalau membeli barang tersebut dengan cara import, ongkos kirimnya pun tidak murah. Bahkan biasanya, juga diharuskan memiliki kartu kredit dulu.

Fenomena ini bisa kamu manfaatkan kalau suka traveling ke luar negeri. Ketika kamu menemukan barang-barang unik yang tidak dijual di Indonesia, tidak ada salahnya kamu borong buat dijual di Indonesia. Menjualnya pun tidak perlu membuka toko, tapi cukup jual secara online melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Untuk penjualan tahap pertama, kamu jual saja terlebih dahulu kepada teman-teman kamu. Apalagi, kamu tahu kalau teman kami sangat menginginkan barang tersebut. Kemudian, kamu minta testimoni positif dari mereka untuk diunggah ke media sosial. Hal ini bisa membuat online shop kamu makin tepercaya dan banyak yang pesan barang di kamu.

6. Jual foto hasil traveling

Jual foto hasil traveling - Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang Pakai 6 Cara Ini!

Traveling rasanya tidak lengkap kalau tidak diabadikan melalui kamera. Nah, pastinya kamu akan mendatangi tempat-tempat wisata yang indah dan memanjakan mata. Kamu bisa memotret di tempat wisata kemudian menjual hasilnya kepada agen-agen penyedia foto. Semakin keren foto kamu, maka akan semakin banyak yang tertarik dan membeli foto kamu.

Yang harus kamu perhatikan di sini adalah, peralatan penunjang fotografi kamu. Seperti kamera yang canggih, tripod, serta teknik mengedit foto yang mumpuni. 

Saat ini, sudah banyak fotografer yang menjual hasil foto mereka saat traveling di agen penyedia foto dan mendapatkan keuntungan yang besar. Kalau kamu mau mendapatkan uang dengan cara tersebut, maka harus bersabar. Karena, kamu bersaing dengan banyak fotografer handal dari seluruh dunia. Anggap saja ini adalah bisnis iseng-iseng yang siapa tahu bisa menghasilkan sesuatu. Yang penting, kamu jangan menyerah ketika belajar fotografi.

Itulah beberapa yang bisa kamu lakukan saat traveling agar dapat uang. Nah, jangan lupa ya untuk membeli asuransi perjalanan setiap akan bepergian! Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.